My Journal

Tulisan ke-1.000

Tidak terasa, sampai juga blog ini pada tulisan ke-1000. Sedikit kilas balik, blog ini pertama dibuat pada tanggal 31 Desember 2008. Saya masih ingat menulis postingan pertama saya di malam tahun baru. Tapi saya tidak begitu ingat apa yang memotivasi saya untuk membuat blog saat itu. Yang jelas memang saya punya passion yang besar terhadap dunia jurnalistik semenjak SMP dan blog bisa menjadi media yang tepat untuk saya bisa menyalurkan passion tersebut.

1000 postingan yang lalu, sama sekali tidak terbayang bahwa blog ini bisa memberi manfaat dan dibaca oleh orang banyak. Satu juta view yang saya dapat beberapa bulan lalu jelas saja merupakan sesuatu yang mengejutkan. Lalu sempat juga mengalami ganti tampilan di blog beberapa kali. Saya sendiri berevolusi secara kualitas tulisan maupun kuantitasnya. Yang paling berasa tentu kuantitas.

baca juga: Tips Menulis Blog

Dulu, paling posting di blog hanya kalau mood. Kadang seminggu nulis tiap hari, abis itu kosong sebulan-dua bulan. Hingga tahun lalu saya membuat sebuah program pemaksaan untuk menulis. Saya memaksa diri saya sendiri untuk membuat tiga tulisan perhari. Hal itu saya lakukan secara konsisten selama 3 bulan berturut-turut. Konon katanya suatu hal baru yang dilakukan secara rutin selama tiga bulan, akan menjadi kebiasaan.

Setelah tiga bulan terlewati, saya kurangi jumlah postingannya menjadi satu tulisan perhari. Setelah melewati tiga bulan tiga tulisan perhari, satu tulisan perhari menjadi sangat mudah. Semenjak itulah saya bisa rutin (hampir) setiap hari menulis di blog ini. Ditambah lagi saya juga harus menulis di Trenologi dan di Dicoding. Belum lagi kerjaan-kerjaan saya di Arsanesia yang membutuhkan fokus tinggi.

baca juga: Kondisi Ideal Untuk Ngeblog

Andai dari hari pertama saya menulis bisa menghasilkan 1 tulisan perhari, harusnya hari ini sudah ada 2.000-an tulisan di blog saya. Tapi tidak apa-apa, ini bagian dari pembelajaran agar bisa melatih konsistensi. Setidaknya tercapai juga milestone 1000 tulisan. Jadi pesan buat kamu yang juga sedang merintis blog, tetap semangat walaupun masih tidak rutin menulisnya. Saya juga pernah mengalami fase yang sama dimana blognya berdebu dan penuh sarang laba-laba :p Yang penting terus kembangkan diri agar bisa konsisten menghadirkan tulisan yang bermanfaat 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

11 Comments on Tulisan ke-1.000

  1. Setuju, kalo yang namanya konsistensi itu yang paling sulit. But thanks for the inspiration dam!

    Suka

  2. Wowww. 1000 tulisan dg sejuta views. Mantap mas.

    Suka

  3. Selamat untuk tulisannya yg ke seribu dam! Semoga tulisan2 d blognya makin menginspirasi dan bermanfaat bagi banyak orang 😎
    Maju terus Ardisaz!

    Suka

  4. Selamat. Ini juga sudah oke rada konsisten menulis.

    Suka

  5. Idem.. 1 tahun saya berenti nulis. Baru kali ini saya rutin tiao hari..baru sadar ya. Rutinitas itu membuahkan banyak rejeki om.hehehe…

    Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Satu Juta Page View Dalam Satu Tahun | Ardisaz
  2. Asah Konsistensi Menulis Dalam Program #JuliNgeblog – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: