My Journal

[Review] Eka Hospital BSD, Rumah Sakit Dengan Sistem Informasi Yang Oke

Kali ini saya ingin membuat tulisan khusus tentang Rumah Sakit Eka Hospital BSD. Rumah sakit yang satu ini secara harga dan kelas, bisa dibilang termasuk yang kelas atas. Harganya cukup mahal. Sebenernya apa sih yang membedakan rumah sakit semahal Eka Hospital BSD dengan RS lainnya? Kalau urusan kemampuan dokter dan fasilitas medis, saya sendiri kurang bisa membedakan mana yang bagus dan lengkap dengan yang kurang lengkap. Lalu kalau mau membandingkan dengan kenyamanan, yaaa ada Starbucks di dalam RS Eka Hospital menurut saya antara penting gak penting :p Tapi ada satu hal yang saya sebagai orang IT notice sangat oke dari Eka Hospital, yakni Sistem Informasinya.

Tahun 2014, saya medcheck di Eka Hospital BSD. Dua tahun kemudian (tepatnya kemarin) saya berobat ke Eka Hospital BSD. Saya punya kebiasaan aneh yang kalau batuk, itu suka lamaaaa banget sembuhnya. Rasanya dulu banget juga pernah cekup tentang ini tapi gak ada apa-apa (cekupnya di RS Eka Hospital juga). Lalu ketika tadi konsultasi sama dokter THT (yang berbeda dengan dokter THT yang dulu pernah saya kontrol juga), rekam medis saya bisa dengan mudah diakses oleh dokter saya hari itu. Obat apa yang pernah saya konsumsi, pernah konsultasi dengan dokter mana dan karena apa, hingga hasil rontgen ketika medcheck 2 tahun yang lalu bisa diakses oleh beliau untuk menentukan diagnosis dari penyakitnya.

baca juga : [Supercoolkids] Mencari Rumah Sakit Untuk Kontrol dan Lahiran di BSD

Menurut saya, informasi yang komprehensif sangat diperlukan ketika dokter ingin membuat diagnosis. Rekam jejak yang rapih dan terintegrasi seperti ini menurut saya yang membuat berobat di Eka Hospital menjadi sangat nyaman. Data ini akan membantu dokter memberikan perawatan terbaik untuk kita. Lalu ketika tadi saya diminta untuk rontgen lagi (komponen yang berbeda), selesai saya rontgen, saya langsung kembali ke ruang dokternya dan data rontgennya sudah bisa diakses oleh dokter di ruangan itu. Real time! Mantap!

Dan tidak hanya di sistem rekam medis, berbagai sistem lainnya menurut saya sangat oke. Salah satunya sistem booking dan antrian. Di Eka Hospital BSD, kita bisa booking dokter via telepon saja. Lalu kita akan dapat nomer antrian beserta estimasi jam kita akan masuk untuk diperiksa. Ini bisa menghemat waktu yang biasa kita lakukan untuk menunggu antrian dokter yang panjang di Rumah sakit. Sistem booking ini yang membuat saya takjub dengan RS Eka Hospital BSD. Kemarin juga, saya mau ke fisioterapi. Nunggu agak lama, pas saya tanya, ternyata estimasi saya masih dua jam lagi. Akhirnya saya minta dicancel aja dipindah besoknya jam 11 pagi. Pas saya sudah mau keluar, saya agak takut jangan2 bookingannya belum dibuatkan karena hanya secara lisan ke bagian perawat di fisioterapi. Saya lalu coba ke customer service dan minta dibookingkan. Eh ternyata nama saya sudah masuk di sistem. Jadi tidak hanya sistemnya yang oke, usernya juga nampak sudah bisa mengoperasikan sistem di RS Eka Hospital dengan baik.

baca juga : Menjaga Pola Hidup Sehat

Jadi kalau terkait kualitas dokter, fasliltas medis, makanan di kantin, dll kita bisa lah dapetin di RS lain yang mungkin dengan harga yang lebih murah. Tapi yang menurut saya jadi diferensiasi antara RS Eka Hospital dengan beberapa RS yang pernah saya kunjungi adalah sistem informasi yang komprehensif, terintegrasi, dan dijalankan dengan baik oleh user (dokter, perawat, admin, dll) di RS tersebut. Jadi harga yang cenderung mahal ini bisa dibilang worth the money lah untuk harga sebuah kesehatan kita 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on [Review] Eka Hospital BSD, Rumah Sakit Dengan Sistem Informasi Yang Oke

  1. Kalo sudah berbayar mahal harusnya hal seperti yang disebutkan diatas (sistem informasi) sudah sewajar bagus.

    Suka

  2. Terima kasih reviewnya! bermanfaat banget, kebetulan saya besok mau fisioterapi pangkal paha nih di EKA, kira2 biayanya berapa ya? Kemarin dulu sempet konsul ke dokter syaraf, hanya butuh terapi yang di’ulek’ hahaha. Mohon pencerahannya (bisikannya) untuk biaya fisioterapinya :p

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: