Iklan
My Journal

Menjaga Pola Hidup Sehat

Racun vs Sehat

Racun vs Sehat

Pola hidup sehat itu adalah topik yang sebelumnya sama sekali gak pernah terlintas di kepala. Pasalnya tau sih dari keluarga Bapak ada riwayat gula darah, tapi kalau gak salah waktu dulu belajar biologi katanya kemungkinan diturunkannya lebih besar dari jalur Ibu. Walaupun tidak menutup kemungkinan penyakit itu bisa timbul karena faktor pola hidup yang tidak sehat. Semenjak kecil, saya kalau makan porsinya pasti banyak banget. Gak pilih-pilih sih kalau harus makan sayur atau makanan lainnya (kecuali klo pedes dan manis). Selain makan dengan porsi besar, saya dulu juga rajin olahraga dan kegiatan outdoor. Waktu SD dan SMP saya aktif Tae Kwon Do (sampai sabuk merah strip), Basket, dan juga aktif kegiatan naik gunung. Waktu SMA setiap hari minggu pagi ada pertandingan liga sepak bola dan di jam pulang sekolah ada liga Basket. Aktivitas yang tinggi itu membuat saya makan sebanyak apapun tapi berat badan saya tidak bertambah, bahkan cenderung kurus. Semua itu berubah ketika mulai kuliah.

Saya dulu kuliah di ITB, di Bandung kota kuliner dengan udara yang sejuk dan memanjakan. Atmosfir ini saja sudah membuat nafsu makan kita melonjak dan keinginan untuk bergerak kita berkurang drastis. Jarak dari kosan ke kampus hanya beberapa ratus meter, tapi tetep aja make kendaraan pribadi. Puncaknya adalah di tingkat 4 ketika aktivitas di kampus sudah semakin minim, saya merasa akhirnya berat badan saya naik (walaupun orang-orang juga gak ada yang notice). Teman-teman saya baru mulai komentar saya gemukan adalah momen ketika saya menikah. Aktivitas bergerak saya sudah sangat minim sekali dengan pola makan yang sama dengan dulu. Sadar sih ini berbahaya, tapi ya gak mikir jauh sampai pada momen ketika saya melakukan medcheck untuk pertama kalinya.

Di medchek tersebut, saya dicek darah, cek jantung, cek urine, dan rontgen. Dari hasil tes tersebut, alhamdulillahnya sih gula darah gak ada masalah, justru masalah dateng dari kolesterol. Sebenernya saya juga salah sih, seminggu sebelum medcheck itu saya makan tongseng kambing, fast food, dan gorengan dalam kadar tinggi. Akhirnya hasil tes keluar dimana kadar LDL (lemak jahat) dalam darah saya 160 (normalnya dijaga di bawah 100). Wew, syok dong. Apalagi dokternya bilang klo kadar LDL tinggi, bisa menimbulkan gumpalan di dalam pembuluh darah yang akan mengarah ke gagal jantung. Dokternya udah bilang, klo setinggi ini harus pake obat, tapi kalau mau coba alami dari pola hidup juga boleh. Saya akhirnya memutuskan untuk memperbaiki pola hidup dulu, baru nanti 1-2 bulan kemudian tes lagi. Kalau masih tinggi, harus pake obat itu.

Medcheck

Medcheck

Yang dicek

Yang dicek

Dua hal yang menjadi sorotan utama dalam pola hidup sehat adalah dari sisi makanan dan olahraga. Untuk makanan, saya harus mengurangi makanan2 yang digoreng (apalagi yang digoreng menggunakan minyak yang dipakai berkali-kali), mengurangi makanan fastfood, daging2 merah, dll. Untuk sisi olahraga, diharuskan untuk berkeringat minimal 5-10 menit tiap harinya. Selama sebulan ke belakang, saya udah berhasil mengontrol makan saya agar tubuh saya dimasuki oleh makanan yang emang sehat. Saya sudah gak makan junk food, daging merah, dan mengurangi makanan yang digoreng. Porsi makan saya juga saya kurangi, nasi yang dulu menjadi makanan favorit saya sudah semakin saya turunkan tingkat konsumsinya. Nah, yang masalah tinggal olahraganya aja nih. Susah banget untuk rutin olahraga tiap hari 😥 Rasanya dalam sebulan kemarin cuma ada 2-3 kali olahraga yang saya lakukan. Ini yang lagi mau saya coba perjuangkan untuk sebulan depan, rutin olahraga tiap hari, olahraga ringan aja. Paling kalau bisa sih olahraga yang agak berat kayak lari ya sekali-sekali dulu. Yang penting biar konsisten. Untuk olahraga kecilnya, saya coba menggunakan metode yang lumayan seru 😀

Saya sekarang beli karpet yang biasa dipakai main dance-dance revolution, beli adaptor utk disambungkan ke laptop via USB, dan download game untuk Mac. Dengan metode itu, olahraganya jadi berasa lebih fun dan yang penting adalah cocok untuk saya yang males gerak keluar rumah. Lumayan lah i 5-10 menit main DDR di kosan/rumah badan udah keringetan. Palingan kasian aja kalau pas di kosan orang di bawah kamar keganggu dengan gedubrak2 loncat2 di karpet DDRnya :p Terus untungnya lagi, sekarang juga ada istri yang selalu ngingetin untuk olahraga tiap hari (walaupun sayanya sering banget malesnya :p). Ya ngebangun kebiasaan emang butuh waktu, yang penting sekarang udah mencoba untuk memulainya.

DDR di kosan

DDR di kosan

Terakhir, banyak orang berpikir untuk mulai menjaga kesehatan ketika di usia tua. Mumpung masih muda, makan apa aja gak masalah, gak usah rutin olahraga juga gak papa. Justru yah, masalah di masa tua itu muncul karena akumulasi di masa muda kita. Kalau kita gak menjaga pola hidup kita dari sekarang, pasti nanti di hari tua banyak deh masalah aneh-aneh yang muncul dibandingkan dengan mereka yang udah menjaga hidup mereka semenjak dini. So, mari kita sama-sama jaga pola hidup sehat kita.

daftar kadar kolesterol dalam makanan

daftar kadar kolesterol dalam makanan

Iklan
About Adam Ardisasmita (1139 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Menjaga Pola Hidup Sehat

  1. Wah keren, banyak orang disekitar kita atau bahkan saya juga mungkin 😀 yang kadang lupa dengan kesehatan dengan dalih pekerjaan ini itulah. rutinitas memang terkadang merampas “kesehatan” kita.

    Nice post dah (y)

    Suka

6 Trackbacks / Pingbacks

  1. Resep Green Smoothies | Ardisaz
  2. Tes Kolesterol di Prodia | Ardisaz
  3. Efek Dari Makan Sehat, Berat Badan Jadi Turun | Ardisaz
  4. [Review] Eka Hospital BSD, Rumah Sakit Dengan Sistem Informasi Yang Oke – Ardisaz
  5. Menpercepat Proses Penyembuhan Dengan Fisioterapi – Ardisaz
  6. Resolusi 2017 dan 8 Tahun Ngeblog – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: