Iklan
My Journal

Arsa Kids Menjuarai Kompetisi VR Challenge Yang Diadakan Oleh Lenovo

Seperti yang pernah saya bahasa sebelumnya, TKDN saat ini tengah menjadi concern dari para perusahaan smartphone di dunia yang ingin memasukan produknya ke Indonesia. Beberapa perusahaan sudah mampu memberikan TKDN dari sisi hardware hingga membuat pabrik perakitan di Indonesia. Namun terdapat proporsi software juga yang bisa dimasukan menjadi komponen TKDN. Untuk itu, para produsen smartphone perlu merangkul developer agar bisa bekerja sama mengembangkan konten berkualitas untuk para penggunanya.

baca juga : Mengharapkan TKDN Untuk Aplikasi Mobile

Lenovo adalah salah satu perusahaan yang memberikan angin segar dengan melakukan kerja sama dengan developer lokal untuk mengembangkan konten. Dalam peluncuran produk terbarunya, Lenovo Vibe K4 Note, unsur Virtual Reality menjadi komponen utama yang dikedepankan. Untuk itu, Lenovo mencoba mengajak developer lokal untuk mengembangkan konten berbasis VR. Melalui bantuan Dicoding, Lenovo sukses mengumpulkan puluhan karya.

Angka puluhan itu sebenernya sedikit untuk standar Dicoding. Tapi tunggu sampai tahu bahwa kompetisi ini hanya memiliki waktu kurang dari sebulan untuk dikerjakan. Artinya developer yang tergabung di dalam Dicoding hanya punya waktu sedikit sekali untuk eksplorasi VR dan membuat game VR berkualitas. Jadi angka tersebut menjadi banyak jika dibandingkan dengan durasi pengerjaannya.

baca juga : Tentang Arsa Kids, Pendidikan dan Teknologi

Arsa Kids sendiri mencoba untuk berpartisipasi. Kebetulan di H-11 menjelang deadline, saya diundang menjadi pembicara di Bandung untuk share tentang VR di Dicoding Space. Setelah itu, besokannya saya iseng ngajak temen2 di Arsa Kids untuk bikin konten edukasi menggunakan VR dengan waktu tinggal 10 hari lagi. Setelah diskusi dan ngonsep, akhirnya dalam waktu seminggu, kami berhasil mengembangkan game berjudul Stellarity. Belajar mencocokan pola rasi bintang di langit menggunakan virtual reality.

Melihat waktu yang sedikit ini, kami merasa harusnya bisa deliver game yang lebih polish. Tidak ada harapan untuk menang. Hanya dengan berhasil eksplorasi VR menggunakan aset gambar 2D saja sudah senang karena bisa berkarya menggunakan teknologi baru. Eh tapi ternyata game Stellarity diumumkan sebagai juara, bersama dengan game ojek karya Solite Studio dan Terkunci karya Agate Jogja. Kami bertiga diundang diacara launching event Lenovo untuk memamerkan karya kami dan diajak naik ke panggung untuk mendapatkan hadiah berupa point Dicoding dan juga handphone Lenovonya.

Bagi saya, momen ini cukup berharga bukan karena hadiahnya tapi karena fakta bahwa kami bisa membuat game memanfaatkan teknologi baru dalam waktu singkat. Proyek ini pun menjadi pilot proyek dari game designer kami yang baru bergabung bersama kami (sebelumnya di Gameloft). Baru gabung belum ada seminggu, tiba-tiba diajak ngegame jam bikin proyek VR, eksperimental bikin pakai aset 2D, eh jadi, eh menang. Tentu ini menjadi steping stone yang bagus juga untuk Arsa Kids ke depannya.

baca juga : Membuat Virtual Reality Menjadi Mainstream di Masyarakat

Harapan saya terkait kompetisi ini adalah ke depan tidak hanya kerja sama mengembangkan konten, tapi bisa ada support berupa preload di dalam handphone yang berisikan konten lokal. Menurut saya preload ini sangat bermanfaat bagi developer lokal untuk bisa mendistribusikan karyanya. Mari kita berdoa Lenovo bisa mempelopori preload konten lokal dan gerakan ini bisa diikuti oleh produsen smartphone lainnya.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Arsa Kids Menjuarai Kompetisi VR Challenge Yang Diadakan Oleh Lenovo

  1. Wow congrats bro!

    Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Makna Kemenangan Arsa Kids Pada Ajang Compfest 8 – Ardisaz
  2. Kilas Balik Satu Tahun Arsa Kids – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: