Iklan
My Journal

Asah Konsistensi Menulis Dalam Program #JuliNgeblog

Beberapa teman di circle saya belakangan mulai aktif ngeblog. Gak hanya itu, hashtag #juliNgeblog jadi saya sering lihat berseliweran di sosial media. Ada apakah ini gerangan? Ternyata ada sebuah movement yang diinisiasi oleh blogger bernama Nita Sellya yang berjudul #juliNgeblog.

Singkatnya, dalam gerakan ini, kita dipaksa untuk selama sebulan nulis blog setiap hari. Tentu bagi sebagian besar ini berat. Tapi dengan menjadikan ini movement, kita akan termotivasi lebih besar untuk bisa rutin menulis. Kalau kamu merasa blog kamu sepi, kosong, dan banyak sarang laba-labanya, ini adalah moment yang tepat untuk membangun momentum baru.

baca juga : Tulisan ke-1.000

Kalau kamu bisa melewati satu haru satu post selama sebulan penuh, bulan berikutnya kalau mau bikin target satu post seminggu akan lebih mudah. Dulu saya ingat sekali demi bisa membuat tulisan di blog rutin tiap hari, saya selama tiga bulan berturut-turut menulis tiga postingan perhari. Yup, kamu gak salah baca. Tiga post dalam satu hari selama tiga bulan. Tapi semenjak itu, saya jadi merasa mudah untuk menulis satu artikel tiap harinya. Tidak hanya itu, kemampuan time management skill saya juga meningkat drastis. Hehehe

Jadi bagi kamu yang punya blog, yuk gunakan movement ini untuk membangun momentum untuk menulis. Paksa diri kamu untuk menulis apapun itu di dalam blog. Gak usah takut tulisannya jelek, gak usah takut tulisannya kependekan, gak usah takut bakal dibanding-bandingin sama blogger lain. Dan yang paling penting, jangan berhenti menulis satu hari pun. Kalau sudah lewat satu hari aja, bakal restart lagi momentum menulis kamu.

baca juga : Fenomena “Sapu-Sapu Blog Dari Sarang Laba-Laba”

Biasanya kendala yang terbesar adalah bingung nulis apa. Salah satu tips dari saya, selalu peka terhadap sekitar kamu dan catat apapun ide menarik yang bisa datang kapan pun. Ketika nyetir ngeliat ada angkot ngetem, itu bisa jadi tema tulisan. Ketika mesen gojek terus ternyata error, itu bisa jadi tema tulisan. Ketika makan di restoran ternyata menunya gak keluar-keluar, itu bisa juga jadi tema tulisan. Kalau bisa sehari kita nulis tema tulisan 2-3 topik yang mana gak harus semuanya jadi tulisan. Tapi ketika sudah saatnya menulis (biasanya saya di malam hari), bisa lebih gampang sortir topik untuk ditulis. Saya saat ini ada puluhan (mungkin sudah ratusan) topik yang menunggu untuk ditulis hahaha beberapa tentu sudah tidak akurat dari sisi timeline kejadian jadi tidak akan saya tulis.

baca juga : Kehilangan Momentum

Yuk kita mulai gerakan #juliNgeblog bareng-bareng. Saya juga tertarik untuk blog walking nih. Jadi klo kamu mau ikut movement ini, boleh dong tinggalkan alamat blog kamu di bagian komentar yah. Nanti saya cek tiap hari :p Ini juga jadi motivasi untuk saya agar gak keteteran juga nulis blog tiap hari hahahaha

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

5 Comments on Asah Konsistensi Menulis Dalam Program #JuliNgeblog

  1. Wah bagus nih, gue juga kadang kepikiran banyak tema buat dijadiin tulisan. Udah dicatat juga, tapi ujung2nya ga ditulis dan keburu basi. Hmm, masih susah bagi waktu dengan aktivitas lain.

    Suka

  2. Wow sehari 3 post! Saya jadi kepikiran menurut bang Ardi dalam blog views/visitor blog itu penting gak sih? Atau yg penting nulis aja tiap hari…

    Suka

    • Iya, tapi itu cuma untuk 3 bulan aja. Setelah itu 1 post aja 🙂
      Tergantung tujuan blog kamu yah. Kalau misalkan kamu ingin jadi full time blogger, views dan visitor jadi penting buat kamu karena disitulah sumber pendapatan kamu. Tapi kalau kayak saya yang hanya hobi menulis, gak penting-penting amat sih. Cuma sih klo dari yang saya perhatiin, konsistensi menulis berbanding lurus kok dengan views dan visitor 🙂

      Suka

  3. Oh maksudnya Juli ngeblog ini yak.. tiap hari minimal satu postingan.

    Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Positioning Blog Terkait Konten Teknikal – Ardisaz
  2. Berhasil Menyelesaikan #JuliNgeblog – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: