My Journal

Beli Game Digital Seharga 5,5 Juta Rupiah

Sebagai fans garis keras franchisenya Horizon, baik yang Horizon Zero Dawn maupun yang Horizon Forbidden West, pas kemarin HFW ngeluarin collector edition game nya yang ada statue dan berbagai merch ekslusif, jujur aja agak terpancing untuk beli itu. Tapi ngeliat harganya 3jt-an, jadi mikir dua kali untuk beli itu. Nah, ini lebih gokil lagi. Minggu lalu ada pembelian sebuah game digital sampai harganya 5,5 juta rupiah. Game apa yang saya beli? Seperti apa ceritanya?

Oke, judul game yang dibeli adalah Minecraft. Lebih tepatnya Minecraft Java & Bedrock Deluxe Edition. Ya memang sih Minecraft adalah game yang tahun 2022 kemarin paling banyak saya mainkan, baik itu di Switch maupun di PS. Di PS sendiri pun sudah 150 jam saya mainkan. Minecraft merupakan game yang sangat edukatif dan enak banget dimainin bareng sama keluarga. Anak saya sangat suka main Minecraft, terutama untuk bikin-bikin bangunan di dalamnya. Kita juga sering role play berbagai peran di sana. Lalu apakah itu bisa menjustifikasi pembelian game dengan nominal 5,5jt rupiah?

Jawabannya tentu tidak. Dan itu merupakan pembelian yang tidak disengaja. Kronologinya adalah anak saya main Minecraft di berbagai device, termasuk di Laptop dan di iPad nya dia. Dulu dia langganan game pass, jadi pas di laptop, dia bisa main yang java edition beserta mod-mod nya yang beragam, dan main windows edition untuk bisa multiplayer dengan saya dan istri saya yang mainnya dari handphone atau console. Nah terus dia sudah tidak langganan game pass lagi dan saya belikan yang java edition karena lebih banyak main dari ipad juga. Terus sekarang ini Minecraft ngeluarin paket baru, kalau kita punya salah satu, kita akan dapet yang satu lagi. Nah karena Anak saya punya yang Java edition, jadi bisa redeem yang windows edition.

Masalahnya, proses redeemnya ini aneh banget. Pertama kita masuk dari launcher nya minecraft kayak biasa. Terus gak ada opsi apa-apa tuh di launcher terkait redeem. Jadi kita click FAQ, baru ada link informasi untuk redeem. Pas buka link itu, disuruh klik link ke windows store untuk redeem yang Windows Edition. Di situ katanya kita tinggal bisa langsung play aja. Tapi di klik gak kebuka-buka. Di launchernya pun tulisannya masih “buy.” Ini kita ngulik sana sini, masuk dari link satu ke link lain, gak ketemu-ketemu solusinya. Saya udah yang yaudah lah beli aja windows editionnya, paling berapa sih, 200-300rb gitu paling. Daripada ribet tiap mau main musti klik link sana-sini gak jelas.

Pas beli, ada pilihannya mau yang windows editionnya aja atau mau yang deluxe edition. Yang deluxe edition dapet minecoin lah, dapet skin, world, dll. Tapi pinternya itu gak dimunculin tuh harganya ketika lagi liat-liat bedanya apa. Harga itu baru muncul pas udah mau purchase aja. Dan anehnya, pembelian pakai CC di sini gak ada OTP SMS nya. Biasa kan transaksi di internet harus pakai OTP dulu yah. Jadilah pas lagi browsing-browsing, liat-liat dan compare harga, kepencet lah yang deluxe edition seharga 5,490,000 rupiah T.T Itu pun tahunya gara-gara ada email notifikasi dari CC saya klo ada pembelian sebesar itu.

Wah panik dong. Gila sih, beli game, digital doang, sampai 5jt-an, kayaknya gak pernah dalam sejarah sebagai gamers beli game semahal itu. Oke, kita coba refund deh. Kalau di Steam, selama belum dimainin 2 jam, kita bisa refund tuh. no ba bi bu, duit balik. Di Xbox store bisa gak yah? Ini mulai dari cari tombol refund nya aja udah susaaah banget. Di FAQ nya katanya ada di menu purchase, pas saya cek gak ada. Akhirnya sama kayak proses redeem windows edition, gali link sana-sini, FAQ sana-sini, nyari support kontak gak ketemu, hingga akhirnya deep inside suatu dokumentasi, nemu link yang mengarah ke request refund nya. Di situ bisa klik refund, dimasukin alasannya accidental purchase, dan juga keterangan tambahan klo kita udah punya partial dari produk yang kita beli (yang java editionnya udah punya). Berhasil lah submit, dan dapet email kalau akan akan diproses dalam waktu 72 jam. Kalau mau cek statusnya, bisa klik link yang ada di email itu. Ohhh, oke. Saya klik lah link nya, eh tulisannya request refund ditolak, karena sudah melebihi batas refund tahunan yang bisa diajukan. Lah, ini awal tahun dan saya gak pernah refund sebelumnya. Kenapa bisa ditolak. Mana gak ada menu untuk banding pula.

Akhirnya saya coba email balik aja itu email refund yang nyampe ke inbox saya. Gak tahu deh dibaca atau enggak. Biasanya itu kan autogenerated. Kasih tahu aja klo ini salah beli dan kenapa kok statusnya direject. Terus gak dibales-bales kan malem itu. Saya langsung call CC saya. Nanya apakah bisa transaksinya dicancel? jawabannya intinya gak bisa. Wah udah deh panik kan. Sambil panik itu sambil berusaha ikhlas juga lah. Mungkin klo 500 dolar, dimainin selama 500 jam, jadinya 1 jam 1 dolar lah yah. Tapi kan gak gitu juga hahahaha Saya pun coba ngontak ke temen yang kerja di Xbox. Emang bukan divisinya dia sih pasti. Tapi ya semua cara dicoba lah. Malam itu pun saya berusaha tidur sambil ikhlas.

Dan untungnya, besokannya di pagi hari, saya dapat email kalau refund sudah berhasil dilakukan. Fiuh. Berhasil dodge the bullet banget ini. Harusnya proses refund, apalagi product digital, dibuat semudah mungkin. Seperti yang Steam lakukan lah. Gak pakai basa-basi, selama gamenya belum dimainin 2 jam, silahkan klo mau refund. Pas tagihan CC keluar, beneran di refund full. hahaha Thanks buat Xbox yang udah membuat proses refund ini terjadi, walaupun penuh dengan momen menegangkan. Dan semoga UX untuk refund ke depannya bisa lebih mudah dan seamless lagi UX nya.

About Adam Ardisasmita (1277 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on Beli Game Digital Seharga 5,5 Juta Rupiah

  1. Google Play harusnya bisa juga, pernah kena 2 juta beli koin Tom and Friends 😭

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: