Iklan
My Journal

[Teaser] [Game] Juki the Scavenger, Kolaborasi Game Developer dan Komikus Lokal

Teaser Game Kolaborasi Arsanesia dan Si Juki

Teaser Game Kolaborasi Arsanesia dan Si Juki

Kalau masih ingat tentang postingan saya tentang industri kreatif kita yang sedang dijajah (link di sini), salah satu poin penting untuk bisa membangkitkan industri kita adalah dengan berkolaborasi. Sulit bagi kita untuk bisa bersaing dan maju kalau kita yang masih kecil ini udah saling gontok-gontokan atau gerak sendiri-sendiri. Untuk itu, Arsanesia mencoba untuk berkolaborasi dengan salah satu komikus andal di Indonesia untuk membangkitkan karakter “Si Juki.”

Si Juki adalah karakter fiktif buatan komikus Indonesia muda berbakat yang bernama Fazameonk. Si Juki rajin muncul dalam komik strip di sosial media, sering membuat komik interaktif di facebook, dan sudah nongol di gramedia beberapa kali. Di facebook, fanpagenya sudah hampir menyentuh angka 90.000 likes (bisa cek di sini). Tapi itu saja tidak cukup, komik Indonesia masih tidak dihargai di toko buku, kalah sama komik-komik dari Jepang. Tentu kita gak ingin Si Juki ini ujung-ujungnya nongol jadi karakter dari negara tetangga kan? Oleh karena itu, dengan niat untuk memajukan industri kreatif di Indonesia, Arsanesia berusaha untuk membantu mengangkat popularitas dan memperkenalkan kepada masyarakat bahwa ada karakter buatan lokal yang memiliki konten yang menarik dan harus kita dukung.

Sesungguhnya banyak loh produk karya kita yang berpotensi, tapi memang banyak yang masih kurang matang dari segi kualitas maupun packaging. Untuk bisa menyempurnakan produk-produk tersebut, dibutuhkan dana yang sangat besar. Akan tetapi, kreator lokal kita banyak yang tidak memiliki biaya untuk pengembangan tersebut. Untuk bisa mencari investor atau sponsor, banyak yang masih belum percaya dengan potensi yang kita miliki. Kebanyakan penyokong finansial tersebut maunya menyuntikan dana ke produk yang sudah matang sehingga akhirnya memprioritaskan kreator asing yang lebih berpengalaman dan matang. Lingkaran setan tersebut harus diputus, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas produk kita, walaupun dengan dana yang minim. Caranya adalah dengan kolaborasi. Talent-talent hebat di Indonesia, jika bekerja bersama, maka akan menghasilkan produk yang memiliki impact lebih hebat dibandingkan jika masing-masing bergerak sendiri. Project kerja sama Arsanesia-Si Juki ini, selain untuk mengangkat konten lokal, juga diharapkan dapat menjadi trigger agar lebih banyak lagi kreator lokal kita yang saling kolaborasi untuk menghidupkan industri kreatif kita.

Mengenai game-nya nanti seperti apa, tungguin aja pengumumannya di acara PopCon Asia, Jumat 5 Juli 2013 jam 17:00 WIB. Silahkan liat posternya di bawah ini 🙂

999308_538552556182233_680847917_n

Iklan
About Adam Ardisasmita (1125 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: