My Journal

Les Bahasa Korea Online Di King Sejong Insitute Center Indonesia

Karena ini weekend, kita ngebahas yang santai santai aja yah. Kali ini saya mau cerita pengalaman les bahasa korea secara online di King Sejong Institute Center Indonesia (KSIC). Sebelumnya, kalau ditanya apa alasannya belajar bahasa Korea, jawabannya adalah bagi saya yang pekerjaan utamanya adalah networking dan memperluas bisnis, menguasai bahasa asing adalah sebuah nilai plus. Ketika kita bisa bahasa baru, maka akan terbuka lebar akses ke negara tersebut untuk berbagai opportunity. Jadi sebenernya memang saya ingin belajar bahasa asing lagi. Kalau kenapa Korea, alasannya agar ada temen belajarnya (istri saya) dan mungkin cukup familiar karena sering nonton drama dan reality show Korea.

Saya ini sebenernya termasuk yang kemampuan belajar bahasa nya agak sulit karena emang kurang bisa menghapal. Apalagi kesibukan sehari-hari udah super padat sehingga waktu untuk bisa belajar juga gak banyak. Tapi memang harus dipaksakan untuk dimasukan jadwalnya, kalau enggak gak akan belajar-belajar. Jadinya saya memutuskan untuk mengambil Les yang bisa dilakukan secara online. Dengan begini saya akan komit 2x2jam seminggu untuk belajar bahasa Korea. Dan beberapa jam seminggu untuk mengerjakan PR-PRnya.

Saya daftar bareng istri di King Sejong Institute Center Indonesia yang merupakan lembaga budaya resmi dari Korea. Di sana kalau mulai kelas baru, gak perlu placement. Tapi klo mau loncat level, bisa placement dulu. Kalau saya sih jelas orang hurufnya aja gak bisa bacanya, jadi harus dari awal dulu. Saya ambil kelas tiap Rabu dan Jumat jam 10-12. Satu kelas isinya kira-kira 17an orang. Di awal-awal, kayak dua minggu awal, ada pengajar dari Indonesia yang ngajarin huruf korea dan basic-basicnya. Tapi habis itu, gurunya native dari Korea yang bisa bahasa Indonesia. Terus kita juga dapet satu buku cetak yang menurut saya materi dan penyajiannya enak banget, dan satu buku latian buat dikerjakan di luar kelas. Karena sesinya online, jadi kita pakai Zoom untuk kelasnya.

Jujur, saya agak kesulitan mengalokasikan waktu 2 jam x 2 hari seminggu. kayaknya di kelas itu, saya yang paling sering absen. Untuk bisa lulus kelasnya, absensi kita minimal harus 70%. Tapi klo ada tugas kantor, bisa kirim surat izin dari kantor. Nah saya kayaknya absennya udah lebih dari 70% karena sering ada meeting yang gak bisa ditinggal dan ada dinas keluar negeri. Ini bahkan pas saya lagi di Jerman aja jam 5 pagi saya jabanin les loh. Tapi kalau emang pas lagi commute kayak lagi di pesawat gitu ya kan gak bisa yah. Untungnya ada istri saya yang masih ngikutin kelasnya, jadi pas sampai Indonesia lagi saya bisa catch up ketinggalan materinya. Tapi tetep saja, saya pribadi ngerasa super keteteran banget ngikutin les ini. Bahkan sering kali ngerasain panic attack tiap disuruh jawab atau latihan practice sama temen di kelas di depan kelas. Apalagi pas mau kuis. Ada satu kuis yang saya literally gak jawab satu pun dan cuma WA ke gurunya klo saya ketinggalan materi ini dan belum sempat ngejar, jadi gak bisa jawab apapun.

Di akhir semester, ada ujian final. Di ujian final ini kita harus dapat minimal nilai 60% untuk bisa lolos. Ini kombinasi dari ujian tulis, baca, mendengar, dan berbicara. Saya jujur aja pesimis yah. Apalagi pas speaking, ada yang bener-bener saya blank gak bisa jawab. Kalau emang gak lulus, saya udah ikhlas aja gak lanjut lagi. Bahkan sebenernya kayak duh stres banget ini ngejer speed belajarnya sambil banyak kerjaan gini, pengen berhenti aja. Tapi mengingat benefitnya untuk ke depan, akhirnya di kuat-kuatin kalau lulus gpp deh lanjut. Ternyata pas pengumuman kelulusan, mukjizat terjadi dan saya lulus. Nilai total saya pun 80%. Hahahaha Untuk ukuran anak yang sering bolos, sering gak ngerjain PR, kuis gak ngisi sama sekali, bahkan pas ujian akhir blank, bisa dapet segitu beneran keajaiban. Hahaha

Oleh karena itu, saya akan lanjut lagi les bahasa korea di KSIC untuk level berikutnya. Level di semester ini pasti akan lebih sulit dari level awal kemarin. Jadi bagi saya ini jadi tantangan yang amat sangat lagi sih. Pokoknya harus dilanjutkan dan dilancarkan! Selamat berjuang buat temen-temen yang lagi di situasi yang sama 🙂

About Adam Ardisasmita (1373 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan komentar