My Journal

Menjadi Penulis di Dicoding

Sepertinya menulis sudah menjadi candu untuk saya. Hobi yang saya mulai semenjak saya SMP ini semakin hari semakin berkembang. Selain dari kualitas dan kuantitas tulisan juga pengunjung di blog ardisaz.com yang terus tumbuh, saya juga akhir tahun lalu turut menjadi kontributor di media teknologi yang sudah populer di Indonesia yakni Trenologi.com (baca tulisan saya tentang menjadi penulis di Trenologi di link ini).

Di samping kesibukan saya di Arsanesia membuat games, waktu luang saya memang sering saya habiskan untuk menulis. Dan kali ini, saya mendapatkan tawaran untuk turut bergabung menjadi penulis di sebuah situs untuk para developer bernama Dicoding. Bagi yang belum tahu, Dicoding adalah hub bagi para pembuat games atau aplikasi mobile di Indonesia. Di sana, para developer bisa mengikuti kompetisi dan mendapatkan rewards.

Ada banyak sekali karya-karya hebat yang ternyata dibuat oleh developer dari Indonesia. Posisi saya di Dicoding adalah untuk mempublikasikan aplikasi dan game yang ada di Dicoding kepada masyarakat luas, khususnya pada para Developer. Di Trenologi.com tulisan yang saya buat ditargetkan untuk masyarakat umum, sehingga kontennya lebih general. Kalau di Dicoding, target pembacanya adalah para Developer sehingga akan juga menyentuh sisi development dan teknikal dari aplikasi atau game yang saya review.

Harapannya sih dengan ulasan tersebut, developer yang ada di Indonesia bisa terinspirasi dan bisa belajar dari pengalaman developer lainnya. Tidak hanya mempromosikan aplikasi atau game yang ditulis, tapi juga menjadi sarana berbagi bagi developer lainnya.

Tantangannya tentu adalah di management waktu. Tentu porsi dan prioritas untuk pekerjaan utama saya di Arsanesia tidak bisa diganggu. Yang ada tinggal membagi waktu luang yang tersisa untuk menulis di waktu kosong tersebut. Saya dulu pernah test drive, dalam sehari saya bisa membuat tiga artikel secara konstan 3 bulan berturut-turut. Artinya sih harusnya tidak ada masalah dengan proporsi yang saya harus bagi saat ini. Bahkan sebenernya masih bisa nambah 1-2 porsi lagi untuk menulis di tempat lain 😀 #kode

Yang mau baca2 tulisan saya di Dicoding, bisa cek link ini.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Menjadi Penulis di Dicoding

  1. Wah mantap sekali manajemen waktunya. Salut bisa menulis konsisten.

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Tulisan ke-1.000 | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: