My Journal

Cara Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Ini pertama kalinya saya mencoba membuat surat keterangan catatan kepolisian. Saya membutuhkan dokumen bernama SKCK ini untuk proses saya membuat kartu keluarga baru bersama istri. Ternyata proses membuat SKCK itu tidak sesimpel yang saya bayangkan.

Yang Perlu Dipersiapkan

Syarat Pembuatan SKCK

Syarat Pembuatan SKCK

Untuk mengetahui apa saja yang perlu dibawa sebelum mengurus SKCK, saya mampirin ke polsek terdekat di rumah saya di daerah BSD tentang persyaratannya. Seharusnya mah persyaratan SKCK di setiap daerah sama dong yah walaupun saya harus ngurus di tempat lain.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta surat pengantar dari kelurahan. Untuk bisa dapat pengantar kelurahan harus dapat pengantar dari RW. Untuk bisa dapat pengantar dari RW harus dapat pengantar dari RT dulu. Jadi harus ke Pak RT dulu, terus ke Pak RW, terus baru ke keluarahan, untuk bisa mendapatkan satu lembar surat pengantar.

Hal kedua yang perlu disiapkan adalah pas foto 4×6 bewarna dengan latar belakang merah tiga lembar. Ini sebenernya tinggal nyetak ke tempat foto saja gampang. Cuma yang saya gak habis pikir kenapa harus latar belakang merah yah? Lalu kenapa gak seragam dengan KTP? KTP kan latar belakang merah atau biru bergantung dengan tahun lahir ganjil atau genap. Yasudah lah, ikutin aja apa persyaratannya.

Hal ketiga yang harus disiapkan adalah fotokopi beberapa identitas diri. Yang diminta adalah fotokopi KTP, KK, dan Akta lahir. Tidak perlu yang aslinya kok, soalnya nanti akan disimpan dan diarspikan.

Membuat SKCK di Kantor Polisi

Setelah dokumen-dokumen yang kita butuhkan di atas siap, kita lalu bisa langsung membawanya ke kantor polisi yang sesuai dengan alamat KTP kita. Saya kebetulan ngurusnya di Polsek (tingkat kecamatan). Katanya kalau mau yang tingkat kota juga boleh. Tapi saya mikirnya klo di kecamatan pasti lebih sepi dan memang pas saya datang cukup sepi.

Sebenernya sekali datang bisa selesai urusannya tapi sayangnya saya harus dua kali ke Polsek. Di Polsek tempat saya melihat persyaratannya, dikatakan bahwa jam bukanya Senin-Jumat 08.30 s.d 15.00 (istirahat jam 12.00 – 13.00) lalu Sabtu jam 08.30 – 12.00. Saya datang hari Sabtu, ternyata Polseknya tutup -_- Jadi terpaksa harus datang pas hari kerja (kasian yang gak bisa ambil izin atau harus cuti).

buat yang ingin voucher sepatu sepatu, klik di sini: Voucher diskon sepatu Brodo

Pas kedua kali datang, saya langsung datang ke loket bagian mengurus SKCK, memasukan berkas yang diminta (di tempat ini tidak diminta foto kopi akte kelahiran), lalu saya diminta mengisi form. Formnya isinya kayak surat pernyataan gitu tentang identitas diri kita dan keterangan kalau kita tidak pernah melakukan tindakan yang melawan hukum. Lumayan ada tiga lembar gitu isian yang harus kita lengkapi. Setelah selesai ngisi itu, saya ngembalikan form ke loket, bayar Rp. 10.000, dan langsung dikasih SKCK-nya. That’s it, jadi.


Sebenernya sih proses membuat SKCKnya gak ribet, selain harus dateng pas hari kerja yah. Tapi dokumen pendukungnya itu loh yang menurut saya agak ngerepotin. Apalagi bangsa-bangsanya surat pengantar. Harusnya yang kayak gitu bisa dibuat sistem terintegrasi yang online dimana kita bisa submit form online, Pak RT, Pak RW, dan Pak Lurah bisa nge-approve via system, terus klo udah diapprove semuanya, kita bisa langsung ngeprint dokumennya atau klo gak tinggal ambil di Lurah, atau kalau lebih canggih lagi bisa langsung difollow up ke sistemnya kepolisian. Di kantor polisi juga form yang tadi saya isi bisa aja diisi online, bayar online, dan ke kantor polisi tinggal ambil SKCK-nya aja. Foto pun harusnya udah terekam semua via eKTP yang sayangnya sekarang sedang dibekukan.

Kesimpulannya untuk mengurus SKCK adalah:
– waktu mengurus: paling cepat 1 hari kerja, kalau bisa dapet surat pengantar dan ke polsek hari itu juga (less likelly sih)
– biaya mengurus: Rp. 10.000
– Kelengkapan yang perlu disiapkan:
1. Pengantar dari kelurahan
2. Foto 4×6 Berwarna, latar belakang merah, tiga buah
3. Foto kopi KTP
4. Foto kopi KK
5. Foto Kopi akta kelahiran (kayaknya gak wajib, tapi siapin aja)

Semoga informasinya bermanfaat yah πŸ™‚ Tetap semangat walaupun birokrasi di Indonesia masih super jelimet.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

69 Comments on Cara Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

  1. Nice info bro. Lagi mau bikin juga nih.

    Suka

  2. Syukron kaka….

    Suka

  3. makasih mas penjelasannya, sangat bermanfaat sekali buat saya yang akan mencari kerja πŸ™‚

    Disukai oleh 1 orang

  4. oh gt ya, baru tau saya cara buatnya.. selain dikepolosian bisa ga ya? pake jasa gitu?

    Suka

  5. wah ribet ya ternyata -_-

    Suka

  6. Halo, mau tanya pas foto emang harus yg berlatang belakang merah yaa sekarang?

    Suka

    • Kemarin sih saya baca2 di beberapa tempat aturannya begitu. Coba dipastikan lagi saja

      Suka

    • Ahh kampret.. Apa sekarang harus latar blakngnnya warnah merah ???
      Aku mau cari pekerjaan malah . ngeluarin dana .. Apa lagi kondisi keluarga ku pas pasan ..
      Dan jujur saja. Aku merasa pengen mencopet atau maling . baut ngurusin kertas satu ini..
      Klo di hitung buat skck bisa sampai 100 ribu lebih. Dari foto dari adminis . dari balai desa. Dari kecamatan. Wahhh… Gile droo . aku dapet dari manna tuh uang.. Aku ja gak kerja.. Orang tua kerja jualan. Aja uang nya cukup pakek hidup keseharian.. Itu juga masih banyak hutang bank.. Dan berbungah .. Siaalll..
      Mau cari nafkah dimana lagih.. Cari kerja butuh skck . tpi uang gak ada. Dan pakek foto aneh aneh..
      Maaf kalo kata2 saya kasar.. Tapi ini dari hati kubicara..

      Suka

      • Slow aja ndroo, gak usah ngomong kasar gitu, tambah susah ntar ente ndroo…hidup ya memang butuh perjuangan, gak jauh beda sama ngelamar kerjaan…

        Suka

      • Yongky Sepatu // 31/05/2016 pukul 8:58 am // Balas

        Begitulah bro, negara tercinta Indon ini apa-apa harus pake duit apalagi yg namanya polisi sang penjahat berseragam, duit itu harus…

        Suka

  7. Gw juga heran, kenapa sistem nya ga terintergrasi aja ya. Jelek banget sistem birokrasi kita seharusnya demi ke efesiensi dan ke efektifitasan sistemnya di bikinkan online

    Suka

  8. dwiismiyana // 08/06/2015 pukul 3:27 pm // Balas

    Syukron info nya, Kak..
    Haha itu ngomongin sistem terintegrasi jd inget omongan dosen proyek sistem informasi jaman kuliah πŸ˜€
    Semakin canggih sistem, proyek ehm jd makin dikit hihi

    Suka

  9. Yang aceh tuh..
    Kita mau buat surat pindah tapi di t4 asal harus ada SKCK..
    SKCK bisa di alamat asal atau alamat sekarang..
    Kalau alamat sekarang jika syaratnya seperti yg di bilang di atas gimana coba.

    Suka

  10. Klu misalkan KTP dan KK nya dari daerah lain trus bikin SKCK di daerah lain tapi dgn pny surat pengantr dari kelurahan bisa gak????

    Suka

    • Wah klo itu mending tanya ke kepolisian aja deh. Takut salah πŸ™‚

      Suka

      • setau ane gak bisa bang & gak bisa diwakilkan untuk buat pertama kali, soalnya ada cap sidik jari kan? kecuali perpanjang skck bisa diwakilkan, ane ada baca artikel mana gitu lupa, dia kerja di luar negeri nah kan pas ada ngurus perpanjangan visa kerja (bener kan visa kerja? salah tolong benerin) tuh ternyata butuh skck juga dianya. nah dia minta tolong ke ibunya yg di tanah air. semoga berguna infonya

        Suka

  11. semakin mudah pelayanan skck
    makasih infonya

    Suka

  12. maesin sandra // 23/06/2015 pukul 9:23 am // Balas

    Mksih ya infonya..
    sya guru sudah 7thn mngajar TK tp sya mulai jenuh dgn situasi dan ingin mncoba melamar kerja di perusahaan, sblumnya mngjar TK tidak pakai lamaran apapun jd ketika mau mlamar krja k perusahaan sya bingung harus bkin apa dlu. Dgn info ini sngt membantu. Mksih ya..

    Suka

  13. thanks ya gan infonya membantu bgt, untung kerja yg libur di hari biasa jadi gak harus cuti atau ijin

    Suka

  14. Ada cara online-nya,
    tapi saat ini lg down kayanya,
    https://www.skck.polri.go.id/

    Suka

  15. sekarang udah ada yg online pak,

    Suka

  16. Ikut nimbrung Min.. malam ini saya sedang nulis lamaran kerja tapi rada sangsi buat nerusin padahl mnurut sya smuanya udah siap tpi lho! Trnyta hrus pke SKCK juga ya ? Owh.. Ngurusnya ribet gitu y. Mksi infonya Min..

    Suka

  17. Dhinda Permata // 16/08/2015 pukul 4:52 am // Balas

    Tertawa aku baca postingan kamu. Itu cuma hal biasa tolong jangan dibesar-besarkan. Yang namanya ribet itu sebuah resiko. Kita sebagai WNI juga WAJIB menaati peraturan yang berlaku. Masih untung baru ke RT,RW,Lurah lha kalau misal sampai ke Provinsi kan tambah ribet lagi. Hahahaha Keep smile πŸ™‚

    Suka

  18. ahasbiyatmoko // 20/08/2015 pukul 9:00 pm // Balas

    thank you gan penjelasannya, bermanfaat buat saya

    Suka

  19. Ahmad syarif // 24/08/2015 pukul 6:25 pm // Balas

    Iya tuh..klo bagi saya sih gk ribet di polseknya dan murah meriah..justru kalo bagi saya malah ribet di rt rw nya.kalo kita g begitu kenal sama aparat yg di bawahnya yaitu rt.rw dan kelurahan.kita harus siapkan recehan buat orang2 t kait.jadi saya mohon kepada aparatur2 setempat.janganlah mempersulit warganya yg mau membuat surat2 penting lainya.masa ngurus akck sangat murah 10rb.tapi yg lainya bisa 10x lipetnya.tnks atas semuanya.

    Suka

  20. ribet buat skck, harus bolak balik buat bikin surat pengantar. jadi ga efesien

    Suka

  21. mau nanya gan. Sy mau bikin KK baru dgn kondisi istri mau pindah ke alamat sy. Yg perlu bikin skck itu sy atau istri sy ya?
    Thanx

    Suka

  22. Setai saya langsung ke polsek bsa,,enggak usah surat pengantar rt/rw

    Suka

  23. Kalau ktp masih proses gmna bisa bikin skck ngga’…

    Suka

  24. gan,, mw nanya,, itu d polsek pakai sidik jari ga,, sya ugha mw ngurus surat pindah,, tpi sya jauh d rantau,, mw d urus sama klwrga yg d kampung aj

    Suka

  25. Itu ngurus SKCK nya di daerah asal atau di daerah yg baru kantorpolisinya.. klu yg urus org lain bisa gak ya.. di wakilkan gt..

    Suka

  26. Kebanyakan ngeluh.

    Suka

  27. robot gedhek // 04/01/2016 pukul 9:06 am // Balas

    gue bayar 200 ribu buat skck, kalau ikutin resmi 2 hari, sim salabim 20 menit jadi wwkkwkwkwkw

    Suka

  28. Delvi yuliani // 28/01/2016 pukul 11:35 am // Balas

    Surat pengantar dari kelurahan itu surat pengantar buat skck ya,,?? Atau surat pengantar domisili,,??

    Suka

  29. umnia khadiq // 18/02/2016 pukul 5:18 pm // Balas

    engga ribet lagi,tp super ruwed.
    maaf ya kalo ada yang ga setuju, pertama saya datang ke polsek dan ini untuk kedua kalinya bikin skck krna mau perpanjang tp tdk boleh dari pihak kepolisiannya hrus bikin baru dan harus ada sidik jarinya(padahal waktu bikin skck dulu ga pake sidik jari). setelah bikin sidik jari dan mnta surat penfantar kelurahan dan kecamatan dua hari setelahnya tepatnya tadi pagi saya ke polsek lagi tapi ternyata blangkonya habis.coba siapa yang ga kecewa hmm saya bosan bolak balik polsek terus,kalo saya ga butuh skck saya gamau dbikin ruwed kaya gini.udah gitu masa berlakunya cuma 3bulan dg biaya 25rb,pdahal liat dipolsek beda kecamatan yah itu masa berlaku skcknya 6bulan.terus kalo kaya gini harus protes ke siapa.
    maaf ya saya cuma kesel diphpin polisi huh.

    Suka

  30. Saya malah ngurusnya dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Koramil, Polsek, baru ke Polres..

    Sadiiiiis

    Suka

  31. Misi mau nanya, kebetulan saya udh punya skck tp dibikinin dr sekolah saya yg domisili nya di kab. Bogor, nah skrg saya mau daftar kuliah diperluin skck dan saya mau perpanjang karna masa berlaku nya dr tgl 5 maret 2015 sampai 5 oktober 2015, kira kira itu saya mesti perpanjang atau bikin baru?
    Satu lagi saya mau tanya, kan skck saya diterbitkan di polres bogor, kalau mau diurus saya harus ke polres mana? Masalahnya ktp saya daerah jaktim

    Suka

  32. wah terima kasih infonya, banyak orang masih bingung bagaimana cara membuat SKCK terutama mahasiswa yang baru saja lulus dan ingin melamar pekerjaan karena biasanya membutuhkan SKCK

    Suka

  33. Birokrasi di negara kita memang sudah seharusnya ditingkatkan ya. Agar waktu pengurusan jadi lebih cepat. Kan sudah online semua, tinggal di aplikasi saja. Bahkan kalau perlu nggak usah buat SKCK fisik lagi, pihak yang berkepentingan (perushaan dll) bisamelihat langsung secara online (macam di film2 Amerika yang bisa langsung lihat data kriminial langsung di komputer mobil patrolinya)

    Suka

  34. wah boleh juga niih infonya, buat jaga2x untuk kedepannya.

    Suka

  35. Tri wulandari // 09/07/2016 pukul 11:06 am // Balas

    Mas. Saya mau tanya. Saya sebentar lagi lulus D3 . Tapi nunggu ijasah nya 6 bulan. Jadi saya ingin membuat skck untuk melamar kerja dulu. Kira2 di skck ada keterangan pendidikan terakhir nya tidak mas ?

    Suka

  36. bro,,,ngurus SKCK bisa di wakilkan ga sih…???

    Suka

  37. Bikin skck si gampang, ngurus syarat nya itu looh
    Biar ngga oleng nonton detective Conan dulu nih http://www.detectiveconan.ml

    Suka

51 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga Baru | Ardisaz
  2. Surat Keterangan E Ktp | Contoh Surat
  3. Surat Keterangan Pindah | Contoh Surat
  4. Surat Keterangan Pindah Kuliah | Contoh Surat
  5. Surat Keterangan Lurah | Contoh Surat
  6. Surat Keterangan Lahir Dari Rumah Sakit | Contoh Surat
  7. Surat Keterangan Kelahiran | Contoh Surat
  8. Surat Keterangan Masih Kuliah | Contoh Surat
  9. Surat Keterangan Rt | Contoh Surat
  10. Surat Keterangan Catatan Kepolisian | Contoh Surat
  11. Surat Keterangan Cuti Kuliah | Contoh Surat
  12. Surat Keterangan Catatan Kepolisian In English | Contoh Surat
  13. Surat Keterangan Cuti | Contoh Surat
  14. Surat Keterangan Izin Kuliah | Contoh Surat
  15. Surat Keterangan Istirahat Sakit | Contoh Surat
  16. Surat Pernyataan Bersama | Contoh Surat
  17. Surat Keterangan Kuliah | Contoh Surat
  18. Surat Keterangan Ktp | Contoh Surat
  19. Surat Keterangan Orang Tua | Contoh Surat
  20. Surat Keterangan Mahasiswa | Contoh Surat
  21. Surat Keterangan Catatan Kepolisian Skck | Contoh Surat
  22. Surat Keterangan Lahir | Contoh Surat
  23. Surat Keterangan Masih Bekerja | Contoh Surat
  24. Surat Pengantar Ktp | Contoh Surat
  25. Surat Pengantar E Ktp | Contoh Surat
  26. Surat Pengantar Pembuatan Skck | Contoh Surat
  27. Contoh Surat Pengantar Visa | Contoh Surat
  28. Surat Pengantar Untuk Skck | Contoh Surat
  29. Surat Pengantar Untuk Membuat Skck | Contoh Surat
  30. Surat Pengantar Rt Untuk Membuat Skck | Contoh Surat
  31. Surat Pengantar Rt Akte Kelahiran | Contoh Surat
  32. Surat Pengantar Rt Rw Nikah | Contoh Surat
  33. Surat Pengantar Dokumen | Contoh Surat
  34. Surat Pengantar Pembuatan Ktp | Contoh Surat
  35. Surat Pengantar Kelurahan Skck | Contoh Surat
  36. Surat Pengantar Rt Untuk Nikah | Contoh Surat
  37. Surat Pengantar Skck | Contoh Surat
  38. Surat Pengantar Kelurahan | Contoh Surat
  39. Surat Pengantar Untuk Membuat Ktp | Contoh Surat
  40. Surat Pengantar Skck Kelurahan | Contoh Surat
  41. Contoh Surat Pengantar E-ktp | Contoh Surat
  42. Surat Pengantar Berkas | Contoh Surat
  43. Contoh Surat Pengantar E-ktp | Contoh Surat
  44. Surat Pengantar Membuat Ktp | Contoh Surat
  45. Surat Pengantar Tugas | Contoh Surat
  46. Surat Pengantar Nikah Sidoarjo | Contoh Surat
  47. Surat Pengantar Skck | Contoh Surat
  48. Cara Memperpanjang STNK | Ardisaz
  49. Cara Mendaftar Asuransi BPJS Kesehatan Individu | Ardisaz
  50. Cara Membuat Akta Kelahiran Baru | Ardisaz
  51. Pahamilah Berkas Penting yang Wajib Dilampirkan Saat Melamar Kerja Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: