My Journal

Memulai Hari Lebih Awal

Saya dari kecil termasuk anak malam. Suka begadang dan bangun siang. Makanya dari dulu paling susah kalau harus berangkat ke sekolah pagi-pagi. Untungnya waktu SD dari rumah ke sekolah cukup jauh, jadi bisa tidur lagi di mobil pas lagi berangkat ke sekolah. Entah kenapa, buat belajar, buat main, atau mikir itu di malam hari jauh lebih plong rasanya. Mungkin karena orang-orang udah pada tidur, jadi less distracted kali yah. Tapi karena tetep ada banyak keharusan kita bangun pagi, jadinya jam tidurnya yang sangat jauh dari cukup. Selelah apapun dan sengantuk apapun di siang hari, pas udah malem pasti seger lagi.

Kemarin kan ada resolusi 2021 untuk olahraga tiap hari. So far, udah 22 hari di tahun 2021, masih bisa konsisten walaupun tentu ada bolong-bolongnya yah. Tapi biasanya bolongnya karena force majeur lah. Selain itu, saya coba nambahin satu habbit baru lagi yakni tidur lebih awal dan bangun lebih bagi. Setidaknya abis subuh, gak dipakai tidur lagi. Aku mau coba semua kegiatan yang biasanya ku lakukan di malam hari kayak nyelesein kerjaan, bikin konten, dan main game, ku pindah ke pagi hari.

Baru berjalan kurang lebih seminggu sih. Tapi yang ku rasakan, memulai aktivitas sebelum bekerja, walaupun gak related dengan pekerjaan, itu berasa kayak pemanasan. Kita kayak nyiapin mood yang bagus dan ngebangun otak dan tubuh yang ready untuk bekerja. Hal-hal simpel kayak nyuci baju, beres-beres rumah, atau sarapan, bikin kita punya semacam small win small win kerjaan yang kita acomplish di hari itu. Feelingnya jadi lebih siap. Mungkin kalau jam olahraga harian aku pindah ke pagi, efek fresh nya akan lebih berasa kali yah.

Yang jelas ini kebiasaan yang menarik sih, memulai hari lebih awal. Tapi tantangannya bukan di bangunnya. Di tidurnya. Kalau udah mau tidur, dan megang HP, wah udah deh itu bisa sampe bablas banget. Kalau bangunnya mah ada alarm digital dan alarm manual (anak yang ngebangunin pagi-pagi). Jadi sebenernya habbit yang perlu di bangun lebih ke bukan gimana bangun pagi, tapi gimana biar tidurnya bisa lebih awal. So far, cara yang paling ampuh adalah satu jam sebelum jam kita harus tidur, instead of megang HP, aku megang kindle. Selain karena gak ada blue light yang bikin otak kita makin jreng, baca buku yang agak berat bikin auto ngantuk hehehe. Kalau kamu gimana? Lebih produktif di pagi hari atau malam hari? Dan kalau ngerasa produktif di salah satunya, pernah gak ngebalik waktu produktinya? Misal yang tadinya lebih fresh di pagi hari, pindah ke malam hari apakah jadi less productive? Dan ada tips untuk tidur cepat lainnya kah selain baca buku berat sebelum tidur?

About Adam Ardisasmita (1246 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: