Iklan
My Journal

Kehilangan Momentum

Untuk bisa konsisten dalam melakukan suatu hal merupakan sebuah tantangan. Memulai sesuatu itu mudah, menjaganya agar konsisten yang susah. Saya memiliki sebuah rutinitas yang saya jaga agar bisa konsisten dilakukan tiap hari atau tiap minggunya.

Saya merutinkan untuk menulis blog setiap hari. Tak hanya blog pribadi, saya juga biasa menulis review game di Dailysocial. Lalu baru-baru ini saya juga sempat membuat daily vlog yang saya edit setiap malam. Seminggu sekali saya buat tutorial Unity. Rangkaian rutinitas itu secara disiplin saya jaga.

baca juga : Tips Menjaga Konsistensi Terhadap Kebiasaan Baru

Sebisa mungkin, tidak pernah bolong. Kalau terpaksa bolong pun tidak boleh dalam waktu yang lama. Dan sayangnya, Februari kemarin saya termakan kesibukan untuk launching Arsa Kids. Sampai pertengahan Maret ini juga work load yang sedang dijalani cukup banyak. Dan kesalahan saya adalah membiarkan diri untuk tidak melakukan rutinitas saya tersebut.

Alhasil yang terjadi adalah saya kehilangan momentum. Momentum ini yang penting untuk menjaga konsistensi. Ibarat mendorong mobil, gaya yang kita berikan di awal pasti sangat besar hingga mobil mulai bergerak. Lalu ketika mobil sudah melaju, momentum mobil membuat usaha yang kita perlu berikan lebih ringan. Atau kita bisa memberikan gaya yang sama yang akan membuat kecepatan mobil bertambah cepat.

baca juga : Tantangan Dalam Membuat Video Tutorial

Kemarin karena momentum yang hilang itu, blog saya sempat kosong beberapa hari. Tulisan di Dailysocial juga berkurang kuantitasnya. Vlog tidak ada yang baru. Dan tutorial juga masih kosong. Untuk memulai kembali rutinitas ini tidaklah mudah. Gaya yang harus saya berikan agar bisa membangun momentum cukup besar. Apalagi pekerjaan saya hari ini juga tidak jauh lebih ringan dari hari yang lalu. Tapi ini harus dilakukan.

Semoga pelan-pelan bisa membangun momentum lagi. Memulai semua dari nol hingga akhirnya bisa kembali konsisten. Jadi buat kamu yang mungkin menunggu tulisan atau vlog atau tutorial saya berikutnya (kepedean banget :p), i’m back 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Kehilangan Momentum

  1. bener dam.. Koefisien gesek statis lebih besar daripada koefisien gesek kinetis.. haha

    Suka

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Passion Saja Tidak Cukup – Ardisaz
  2. Asah Konsistensi Menulis Dalam Program #JuliNgeblog – Ardisaz
  3. Berhasil Menyelesaikan #JuliNgeblog – Ardisaz
  4. Refocus – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: