My Journal

Apa Yang Saya Persiapkan Untuk Tahun 2022

Banyak hal menarik yang membuat tahun 2022 ini menjadi tahun yang membuat saya bersemangat, baik itu terkait personal maupun pekerjaan. Di awal tahun ini adalah waktu yang tepat untuk kita refleksi dan membuat resolusi dalam mempersiapkan tahun baru. Saya akan share secara umum apa saja yang saya persiapkan di tahun 2022 ini.

Pertama mungkin dari sisi personal dulu yah. Yang biasa saya lakukan bersama istri adalah evaluasi dan update financial plan kita. Biasanya yang dilakukan itu ngecek goal-goal kita tahun lalu apa aja, udah sampai mana tercapainya, kalau ada goal yang udah tercapai mau dialokasikan kemana, lalu biasanya tiap tahun kan ada kenaikan income maupun perubahan goal yang perlu direalokasi. Misalkan dana darurat sudah tertutup, maka pos investasi rutin bulanannya bisa digeser ke tempat lain. Atau kalau ada kenaikan income rutin, maka bisa dilokasikan ke goal tertentu. Atau bisa saja ada goal finansial lain yang lebih prioritas, jadi perlu kita adjust. Kalau dulu-dulu kita pakai jasa financial planner, tapi setelah sudah beberapa kali, kita bisa lakukan itu sendiri.

Kedua dari sisi pekerjaan. Ini tahun yang sangat excited buat Arsanesia. Pertama karena dua tahun berturut-turut business kita growth dengan signifikan walopun di era pandemi. Kedua karena plan tahun ini pertama kalinya Arsanesia akan ekspansi cukup besar. Semenjak 2011, kayaknya gak pernah crew Arsanesia lebih dari 10 orang yang full time. Tapi buat tahun ini, kita berencana untuk expand tim hingga dua kali lipat. Ini yang membuat sekarang saya sangat getol belajar tentang company culture. Jujur saja, kita awalnya gak mau scale up karena takut bakal jadi lebih banyak sistem dan terlalu kaku seperti korporasi besar. Tapi ketika di tahun lalu kita punya mentor business dari Singapore yang companynya sudah 60 orang tapi masih punya culture yang bagus, kita jadi banyak belajar. Pelan-pelan kita coba scale sambil menyiapkan culture company yang bagus sehingga bisa tetap creative, agile, tapi productive.

Ketiga ini juga masih terkait dengan pekerjaan, di tahun lalu Arsanesia mulai masuk ke explorasi teknologi Blockchain. Dari awalnya coba-coba, kini Arsanesia jadi mengembangkan sebuah blockchain metaverse yang bernama RealityChain. Di tulisan terpisah nanti saya coba share tentang RealityChain yah. Tapi teknologi blockchain buat saya sangat fascinating. Turunan-turunannya seperti Cryptocurrency, NFT, sampai web 3.0 sangat menarik sekali untuk dipelajarin karena potensi pengembangannya sangat luas. Saya dari dulu memang seorang tech enthusiast yang seneng ngulik teknologi baru. Mulai dari NFC di jaman 2011-an, VR dan AR di 2015-an, dan banyak teknologi2 cutting edge lainnya yang bikin saya excited dan saya jadikan moonlighting project saja karena secara bisnis belum align dengan Arsanesia. Tapi kali ini teknologi blockchain cukup align dengan Arsanesia sehingga bisa ngulik sekalian kerja, jadinya seru banget. Lebih lengkapnya tentang plan Arsanesia ada di blog resminya Arsanesia.

Keempat ini terkait industri game. Di akhir tahun ini, pemerintah intensif sekali meeting dengan AGI untuk membangun industri game di Indonesia. Hingga akhirnya di awal tahun ini ada rapat terbatas para menteri dengan pak presiden yang agendanya membahas industri game. Saya sangat merasa terhormat bisa menjadi bagian dari yang membuat masterplan dan OKR untuk pengembangan industri game di Indonesia. Kita tunggu saja nanti program-program menarik untuk meningkatkan talenta, investasi, dan regulasi untuk pertumbuhan industri game lokal.

Kelima saya mau mulai ngeblog lagi ah. hahaha dulu saya bisa rutin setiap hari nulis blog. 1-2 tahun ke belakang kayak mulai jarang ngeblog. Sekarang mau balik lagi nulis karena ternyata tulisan-tulisan ini penting banget sebagai dokumentasi perjalanan hidup dan juga pemikiran-pemikiran. So stay tuned aja karena akan nambah banyak lagi tulisan-tulisan di blog ini, amin πŸ™‚

About Adam Ardisasmita (1256 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: