Iklan
My Journal

Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga Baru

Catatan Sipil

Setelah lebih dari satu tahun menikah, saya dan istri belum memiliki kartu keluarga sendiri. Alasannya karena kesibukan kami berdua yang sama-sama bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurus keperluan yang dibutuhkan. Saya yakin (dan pada kenyataannya memang begitu) mengurus pembuatan KK dengan kondisi saya harus pindah provinsi tentu akan membutuhkan waktu yang lama dan tek-tok sana-sini. Tulisan ini adalah lanjutan dari postingan saya waktu mengurus KK di sini.

Jadi kondisinya adalah saya dan istri memilih untuk bikin KK di tempat alamat KTP salah satu dari kami, kalau gak di tempat saya ya di tempat istri. Biar proses ke RT -> RW -> Kelurahan -> Kecamatan -> Dinas Catatan Sipil-nya gak ribet kalau cuma satu orang yang pindah alamat aja. Jadi sekarang saya dan istri tinggal bukan di alamat KTP, alamat KTP numpang ke mertua saya.

Dengan cara itu harapannya sih jadi gak ribet, tapi tetep aja ribet. Ini yang perlu disiapkan kalau ingin mengurus KK dimana salah satunya harus pindah alamat (sampai pindah provinsi). Sebelumnya siapkan mental dulu yah, karena agak ribet ini ngurusnya πŸ˜€

Yang Harus Disiapkan Sebelumnya

Ngurus surat pengantar ke RT

Ngurus surat pengantar ke RT

Yang pertama adalah ngurus pindah dulu keluar dari KK yang lama. Untuk ini harus dimulai dari RT alamat awal kita dulu. Surat pengantar yang harus dibuat adalah keterangan bahwa saya keluar dari KK lama dan membuat KK baru dimana nama saya sudah dihapus. Prosesnya dari RT -> RW -> Kelurahan -> Kecamatan -> dan Catatan Sipil. Nanti dari situ, saya akan dapat surat keterangan pindah dari alamat lama ke alamat baru yang hanya berlaku 3 bulan. Kalau masa berlakunya habis, harus dipernjang lagi.

Setelah punya surat itu, saya harus minta surat pengantar ke alamat baru bahwa saya akan masuk ke alamat tersebut dan membuat KK baru. Artinya saya perlu pengantar untuk membuat KK baru dan istri perlu membuat surat yang keluar dari KK lama lalu KK lama tersebut dipecah lagi untuk KK baru punya mertua saya. Jadi urutannya sama yah, dari RT lalu ke RW.

Kemudian dokumen lain yang dibutuhkan adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK. Cara membuatnya sudah pernah saya post di sini. Selain itu kita juga harus menyiapkan berbagai dokumen pendukung lainnya yakni KK asli punya mertua saya, Foto kopi KK lama saya, Fotokopi Ijazah Kuliah, Fotokopi buku nikah (full satu buku), dan Fotokopi akte kelahiran.

Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga

Ke kantor kelurahan

Ke kantor kelurahan

Bermodal dengan surat2 itu, saya datang ke kelurahan. Bilang kalau saya mau masuk ke alamat baru, lalu istri saya pecah KK. Saya kemudian diberikan sebuah form besar yang isinya data-data yang perlu dimasukan untuk KK. Lalu saya juga mendapat form permohonan KTP baru. Dari situ saya akan dapat stempel pengesahan dari Pak Lurah untuk dibawa ke kecamatan.

Sampai kecamatan, dokumen yang tadi dikasih dari kelurahan distempel lagi oleh kecamatan. Bundel dokumen segitu banyak langsung dicek oleh petugas. Begitu udah komplit, ada form mana gitu saya gak inget (kayaknya yang KK dan KTP) dicap sama mereka lalu diminta untuk langsung dimasukan ke dinas catatan sipil

Di dinas catatan sipil, ini agak tricky yah. Kalau di kelurahan dan kecamatan jelas siapa yang bisa kita tanya dan bisa langsung dilayani. Di capil ini kita harus antri di loket. Loket mana yang untuk kita masukan dokumennya harus nanya2 orang di sana. Saya ambil nomer antrian, lalu dipanggil, masukin dokumen2, dan ternyata gak semuanya diambil sama mereka (lupa apa aja yang diambil), terus saya dikasih surat bukti penyerahan dokumen. Katanya bisa diambil sekitar 4 hari kerja.

Setelah 4 hari kerja, saya kembali ke sana, ambil nomer antrian lagi, lalu dipanggil. Saya pikir KK-nya sudah jadi, ternyata yang saya dapatkan adalah surat pengantar lagi -_- Tapi surat tersebut tinggal dibawa ke kecamatan untuk dicetak jadi KK dan KTP. Saya ke kecamatan, masukin seluruh berkas, dan diminta menunggu satu minggu. Saya juga diberikan surat bukti penyerahan dokumen.

Cetak KK di kecamatan

Cetak KK di kecamatan

Satu minggu kemudian saya datang, menyerahkan surat bukti tersebut, dan langsung diberikan KK saya dan istri yang baru juga KTP baru kami. Untuk KTP saya agak bingung karena ini jadinya KTP saya dobel dengan eKTP (KTP baru belum eKTP karena ada masalah sama eKTP gitu deh). Katanya sih diminta ke Capil lagi untuk ganti informasi eKTP kalau mau. Doh ntar deh kapan2 aja, toh eKTP masih gak jelas.

buat yang ingin voucher sepatu sepatu, klik di sini:Β Voucher diskon sepatu Brodo

Namun ternyata KK yang punya mertua saya belum dicetak karena ada perbaikan nama dan NIK yang salah sehingga mertua saya perlu ngurus ke kelurahan untuk ngisi form KK kayak yang saya bawa ke kecamatan dulu. Terus kalau dulu KK ditanda tangan kecamatan sehingga 1 minggu untuk ngeprint KK, sekarang katanya yang tanda tangan capil sehingga nunggunya 2 minggu.


Kesimpulannya untuk mengurus Kartu Keluarga baru adalah:
– Waktu: 1 hari ngurus di alamat asal (RT, RW, Kel, Kec, Capil), 1 hari SKCK, 1 hari ke alamat baru (RT, RW, Kel, Kec, Capil), 4 hari di capil, 1 minggu di kecamatan. Total paling cepat 12 hari kerja.
– Biaya: Gratis semua
– Dokumen yang perlu disiapkan:
1. Surat pengantar alamat asal RT -> RW -> Kel -> Kec -> Capil
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi KK
4. Foto 2×3 bewarna dua lembar (untuk KTP)
5. Fotokopi Buku Nikah
6. Fotokopi Akte kelahiran
7. Fotokopi Ijazah
8. KK Asli alamat baru
9. SKCK
10. Surat Pengantar alamat baru RT -> RT -> Kel -> Kec -> Capil

Jadi kalau dilihat alurnya yah, alamat lama RT -> RW -> Kel -> Kec -> Capil -> Alamat Baru RT -> RW -> Kel -> Kec -> Capil -> Kec -> JADI. hahaha super belibet banget kan? Itulah Indonesia πŸ™‚

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

174 Comments on Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga Baru

  1. luar biasa ribet mas, 12 hari kerja, itu cuti setahun abis 😦
    pantasan aja orang rela keluarin duit ratusan ribu pakai jasa orang.
    kalau dibandingkan 12 hari kerjanya, mungkin jadi terbayarkan.

    Suka

    • Hihi
      Untung saya lebih fleksibel waktu kerjanya jadi bisa ngurus2 beginian sendiri

      Suka

      • Gimana cara memperpanjang ktp Dan kk lama gan,ktp saya udah lama mati,tp aku gk urus2 karena sekarang provinsinya sudah berbeda

        Suka

      • yeni siskawati // 20/02/2016 pukul 3:41 am // Balas

        mas..aku mau urus ktp sama kk..dan skp dari daerah sudah lengkap..eh saat saya dtng ke RTnya malah ditolak mentah2..blng tdk bisa..alasan krn kost..kalau semua orng harus pnya rumah sendiri kan berabe mas..ini RT 001 cipete utara..kebayoran baru..sdng saya cm ada ktp musiman ..ktp yg asli sudah didaerah..gmn solusinya..??

        Suka

      • yessy wirda // 26/10/2016 pukul 6:03 am // Balas

        Mas mo nanya nih,kalo udah punya kk tp kk nya kk lama dan udah hmpir 5th belum ngurus ktp dan sekaran bru mo ngurus bikin ktp nya bs ngk ya mas?

        Suka

    • ribet gpp asal gratis. kemaren saya minta surat pengantar pindah/masuk ke wilayah kampung baru medan maimun…pdhal saya minta formulirnya saja ama pegawai sana tp ga dikasih katanya arus mereka yg ngisi dan kena biaya 100rb.stlh ditanda tangan surat pengantar dan formulirnya saya bawa ke kantor camat…dikantor camat saya dimintakan uang 100rb lagi buat ongkos antar dokumen ke rumah pak lurah kata petugas sana. SAYA BILANG BKNNYA GRATIS, kata pegawainya tidak ada yg gratis. Nah saya tdk tau lagi akan kena biaya brp apabila ke dinas pendudukan. belum lagi buat ktp nya nanti dicamat.katanya ktp juga tidak gratis..
      Jadi di MEDAN belum gratissssss

      Suka

  2. Thanks dam.. panduan yang lengkap.. gw satu tahun nikah juga blom sempet bikin hahaha.. skrg bentar lagi anak pertama lahir..

    Suka

    • nah, terus anak lu nanti masuk KK siapa dong?

      Suka

      • Akhirnya gw ngurus juga dam.. akta anak ga bisa dibuat sblm kk gw jadi.. jadilah kelimpungan urus KK.. perlu ditambahin dam, waktu di kelurahan harus bawa fotocopy lunas pbb tahun berjalan. Gw harus bayar pbb dulu kmaren baru mau diurus dokumen2nya..

        Skrg udah tinggal nunggu KKnya jadi, cuma doi bilang 14 hari kerja.. abis jadi baru deh ngurus akta kelahiran.. trus update kk lagi.. longway to go..

        Suka

        • Hahahaha akhirrnyaaa… Hmm copy lunas PBB yah? Gw lupa kemaren pake itu gak yah? Kayaknya pake tapi lupa deng, hehehe

          Hihihi makanya gw jauh2 hari sebelum punya anak harus udah jadi dulu KK nya :p

          Suka

  3. lusi qhojati // 10/03/2015 pukul 6:52 pm // Balas

    Info yg sangat sangat sangat bermanfaat…tp baru baca doang udah keder mau bikinnya…KK blum ada, akte lahir anak blum buat…sediiih

    Suka

  4. kalo ga ribet bukan Indonesia, I m on the same situation Brother…

    Suka

  5. Gw baru bikin ktp dan kk. Mutasi dr daerah ke jakarta. Dan stlh jadi org kelurahan minta Rp 1.200.000. Apa semahal itu bro? Tq

    Suka

  6. Sdh mau 2 thn nikah, kk blm puny..
    baca artikel ini prosedur nya ribet bgt,,aplg ngurus lgsg..
    Mksh bro dah share…

    Suka

  7. dwi astuti // 11/04/2015 pukul 4:01 pm // Balas

    Mau nnya. Klau skck dari istri sama suami. Atau salah satu aja yang mau pindah ke almat baru?

    Suka

  8. hello … info nya berguna banget nih …

    alur nya mudah di pahamin,,,

    boleh tanya , SKCK itu wajib yah ? , misalnya sesama jakarta dr jakbar ke jakut pake juga ga yah ?

    need info , trims

    Suka

  9. Tolong infonya nya.
    Saya sdh di keluar kan dari kk tanpa pernah minta!
    Trus kr saya di luar Indonesia..bgmana mengurus kk dan memperpanjang ktp?
    Ktp saya sampai 2015 Agustus 7.
    Terima kasih.

    Suka

  10. Kami 2thn menikah,umur anak hmpir 1thn,,blm bikin kk,ktp baru,akte anak,syarat2 udh dikumpulin,termasuk ke kantor polisi bwt ngurus kehilangan kk lama keluarga suami yg mau dipecah,,
    Tp yg bikin kami bingung,antara kk&ktp,mana yg harus di dahulukan?tny ke kcmtn&kelurahan,jwb nya beda…
    Yg mau share,sy tunggu,trims

    Suka

    • Kalau boleh tahu untuk daerah mana yah?
      Jadi kondisinya yang hilang KK atau KTP? Yang jelas sih yang hilang tersebut diurus dulu baru urus pecah KK.
      Bedanya informasi di kecamatan dan di kelurahan apa? mungkin kalau informasinya lebih lengkap, bisa dibantu dicarikan solusinya bersama-sama πŸ™‚

      Suka

  11. bikin KK enknya tuh setelah anak lahir bro&sist…..karena percuma bikin KK sebelum anak lahir, ntar kalo anak lahir bikin lagi(karena anak juga mesti masuk ke KK kan)…..padahal lumayan ribut tuh….

    Suka

    • Kalau mau buat KK setelah anak lahir apa bisa? Waktu mau buat akta kelahiran bayi nanti apa nggak diminta KK yang isinya ibu-bapaknya?

      Istri saya perkiraan akan melahirkan pertengahan bulan Juni, sejak menikah 2014 kemarin saya belum buat KK jadi cuma ada surat nikah saja. Belum ngurus pindah juga jadi saya dan istri masih tercantum di KK orang tua kami. Kalau memang bisa sekalian setelah anak lahir mending seperti itu deh..

      Suka

  12. bener gratis nih, ko saya malah di kenakan biaya 100rb, kalo lewat RT musti ada 300rb, -_-

    Suka

  13. kenapa yah kmren suami pas mau ngurusin surat pindah dr alamat lama. RT nya minta 500rb. jd yah qt pending dulu pembuatan KK nya.

    Suka

  14. Selamat siang,
    Saya mempunyai kenalan seorang pria single parent ingin membuat kartu keluarga baru dan mendaftarkan anaknya (7 tahun) tanpa ibu ke dalam KK barunya tersebut. Masalahnya adalah :
    1. ibu dari anak tersebut meniggalkan anak tersebut kepada pihak keluarga sang ayah sejak bayi. Dan sampai saat ini keluarga sang ayah tidak mengetahui keberadaan si ibu dan keluarganya. Tidak pernah ada komunikasi antara keluarga ayah dan ibu sejak anak ditinggalkan.
    2. Anak tersebut sudah memiliki akte lahir, dengan nama kedua orang tua dicantumkan dalam akte lahir tersebut.
    3. Dikarenakan orang tua dari anak tersebut menikah secara Islam, maka nama ayah di buku nikah dan di KTP berbeda. Tetapi nama yang dicantumkan di akte lahir anak adalah nama sesuai ktp sang ayah.

    Dengan masalah di atas, apakah sang ayah dapat membuat kartu keluarga yang baru untuk mendaftarkan anaknya di KK barunya? Apa saja yang dibutuhkan untuk pembuatan KK baru tersebut?

    Terima kasih.

    Suka

  15. slamet simpar // 25/05/2015 pukul 12:00 pm // Balas

    mas…gimana kalau nama kita di hapus dr kk… padahal kita belum menyatakan pindah ?…
    kalau unsur kesengajaan petugas kelurahan apa sanksinya ?

    Suka

  16. ira rohaeti // 28/05/2015 pukul 2:21 pm // Balas

    Ζ³Ι‘ΜˆΜ€ΜŠΜ₯Βͺ bikin kk ribet hrs ada ijasah segala gmn orang yg gak sekolah jadi gak bisa bikin kk donk….udh Ι‘ΜˆΜ€ΜŠΜ₯ρΜ₯Μ₯Ι‘ΜˆΜ€ΜŠΜ₯Ρ’” duit d persulit lg

    Suka

  17. nana cahyana // 09/06/2015 pukul 11:42 am // Balas

    saya harus bayar bikin kk 70 rb

    Suka

  18. Ben Joshua // 14/06/2015 pukul 1:48 pm // Balas

    Numpang sharing bro…. Saya udah 2 tahun nikah dan baru mengurus KK di kota saya. Tetapi ternyata KK saya hanya tercantum nama saya dan anak saya. Istri saya tidak tercantum karena katanya harus ada surat pindah dari kota asal istri saya sementara istri saya masih bekerja dan tinggal di kota itu sampai sekarang. Dia hanya datang utk menikah 2 tahun yang lalu.

    Suka

  19. Arini Giska // 15/06/2015 pukul 10:47 am // Balas

    Mas bisa ga kalo KK baru alamatnya sama kaya alamat ortu suami?soalnya posisi masih ngontrak di perantauan dan blm punya rumah sendiri

    Suka

  20. jalu wirawan // 19/06/2015 pukul 1:28 pm // Balas

    thanks for sharing bray..
    kbetulan kasus ane sama kaya ente..rempong rempong…
    saya dari luar provinsi sedangkan istri dari luar kota..
    kami pingin ngurus pindah aka bikin kk d tempat baru…sebelum anak kami lahir..
    setelah baca sy simpulkan ribetnya kuadrat..huft…

    Suka

  21. semoga indonesia makin ribet lagi …hidup indonesia

    Suka

  22. weww.. Bener bener super ribedt..

    Suka

  23. lisa ilina // 29/06/2015 pukul 1:34 pm // Balas

    gmna cra bikin kk anak sya dah lahir udh bikin akte tpi suami sya kk y masih d jaksel blm d pecah gmna ya???

    Suka

  24. saya kemarin juga habis ngurus sendiri kk baru. ganpang – gampang susah di lempar sana-sini oleh birokrasi.tapi semuanya akhirnya selesai.

    Suka

  25. wiradharma // 02/07/2015 pukul 6:05 pm // Balas

    Wah. Saya jg hampir setahun blm sempet bikin kk. Bacanya aja ribet mas. Perasaan Ektp gk guna ya. Cuma perasaan sih

    Suka

    • eKTP kan sempat bermasalah kemarin. Dibeberapa tempat bahkan sudah tidak produksi eKTP lagi. Memang ini masih baru dan sepertinya belum semua sistem terintegrasi. Karena bukan hal yang mudah sih transformasi dari data fisik ke digital, apalagi integrasi sistem antar daerah/stakeholder. Jadi bersabar dulu yah kita untuk sekarang ini πŸ™‚

      Suka

  26. Nyokap saya mah malah ga mau pindah kk, dgn alasan ribet. Jadi aja saya ga bisa sekolah di sekolah idaman saya. Sedihh 😒

    Suka

  27. Numpang nanya, apa proses pembuatan KK baru ini mirip dengan pindah alamat di KTP? Saya baru merit awal tahun ini. Apa prosesnya ganti alamat KTP dulu baru urus KK di tempat baru? mohon sarannya. Thanks.

    Suka

  28. brow..sya baru nikah dua bulan yang lalu ke luar kota. sya pengen bkin ktp baru di tempat istri saya apa harus bikin kk dulu sebelom bikin ktp di tempat istri saya….?klo misal nya bikin ktp langsung apa bisa tampa punya kk trma ksih

    Suka

  29. Waduh baca stgh sudah give up saya mas mau bikin… Indonesia”Hehe.

    Suka

  30. Infonya sangat bermanfaat sekali bro adam… saya 2 tahun nikah blm punya KK sampai anak saya lahir, untung dr pihak rumh sakit bisa ngeluarin akta buat anak saya. Tp maslhny buat ngurus asuransi saya hars punya kk, sekrg maslhnya istri saya tiggal di bogor sementara saya ktp tangerang. Saya mau buat ktp n kk ditempt istri di bogor. Kata perangkat desa saya harus ngeluarin sejumlah uang Rp. 750.000
    klo ikutin langkah bro adam kaykny susah2 gampang ya… tp saya mau coba.. tp takut kelamaan karena saya butuh kknya 2 minggu lagi… gimana ya kira2….

    Suka

  31. aulia safa // 18/07/2015 pukul 10:08 pm // Balas

    Perlu banget tuh…ak mau nanya..ak punya kk tpi belm ad no niknya…sekarang ak mau pindah alamt ke tmpt mertua..ap bsa sekaliian ngursnya di tmptmertua saya…ap ak minta dlu no niknya di tmpat saya ap gmna…dlu ak bkn kk ko ngga ad no niknya…sekarang ak mau pindah bingung dah…ktpnya mati lg…

    Suka

  32. bro mau nanya nie…
    Istri saya kan mau pindah ikut saya ke jawa Tengah, surat pindah dr kelurahan asal sudah di tangan…
    nah denger2 kalo di kecamatan harus ngumpulin KK asli ya?? trus KK lama di musnahkan…
    nah trus kalo istri saya keluar dari KK lama, dan menghapus nama istri saya dari KK lama apa butuh waktu lama??

    Suka

  33. sasikirana // 22/07/2015 pukul 8:38 pm // Balas

    Klo sy baruuuu aja ngurus pindah masuk anak sy dari medan ke pku alurnya sama mas dan tanpa biaya tp ketika di capil ada 2 org petugas yg menawarkan jalur cepat katanya 2hr selesai dg biaya 1jt….gile bener minta bayarannya dari gratis krn jalur cepat jd 1jt emang gampang cari uang 1jt…..klo ga gini bukan indonesia kali yeeeee

    Suka

    • Nah, itu tadi di atas ada yang nanya bisa gak pakai “jalur cepat.” Ternyata bisa dengan bayar 1jt yah πŸ˜€

      Suka

      • Gan.. Mau tanya nih kalau form untuk buat baru itu ada di mana ya?
        Saya mau bikin ktp & kk baru. Saya sudah dpt surat pengantar rt/rw cap & ttd lurah. Saya tanya org kantor (rt saya pengelola komp, tdk pernah di kantor. Hanya karyawan yg ngurus semua) tidak perlu ada surat pindah. Sampai di kecamatan ditolak harus ada surat pindah & form bikin kk dr rt. Setelah surat pindah sudah dapat, saya balik lagi ke kantor rt untuk form kk. Tapi org kantor blg hanya ada surat untuk buat ktp. Ga pernah ada surat untuk kk. Dan lepas tanganlah mereka. Jd saya harus minta form itu ke siapa? Syaratnya hanya tinggal itu saja. Tolong bantuannya. Krn di pihak rt lepas tangan harus ke rw. Sementara rw tidak bisa dihubungi terus. Saya sedang hamil besar tapi pihak rt di sini sama sekali tidak membantu. Terimakasih

        Suka

  34. minta solusinya dong bang,,
    mo buat kk terkendala d surat pindah,,
    critanya dulu aku tinggal d riau bareng ortu trus kami pindah ke tapsel karna ada pembukaan lahan baru, ternyata tanah tsb sengketa dan kami di usir paksa, segala dokumen yg di proses pun tak kunjung selesai sampai akhirnya aku menikah dan menetap di medan.
    jadi sekarang kesulitan buat kk karna gak ada pertinggal dokumen apapun dan gak bisa lagi minta surat pindah dari riau

    Suka

  35. Gile ribet banget proses nya, wah parahhhh sistem nya muter_muter kaya gtu

    Suka

  36. Knp sieh harus ke capil,kenapa pihak capil dan kelurah dan kecamatan gk pake sistem Online aja,agar cukup di kelurahan dah selesai,gk ribet

    Suka

  37. Muantaap dan super sekali ribetnya mas , hampir semua birokrasi di indonesia memang sudah tertanam penyakit korupsi segala harus pakai uang , ga heran pada berebut untuk mendapatkan jabatan berapun biaya nanti akan terbayar , mudah”an kedepanya bisa lebih baik …

    Suka

  38. Mas msksih ya atas pemberitahuan ny oh ia saya mau menanyakan kalo mau urus surat pindh kalo tdk ad kk asli ny bagaimna hanya sja kk foto copy yg ad

    Suka

  39. Permisi mas, saya mau ngurus kk n ktp ketempat yg baru. Pusing liat alurnya heheh jelas tapi eneg saya muter2nya. Dr kampung cabut nama kena 300 daerah jateng, itu belum bikin kk n ktp baru disini jabar. Kemarin ditawari nembak, buat kk n ktp baru tanpa cabut nama dr alamat nama 500 dah clear. Yang saya ragukan adalah,ktp n kk nembak begitu kedepannya bermasalah ga ya kalo digunakan.

    Suka

  40. mhn info : saya pny kk surabaya(cm sy) 1thn yg lalu pernah urus surat pindah kk (istri sy ikut kk saya), setelah pecah sy blm urus2 kk nah syarat2nya itu hilang krn banjir, jadi posisinya, sy tetap d kk sy sedangkan istri sy sudah di coret dari kk mertua sy, untuk pengurusan agar istri sy bisa masuk kk sy atau kk mertua lg caranya gimana ? mhn infonya. trims sblm dan sesudahnya

    Disukai oleh 1 orang

  41. Klu pngen buat kk.tpi lum pnya ktp bisa gx ya

    Suka

  42. Katanya ngurus surat pindah itu kalo diurus sendiri gratis. Tp kemarin saya ngurus di kota sidoarjo, pas dikecamatan kena 100rb. Trs krn ngurus KK dan KTP itu ribet akhirnya saya dan suami pake jasa orang dalam. Ngurus KK aja blm trmask KTP kena 400rb. Itu belom termasuk KTP. Nahh yg mau saya tanyakan, kalo mau bikin KTP apa orang yg bersangkutan harus datang ke capil buat foto dan cap 3 jari mas? Mengingat suami kerja di kalimantan, dan saya sendiri di trenggalek.

    Suka

    • Kalau terkait bayar tidak bayar, itu tergantung apakah daerahnya sudah tereformasi birokrasi belum. Kalau yang sudah baik, tentu tidak bayar.

      Kalau terkait dengan KTP, tergantung juga, sudah pernah rekam eKTP belum. Kalau sudah pernah rekam eKTP, datanya tersimpan dan bisa diakses dimanapun. Hal ini memang penuh ambiguitas dan membuat bingung karena tidak ada sosialisasi yang baik maupun sistem yang mudah untuk diikuti. Yang sabar yah πŸ™‚

      Suka

  43. mas saya mau tanya, stlh dr kecamatan sya kn lanjut ke capil itu yg hrs dibawa berkas y apa aja ya?mhon informasinya..terima kasih

    Suka

  44. Maaf gan..mau tanya nih…kalo membuat kk baru..kan data udah di kelurahan yg baru…apakah gak pakai resi? Dan saya minta di urusin orang dari tanggal 28 okt’ kemaren…katanya jadi kk nya tanggal 17 nov…dan saya perekaman ktp yg baru pun setelah tanggal 17 itu…sedangkan saya perlu bgt resi itu…buat persyaratan pengajuan pinjaman…karna tinggal itu aja syaratnya…gmna ya gan? Makasih

    Suka

  45. alhmdulilah, sudah ngurus surat pindah dari kediri biaya 200rb diurus ortu. sudah ke kelurahan sudah ke capil jombang 2x, skrg ke kelurahan mau lanjut ngurus kk sejauh ini blm bayar appun, tinggal nunggu berkas buat ke kecamatan dan ke capil dan ke kecamatan lg ktx??? prtxaanx klo ud sjauh ini trmasuk ngurus sndri kn??? klo mau bayar siapa yg saya bayari atas apa dan biaya ap??

    Suka

  46. aq ngurus KK baru harus ganti status dulu gan .. yg tdiY belum kawin jadi kawin .. 8 hari kerja baru jadi ..

    Suka

  47. Assalamualaikum

    Mas mau nanya nih, saya mau bikin sudah surat pindah dr jakarta ke daerah. Apa prosedurnya masih sama seperti itu? Dr rt-rw-dst? Apakah bisa dr daerah mengirim surat ke disdukcapil walkot jkt untuk mengurusnya secara online? Maksud saya tidak perlu datang ke jkt, krn posisi saya sekarang di semarang. Mohon penjelasannya ya mas.
    Lalu untuk skck apakah harus dibuat di jakarta?
    Makasih sebelumnya

    Suka

  48. Doddy gunawan // 09/11/2015 pukul 9:33 am // Balas

    Halo agan agan kasih wa saran cara bikin kk DKI.ktp wa jak-pus KK lama pemalang.wa domisili di jakut …….gmna nih

    Suka

  49. sumpah asli rempong abis, gw br kelar dari capil asal, setelah dari RT –> RW –> Lurah –> Camat –> Capil, ini mau urus SKCK lagi, belum lagi ntar di alamat baru.. hadeehh, kayanya lagi jaman cang ato gak ribet” begini.. :_))

    Suka

  50. Nice share bro..
    saya juga sedang ngurus pindah domisili dan buat KTP dan KK baru dan akte kelahiran anak ke-2. Pindahnya masih satu kabupaten tangerang sih, jadi pindah antar kecamatan aja. Memang benar seharusnya bebas biaya semuanya, tapi saya nyerah kalo harus ngurus sampai capil (waktunya susah), jadi bayar deh biar diurusin dari kecamatan.Satu tips : kalo ngurus beginian saya selalu bawa semua dokumen yang ada kaitannya sama kependudukan ( akte kelahiran, akte nikah, pelunasan PBB, Ijazah, surat keterangan lahir ) minimal di foto copy masing – masing 2 lembar; KTP juga di foto copy 6 lemabr; menghindari bolak balik jika diminta keterangan tambahan dan kita ngga bawa.

    Suka

  51. Thanks infonya. Kemarin hany utk ngurus surat pindah kena 200rb.

    Suka

  52. Terima kasih infonya mas. Bermanfaat sekali πŸ™‚

    Suka

  53. Pusing,,,, seperti mau berternak ayam,, kalau mau dari tetaskan telur,, terus ayamnya mana,, kalau bibit ayam,,, terus menetaskan telurnya dari mana,,, pusing kan,, bikin kk ktp pake akte.. bikin akte harus pake kk ktp,,, terus gimana dong,,,,

    Suka

  54. Sangat bermanfaat info nya

    Suka

  55. Di tempat saya di kelurahan Cipete Utara, saya kan mau urus perpindahan dan perubahan data di KTP dan KK dari Bogor ke Jakarta, segala dokumen sudah lengkap semua, tapi saat tiba di kantor kelurahan mereka mensyaratkan harus ada fc KTP dan KK penjamin, anehhhh banget, di tempat lain kayaknya ga seribet itu deh. Akhirnya kita ga ngurus lagi, karena ga ada KTP dan KK penjamin. Susah untuk dimintain fc KTP dan KK.

    Suka

  56. Mas sy kn bkin surt pndh dr kb bnjrnegara ke bogor nh dlm prjlnn sy kcoptn smua surt2 sy hlg skrg sy tdk pny ktp. Sy sdh urs cob msk kk org tua lg g bs mnt srt pndh lg g bisa..pdhl sy sdh bw srt khlgn dr polisi. Klo bgtu sy g bs puny ktp lg dg tlg di bntu mksh

    Suka

    • foto copy data-data yang lain masih ada mas misal ktp kk lama buku nikah jika ada, mas perlu ke disdukcapil banjarnegara minta legalisir-nya baru dilampiri surat kehilangan dari kepolisian untuk pengurusan surat dari awal->rt/rw –> kelurahan dst..

      Suka

    • hadew, jadi stateless dong, demo aja mas di depan istana negara, minta suaka ke negara orang dengan alasan ga di aku warga negara. pas diliput tv dijamin kenceng prosesnya.

      Suka

  57. Fto copy ktp.kk lm msh itu smua sdh sy bwa.srt khlgn pun sdh buat tp ttp aja ke capil blgya ga bisa ga ada datanya di databas haduh sy ga kruan sdgkn sy btk ktp tp sulity bgni. Indonesia mmbuat pluang krpsi lbh bnyak.
    Tlg d bntu dg saya haru bagai mana ad jsa pnwrnya kty klo msk kk org tua lgi 2 jt. Gila sy pny dwt dr mna

    Suka

  58. Fto copy ktp.kk. lm msh itu smua sdh sy bwa.srt khlgn pun sdh buat tp ttp aja ke capil blgya ga bisa ga ada datanya di databas haduh sy ga kruan sdgkn sy btk ktp tp sulity bgni. Indonesia mmbuat pluang krpsi lbh bnyak.
    Tlg d bntu dg saya harus bagai mana ad jsa pnwrnya kty klo msk kk org tua lgi 2 jt. Gila sy pny dwt dr mna

    Suka

    • setahu saya database belum dihapus selama surat pindah asal belum didaftarkan ke dukcapil tujuan (by sytem otomatis terhapus di dukcapil asal bila sudah terdaftar di dukcapil tujuan) hanya saja surat pindah bisa kadaluarsa berlaku 30 hari untuk cara memperpanjang surat keterangan pindah , mas bisa melakukan legalisir surat keterangan yang telah habis masa berlakunya (biaya retribusi Rp. 0,-) di Instansi yang mengeluarkan surat tsb. simpelnya mas mengurus perpanjangan/legalisir surat pindah di dukcapil asal terlebih dahulu (karena pernah hilang/kecopetan).

      Suka

    • itu capil yang sama dengan alamat KK dan KTP?

      Suka

  59. Iy sama mas.almt ktp cpily. Skrg lg ngrus msk kk org tua tp ttp sja dbolk blik. Dr kec blgy blm dkrm dri cpil dtanya. Tny ke capil blg blm dkirim sm kec.sy hrus gmn klo bgtu sy mw pny ktp kk sm ktp aj sushya.trs sy hrus kmn supya di degar dn di tndk.

    Suka

  60. Mas mo nanya, istri saya pengen lahiran dijawa deket ortunya tapi pengennya akta anak nanti ditasik ikut saya. Coz istri juga bakal pindah. Apa bisa?

    Suka

  61. Saya mengurus cabut KK dari alamat lama di Jawa Tengah hanya butuh 1 hari (dari RT-Disdukcapil).
    Sekarang sedang mengurus pembuatan KK di alamat baru di Tangerang Selatan… sampai hari ini sudah 3 bulan tanpa kejelasan berkas saya 😦
    Juga sudah diberi pesan bahwa mengurus pembuatan KTP memerlukan waktu lebih lama…
    Sebetulnya prosedur yang benar butuh waktu berapa lama & ke mana bisa mengadukan hal seperti ini.
    Kita mau menjalani prosedur benar dipersulit pantas aja banyak yang menjalani prosedur tidak benar

    Suka

  62. situ masih mending, lah saya dah cabut berkas malah baru tau mesti bikin skck, ya wis balik lagi ke rt rw lurah camat polisi, kenapa ga ada yang kasih tau -_-, indonesia gitu loh, negara auto pilot, rakyatnya mesti cari tau sendiri, ga ada petunjuk blas sama sekali.

    Suka

  63. ahmad riyanto // 13/01/2016 pukul 11:49 am // Balas

    Mas mau tanya saya hbis ngurus srat pndah dari jawa pndh k sumatra trs suratnya udh 3 bln blm jdi n skrng mau pindah lg k jawa itu suratnya bisa d caput gk trs carsnya gmna

    Suka

  64. mas saya mau tanya dong…saya, suami dan anak pertama udah punya kk dan ktp baru yg wktu itu saya bikin nya menggunakan jasa orang,,,tapi saya bingung waktu mau buat BPJS pas masukin no KK nya data saya Tidak Terdaftar akhir nya saya jadi dan suami tidak jadi bikin dech,,,itu kira2 kenapa ya…tolong dong info nya thank’s sebelum nya

    Suka

  65. mas gimana kalo bikin kk baru ,karna yg dulu hilang. terus gimana ngurus surat pindah,, soalnya kk yg dulu kn aku masih penduduk di desa aku. terus sekarang aku mau pindah ke tempat istri . tu cara bikin kknya gimana mas.

    Suka

  66. Klo KKnya pindah alamat, berarti harus buat KTP baru donk?

    Suka

  67. Gusti chaerul sapuan // 23/02/2016 pukul 3:08 am // Balas

    Akte sy jakarta & sy belum punya KK yg syah/terdaftar di pencatatan sipil, skr rumah sy di bekasi, skr sy ingin jadi warga bekasi, gimana ya caranya urus KK & ktp nya..
    Sebelumnya sy punya ktp tangerang tapi NO NIK nya setelah di cek punya nama orang lain.

    Suka

  68. Gusti chaerul sapuan // 23/02/2016 pukul 3:10 am // Balas

    Akte sy jakarta & sy belum punya KK & KTP yg syah/terdaftar di pencatatan sipil, skr rumah sy di bekasi, skr sy ingin jadi warga bekasi, gimana ya caranya urus KK & ktp nya..
    Sebelumnya sy punya ktp tangerang tapi NO NIK nya setelah di cek punya nama orang lain.

    Suka

  69. Mas..saya mau nanya sekalian infonya, saya kan dulunya tinggal dikota duri riau (Lama) termasuk orang tua dan keluarga saya jadi saya mau pindahkan KK lama ke pekanbaru riau (Baru) dengan KK baru tujuannya kekota duri mau minta surat pindah yang jadi pertanyaannya saya sama orang tua sebelum datang ke kota duri berkas apa yang perlu kami bawa ?

    Kemarin RT pernah bilang sama saya langsung saja ke Kelurahan tidak perlu lagi ke RT kalau cuma mau minta surat pindah apa benar seperti itu prosedur baru pemerintahan skrg mas ?
    Kalau cuma minta surat pindah dari kota duri (Lama) untuk ke kota pekanbaru (Baru) apa harus minta tanda tangan dari kelurahan lalu minta lagi tanda tangan kecamatan baru bisa dapat surat pindahnya atau tunggu ditanda tangan dari kecamatan dulu baru ada surat pindahnya atau gimana ni mas ?
    Saya kurang paham maksud dari surat menyurat pemerintahan skrg mas..

    Suka

    • wah saya kurang tahu kalau kebijakan tiap daerah beda-beda. tapi coba saja di jalanin dulu prosesnya. Nanti sambil jalan sambil belajar tahapannya apa saja. Memang belum ada informasi yang holistik tentang bagaimana standar proses pengurusannya

      Suka

  70. oh seperti itu caranya. makasih infonya jarang ada yg share heheh

    Suka

  71. saya sedang mengurus pindah KK dan akta lahir anak, lumayan banyak berkas yg mesti saya isi, dan saya melalui kurir yg biasa mengurus. dan saya diminta biaya hingga 700rb. saya kurang paham administrasi pemerintahan sekarang, kenapa ga ada layanan online, jd nanti kita tinggal isi saja, dan print baru dicetak di DUKCAPIL atau kantor Camat.

    Suka

  72. Saya sedang urus pembaruan KK dan pembuatan KTP Anak saya, sdh masuk di Capil hari Rabu tgl 23 Maret 2016, bisakah dalam 2-3 hari kerja saya dapatkan Nomor KK dan Nomor KTP Anak saya terlebih dulu ? sambil nunggu KK dan KTP jadi ?. Karena saya perlu Nomornya dulu untuk pendaftaran Online masuk universitas yg paling lambat tgl 3 April 2016. Terima kasih

    Suka

  73. Tiara Mamangkai // 06/04/2016 pukul 11:14 am // Balas

    Mas mau nanya gimana ya saya mau masuk di kk suami saya sedangkan saya tidak terdaftar di kk orang tua saya sebelumnya,,,saya sudah ke capil untuk mengurusnya tapi di butuhkan ijazah terahir saya juga sebagai pelengkap dokumen,,dan kendalanya ijazah terakhir SMA saya hilang apa kah saya bisa menggunakan ijazah SMP saja?sebelumnya terimakasih

    Suka

  74. halo mau tanya, kalo pas bikin KK baru (pindah domisili) itu bisa sekalian ngurus ubah status jadi Kawin ya?
    Saya baca postingan sblm nya kan sbenernya mas adam ini pengen ngubah status di KTP jg.
    Ato mengubah status kawin itu proses nya terpisah?

    Trims

    Suka

  75. Saya ada teman yg selama puluhan tahun berada dijalanan.
    Bahkan terlahir dijalan.
    Hidup nya dijalani tanpa status jelas/resmi warga indonesia dengan kata lain tanpa identitas diri..
    Usia nya kini 34th.
    Seorang wanita.
    Kini ingin membuat ktp dan kk dia bi ngung.
    Sementara dia tidak pernah punya kk/ktp. Bahkan tidak punya akte kelahiran.
    Bagaimana cara saya membantu dia menjadi warga negara indonesia yg sah dan resmi.
    Mohon tolong dibantu cara penyelesaian nya..
    Terima kasih.
    Saya mengharap jawabannya.

    Suka

    • Wah saya juga kurang tahu untuk kasus seperti itu. Sudah coba tanya ke kelurahan/kecamatan? Atau mungkin coba tanya ke panti asuhan karena mereka biasa mengurus dokumen untuk bayi yang terlantar

      Suka

  76. Wah terima kasih infonya, biasanya untuk keluarga muda banyak yang kurang paham dengan prosedur mengurus kartu keluarga πŸ™‚

    Gayahidupku.com

    Suka

  77. daniel sianturi // 26/04/2016 pukul 1:29 pm // Balas

    siang min….,saya dan isri dah nikah 1 thn yg lalu tpi blum ada KK dan catatan sipil alasannya saya dan istri menikah dgn domisili/alamat ktp yg berbeda,saya ktp kalimantan barat dan ikut kk abang saya yg disana,sementara istri domisili/ alamat ktp dibandung ikut kk pamannya,yg mo saya tanya gmn caranya ya biar kami bisa punya kk sendiri dgn alamat tinggal sekarang di Bandung?? makasih min

    Suka

  78. nanya dong, mas adam.
    kalo bikin kk tapi belum nikah bisa nga? pakw calo bisa nga?

    karena saya dari daerah dan tinggal d ibukota. untuk urus ini-itu susah karena nga ada kk.

    padahal kalau urusan jodoh kan d tangan Tuhan, ga bisa maksa besok lgsg nikah.

    hehehe

    Suka

  79. mas, utk syarat bikin KK itu kan pakai fc akta kelahiran ya. nah akta kelahirannya itu anaknya doang atau ortu juga?
    soalnya saya juga mau bikin KK harus ada akta kelahiran ortu, sedangkan ortu jaman dulu gak ada akta kelahirannya.
    saya bingung gimana prosesnya.

    Suka

  80. wah, blognya lengkap2x nih. membahas segala macam2x surat untuk rumah tangga. pasti berguna banget infonya niih

    Suka

  81. Mas,Saya mau urus KK ortu yg pindah daerah.surat keterangan pindah & potocopy ktp lama sdh lengkap..hanya pas sampai kelurahan bilangnya nama ortu di akte & Ktp beda,
    di akte nama ortu pakai ejaan lama “DJADI”..sedangkan KTP sdh ejaan baru “YADI”.
    Jadi tidak bisa diproses,padahal didaerah Ortu tinggal nggak masalah..buktinya surat nikah & KTP sdh pakai ejaan baru.katanya minta surat pemberitahuan dari daerah lama…gimana Mas untuk kndisi ini…thanks

    Suka

  82. mas minta tlong solusiny dong..
    saya udah mau 2 thun nikah.. sya nikah siri di daerah dgn Buku nikah daerah tapi tanpa surat pengantar dri rt sma rw sya dan suami. nah skrng sya mw buat KK sma Akte kelahiran anak.. prosedur ny harus kya gmna ya..?? tlong d jwab ya mas …

    makasih

    Suka

  83. mohon di jelaskan sya mau buat kk baru tetapi alamat sya berbeda RT/RW saja,dengan alamat sebelum y,masih satu kelurahan…apakah perlu saya mengurus surat pindah

    Suka

  84. untuk mendapatkan surat keterangan pindah dari discapil, KK yang lama ditinggal atau ikut kita bawa kealamat kita yang baru…
    mohon infonya.. tks πŸ™‚

    Suka

  85. Minta peunjuk…saya ada 2 kk yg 1 ibunya almarhum
    saya 4 anak yang kedua saya dan istri Baru 3 anak … Saya mau anak anak almarhumah ikut kk istri Baru..cuma istri Baru keberatan..jadi anak anak almarhumah tidak ada kepala keluarga..pernah ke kelurahan katanya harus cerai dahulu Baru bisa pindah kok apa memang harus begitu..dan istri mengiyakan untuk bercerai agar saya bisa pindah…trim

    Suka

  86. kalau d tempat saya malah enak bnget buat kk cuman butuh fto copy surat nikah
    tinggal kasih sma RT kelar urusan n proses 1 minggu bayar jg cuman 150

    Suka

  87. Juwana IC Nozomika // 19/10/2016 pukul 11:10 pm // Balas

    Mator Suwun kak Adam informasinya. Sangat membantu bagi keluarga baru seperti diriku. Hehe

    Sukses IAIC, semakin bermanfaat untuk semua

    Salam

    Suka

    • hahaha senang bisa membantu. Amin amin.

      Suka

      • Mas Adam, mau tanya dong, saya jg sdg proses bikin kk, nitip dibikinin ortu sih, nah pas di capil itu semua dokumen pengantar dr rt rw lurah kan diserahkan utk jd dokumen pengantar dr capil, trs dokumen pengantar dr rt rw itu ditahan di capil ya mas stlh surat pengantar baru dr capil keluar? Apa surat dr rt rw itu msh diperlukan saat proses buat kk baru di domisili baru? Trims atas penjelasannya mas…

        Suka

  88. mutiara fitri // 31/10/2016 pukul 3:54 pm // Balas

    mohon di bantu , kenapa buat kartu keluarga yang baru , yang lamanya tidak di pulangkan yah , yg kartu keluarga atas nama orang tua . terima kasih

    Suka

  89. Abdul jani // 31/01/2017 pukul 8:28 am // Balas

    Kecamatan prambon terlalu banyak alasan… Bikin surat pindah saja ribet banget…alasan tower nya rusak,sudah tau rusak kok tidak ada perbaikan…

    Suka

  90. Demi apa, mau ngurus KK doang rempongnya sedemikian. Duu … belum ngurus aja udah males. Tapi gimana dong ya. Kalau nggak diurus malah rugi sendiri.Aka

    Suka

21 Trackbacks / Pingbacks

  1. Surat Keterangan Sakit Dr Aulia Marliana | Contoh Surat
  2. Surat Keterangan Numpang Nikah | Contoh Surat
  3. Surat Pengantar Pembuatan Ktp | Contoh Surat
  4. Surat Pengantar Pembuatan Skck | Contoh Surat
  5. Surat Pengantar Pindah Alamat | Contoh Surat
  6. Surat Pengantar Dari Kelurahan Untuk Menikah | Contoh Surat
  7. Surat Pengantar Rt Untuk Membuat Skck | Contoh Surat
  8. Contoh Surat Pengantar Ke Yayasan | Contoh Surat
  9. Surat Pengantar Camat | Contoh Surat
  10. Surat Pengantar Ke Kantor Catatan Sipil | Contoh Surat
  11. Mengurus Surat Pengantar Nikah | Contoh Surat
  12. Surat Pengantar Karyawan Baru | Contoh Surat
  13. Surat Pengantar Pindah Homebase | Contoh Surat
  14. Cara Memperpanjang STNK | Ardisaz
  15. Cara Mendaftar Asuransi BPJS Kesehatan Individu | Ardisaz
  16. Cara Membuat Akta Kelahiran Baru | Ardisaz
  17. Game Kartu Dam - Data pengeluaran togel SGP HK Sidney
  18. Cara Cepat Jadi Orng Kaya – domino qiu qiu dan situs poker online
  19. JUDI TOGEL | Data Pengeluaran Togel Jkt 2016
  20. Cara Bikin Web Judi – bandar togel dan judi online
  21. Cara Cepat Jadi Orng Kaya – domino qiu qiu dan situs poker online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: