Iklan
My Journal

Resolusi 2017 dan 8 Tahun Ngeblog

Bulan Januari sudah memasuki akhir tapi saya baru sempat post resolusi tahun 2017 sekarang :p Tapi gak masalah, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Awal tahun ini biasanya waktu yang paling tepat untuk membuat milestone baru dan target yang ingin kita capai dalam jangka panjang (satu tahun). Tak hanya itu, awal tahun merupakan milestone saya dalam menulis di blog.

Tahun ini merupakan tahun ke-8 saya menjadi blogger. Tahun 2016 yang lalu saya sempet terbagi fokus dengan blog lain dan juga vlog sehingga mungkin frekuensi ngeblog di sini jadi berkurang. Lalu beberapa bulan ke belakang saya juga mengalami kemunduran dari sisi produktifitas menulis dikarenakan banyak kesibukan lainnya. Tapi saya yakin sih di tahun ini bisa lebih memperbaiki habit lagi, apalagi saya juga sudah mulai menentukan fokus yang lebih tajam agar semua target saya tercapai dengan baik.

baca juga : 7 Tahun Ngeblog dan Mari Set Target Di Tahun 2016

Ngomong-ngomong tentang habit, ada tiga resolusi tahun 2017 yang berhubungan dengan habit atau kebiasaan. Untuk mengubah kebiasaan bukanlah hal yang mudah. Tapi kalau kita tahu bagaimana kebiasaan itu terbentuk, kita tahu bagaimana cara untuk mengubahnya. Kebetulan saya sedang membaca sebuah buku tentang habit yang mungkin nanti akan saya share juga resensinya di sini :). Singkat cerita, untuk membuat kebiasaan baru kita harus membuat kondisi atau trigger khusus. Nah ini dia tiga tools pendukung sebagai trigger yang saya coba hadirkan untuk memluai resolusi kebiasaan baru di tahun 2017 yang lebih baik lagi.

Habit 1: Lebih Efektif Bekerja

20161226220641

Saya ingin meningkatkan efektivitas dalam bekerja lebih lagi di tahun ini. Ada banyak hal yang ingin saya tingkatkan, mulai dari mengurangi tingkat distraksi ketika sedang bekerja hingga meningkatkan waktu efektif saya bekerja. Berhubung pekerjaan saya sebagian besar di depan komputer, maka saya harus mempersiapkan sebuah kondisi yang akan menjadi trigger untuk saya bisa fokus bekerja.

Pekerjaan utama saya adalah bertanggung jawab terhadap business development di Arsanesia yang banyak membutuhkan waktu untuk riset, membuat plan, presentasi, dan juga masih ikut coding untuk beberapa game Arsanesia atau Arsa Kids. Selain itu masih ada juga beberapa kerjaan sampingan seperti membuat materi tutorial pemrograman hingga blogging. Saya ingin produktivitas tersebut bisa meningkat sehingga saya berinvestasi kepada tools pendukung sebagai trigger.

baca juga : Refocus

Konon bagi seorang programmer, investasi yang cukup berharga untuk meningkatkan produktivitas adalah kursi. Logis sih, karena sebagian besar waktu dihabiskan duduk di depan laptop, maka kursi menjadi sesuatu yang cukup penting untuk meningkatkan kenyamanan dan durasi duduk untuk bekerja. Untuk itu saya coba berinvestasi di kursi kerja yang harganya cukup lumayan demi meningkatkan produktivitas dan juga sebagai trigger untuk memulai habit baru yang lebih baik lagi.

Habit 2: Banyak Membaca

20161226220753

Saya merasa tingkat literasi saya cukup rendah. Kalau baca komik sih semangat yah. Tapi kalau urusan baca tulisan yang cukup panjang seperti novel atau buku literatur, saya cenderung masih sangat kurang. Pernah pertengahan tahun 2016 saya coba memaksa diri untuk membaca lagi tapi yang terjadi satu buku saya butuh 1-2 bulan untuk membacanya. Padahal saya sangat menyadari bahwa membaca itu sangatlah penting.

Saya bisa merasakan ketika ngobrol dan berdiskusi dengan teman-teman yang punya literasi yang kuat, mindset mereka jauh lebih terbuka dan memiliki knowledge yang sangat kaya. Bagi saya yang berkarir di jalur entrepeneur begini, rasanya tidak memiliki modal literasi sama saja dengan bunuh diri pelan-pelan.

baca juga : [Review] Meningkatkan Produktivitas Membaca Dengan Kindle Paperwhite

Untuk menjadi trigger saya agar memulai membaca dan meningkatkan produktivitas, saya berinvestasi untuk membeli sebuah tools pendukung. Saya membeli Kindle ebbok reader buatan Amazon karena saya merasa banyak sekali keuntungan membaca via ereader. Dan efek ebook reader ini bener-bener kerasa. Saya dalam sebulan bisa menghabiskan 4 buku, mungkin bisa lebih kalau gak terbentur harga buku yang cukup mahal :p Saya targetkan satu tahun ini saya membaca 24 buku.

Habit 3: Olahraga

picture-2

Dua tahun yang lalu saya sempat mengalami masalah kesehatan. Lalu di periode waktu tersebut, saya memutuskan untuk mengubah pola diet saya demi menjaga kondisi tubuh. Efeknya langsung terasa, setelah sekitar 3-4 bulan, kondisi tubuh saya mulai membaik. Terutama dari sisi tingkat kolesterol yang dulu sempat melebihi batas.

Namun ternyata hanya menjaga asupan gizi saja tidak cukup. Ada satu lagi kegiatan penting yang harus dilakukan tapi tidak pernah saya lakukan yakni berolahraga. Saya orangnya sangat malas bergerak dan bukan orang outdoor sehingga frekuensi saya berolahraga dalam satu tahun mungkin bisa dihitung jari. Sudah gitu, aktivitas saya juga tidak membutuhkan banyak pergerakan.

baca juga : Menjaga Pola Hidup Sehat

Hasilnya adalah hampir tiap bulan saya selalu sakit. Dan kalau udah sakit kayak batuk atau pilek, itu bisa lama banget gak sembuh-sembuh. Dulu mungkin gak papa ya, klo sakit saya ini yang sakit. Kalau sekarang saya sakit, yang ada nularin anak saya nanti. Jadilah tahun ini saya mentrigger dengan memaksakan diri untuk daftar membership di gym. Harapannya sih dengan udah bayar harga yang tidak sedikit itu, saya jadi semakin termotivasi untuk menjaga kesehatan.


Itu tadi tiga resolusi terkait dengan kebiasaan baru yang ingin saya bentuk di tahun 2017 ini. Dan spesifik untuk ngeblog, semoga dengan habit bekerja yang lebih produktif dan efektif, kuantitas dan kualitas tulisan (juga vlog) bisa meningkat. Amin 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: