Iklan
My Journal

Berhasil Menyelesaikan #JuliNgeblog

Bulan Juli ini saya menemukan sebuah gerakan menarik yakni #juliNgeblog. Program ini adalah sebuah gerakan sederhana untuk mengajak para blogger kembali konsisten menulis, setidaknya selama satu bulan. Saya dulu dalam satu hari bisa menulis lebih dari 2 artikel secara konsisten. Tapi semenjak kesibukan yang bertambah padat, saya kehilangan momentum dan keteteran. Dua tiga bulan ke belakang frekuensi ngeblog saya turun drastis.

Untung sekali ada program #juliNgeblog sehiggga ada yang memaksa saya untuk membangun momentum. Iya, walaupun saya suka nulis, butuh juga kedisiplinan untuk menjaga konsistensi kita. Karena gimanapun juga, hobi pasti akan kalah dengan pekerjaan. Dan se-passion-passion-nya kita dengan sesuatu, pasti akan ada titik jenuhnya. Mereka yang sukses membuat passionnya menjadi sesuatu yang besar adalah yang bisa melalui berbagai fase naik turun tapi tetap konsisten. Banyak sekali orang sukses yang saya kenal memiliki etos kerja seperti itu.

baca juga : Asah Konsistensi Menulis Dalam Program #JuliNgeblog

Dan bagi saya, ngeblog ini juga merupakan hobi yang ingin saya tekuni dengan serius. Jika ingin bisa memberikan impact positif, konsisten dan constant innovation itu adalah kunci. Kalau belum bisa membuat inovasi, setidaknya sekarang konsisten dulu deh 🙂 hehehe Program #juliNgeblog sukses membuat saya kembali konsisten nulis selama bulan Juli. Ada sih satu hari yang bolong di awal-awal, tapi itu waktu belum meniatkan untuk berpartisipasi dalam #juliNgeblog ini. Yang penting bukan gimana kita memulai kan, tapi bagaimana kita mengakhirinya 🙂

Dorongan dan disiplin yang saya tanamkan sendiri ke dalam program #juliNgeblog ini gak main-main loh. Saya melewati kesibukan yang sama dengan bulan-bulan sebelumnya. Bedanya, saya dulu selalu membuat excuse untuk tidak ngeblog, tapi kali ini saya selalu mencari cara untuk ngeblog. Makanya beberapa blog baru bisa saya publish jam 10 malam, itu karena emang baru sempet jam segitu. Saya luangkan waktu ngeblog di lobi waktu nunggu gojek, ngeblog di bandara waktu nunggu penerbangan berikutnya, ngeblog di sebelum tidur padahal seharian udah capek banget, intinya berbagai kondisi saya paksakan ngeblog demi konsistensi. Dan ketika di akhir bisa melihat hasilnya bulan Juli ini hanya bolong satu, wow, saya bener-bener merasa puas.

baca juga : Kehilangan Momentum

Dan yang tidak kalah susah dari membangun kembali momentum adalah menjaga momentum tersebut. Saat ini saya akan terus coba untuk menjaga satu tulisan perhari. Oh ya, saya juga sedang membangun momentum untuk terus ngevlog dengan durasi 1 minggu sekali. Tinggal video tutorial nih yang belum bisa dirutinkan hehehe. Tapi gak papa, perlahan saja, toh semua ini hanya hobi dan bagian dari refreshing aja kok. Jadi tentunya saya akan mendahulukan priotas utama dan tanggung jawab saya lainnya yang lebih penting

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

4 Comments on Berhasil Menyelesaikan #JuliNgeblog

  1. Selamat!

    Hebat bisa konsisten.

    Suka

  2. Selamat. Seru yah. Saya juga ikut tuh tantangan #JuliNgeblog. Kelewat 2 hari, tgl 1 dan 30. Yawda gpp. Seneng aja bisa konsisten…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: