My Journal

Satu Juta Page View Dalam Satu Tahun

Halo para pembaca setia semuanya. Malam kemarin saya dikagetkan oleh statistik dashboard di blog saya. Bagi yang ingat, saya di awal tahun pernah menargetkan untuk bisa mendapatkan 1 juta page view di ardisaz.com pada tahun 2015. Satu juta ini akumulatif dari postingan pertama saya di tahun 2008. Ternyata, di pertengahan tahun target tersebut (tiba-tiba) sudah tercapai.

baca juga: Wow! Sampai Juga 1.000.000 Hits

Nah berhubung target sudah tercapai, saya santai-santai aja dong. Tinggal mikir untuk tetep fokus dan konsisten memberikan tulisan berkualitas dan enak dibaca di blog ini. Eh tahun 2015 belum berakhir, ternyata setengah tahun kemudian page view saya untuk tahun 2015 saja mencapai 1jt. Sejujurnya saya super duper gak nyangka karena tahun lalu saja total page view-nya hanya 270rb-an.

Saya coba analisis, ternyata postingan yang paling banyak dibaca justru postingan di tahun 2014. Tahun lalu adalah tahun dimana saya menargetkan untuk bisa menulis dengan konsisten hingga tiga postingan perhari. Tercatat ada 308 postingan yang di-publish di 2014. Artinya klo setahun 356 hari, saya cuma bolong 48 tulisan. Angka yang jauh dibandingkan di tahun 2013 yang hanya 162 tulisan. Tahun ini pun tulisan saya juga tidak sebanyak tahun 2014. Tapi sepertinya konsistensi yang dilakukan dari tahun-tahun sebelumnya membuat blog ini memiliki traffic yang semakin besar.

baca juga : Tulisan ke-1.000

Poin menarik yang bisa diambil adalah kesuksesan merupakan buah dari konsistensi dan kerja keras. Walaupun saya gak menganggap page view di blog ini sebagai indikator kesuksean yah, tapi dalam hal apapun, rasanya orang yang akan berhasil adalah orang yang tekun dan ulet dalam menjalankan pekerjaannya (nulis blog juga bukan pekerjaan utama saya sih :p malah cenderung hobi). Tak hanya itu, kita juga harus terus belajar dan meningkatkan kualitas dari pekerjaan kita. Kalau dalam kasus blog ardisaz.com, kualitas tulisan, cara penyajian, dan effort yang dikerahkan untuk post di blog ini jauh lebih besar dibandingkan awal-awal saya menulis blog. Jadi tidak hanya kita konsisten melakukan sesuatu, tapi juga harus diimbangin dengan keinginan untuk terus belajar dan berkembang.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi para blogger yang masih ragu untuk menulis atau sedih karena postingannya gak ada yang baca. Tak usah berkecil hati karena semua ada prosesnya. Tahun pertama saya ngeblog (2008) cuma ada 14 page view kok dalam satu tahun :p Kalau ngerasa kok susah konsisten, juga jangan ragu. Tahun 2010 juga saya hanya ngeblog 33 kali dalam setahun. Jadi keep walking aja 🙂 Naik turun itu biasa, wajar kok, yang penting ketika turun, kita bisa bangkit lagi.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

7 Comments on Satu Juta Page View Dalam Satu Tahun

  1. Halo mas Adam, gimana sih nge-organize topic blog kita? saya sering kesulitan buat ngatur ini. Hahaha..

    Suka

  2. Super banget nih ka adam 🙂
    btw saya juga baru memulai nih menulis di blog, yang tadinya masih suka nulis nulis di buku alay diary saya, berkat informasi yang didapat akhirnya saya memutuskan untuk menulis di blog, selain bisa sharing tentang tulisan saya juga bisa menambah wawasan untuk setiap konten yang saya bahas 🙂
    salam kenal ka adam dari Asep Nur Muhammad
    berkunjung ya ke blog saya Asepnur.com
    makasih 🙂

    Suka

  3. hebat ardi satu tahun aja dapat view satu juta

    Suka

  4. mantab mas, lanjutkan terus. ditunggu posting2 keren lainnya

    Tempat download & streaming asik check this out

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. 7 Tahun Ngeblog | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: