My Journal

Mencari Kamera Untuk Vlog

Sudah beberapa hari ini belum upload video lagi nih di channel youtube. Selain karena minggu kemaren yang lagi super padet nyiapin release Arsa Kids, problem kamera adalah salah satunya. Saya termasuk yang percaya bahwa yang terpenting adalah konten, tools atau gear hanya sebagai nilai tambah. Jadi saya sebenernya gak ada keharusan pakai kamera yang super mahal atau gimana untuk membuat konten.

Nah masalahnya, selama ini tuh saya pakai kamera HP. Problemnya, pertama flow untuk dari HP ke recording ini cukup panjang. Buka lock screen dulu, buka apps kamera dulu, loading agak lama, baru masuk ke menu camera. Ada short cut di oneplus buat buka kamera, tinggal gambar lingkaran di layar, tapi ini juga prosesnya lama. Alhasil banyak momen yang miss atau jadi males caputre footage. Gak hanya itu, ada problem teknis lainnya kayak batre yang jadi cepet terkuras, lagi ngerekam ada suara notifikasi masuk, posisi mic yang sering ketutup tangan, dan lain sebagainya.

baca juga : Tips Memilih Gadget

Untuk itu, saya jadi harus cari kamera yang bisa dipakai untuk vlog. Dan balik lagi, karena prinsipnya bagi saya gear hanya support, saya gak tertarik nyari kamera yang harganya terlalu mahal. Saya lalu riset juga di youtube, para vlogger ini pakai kamera apa sih? Ternyata yang mereka pakai juga kamera yang mostly gak begitu mahal. It’s Judy Time, Daily Bumps, dan beberapa Youtubers lain banyak yang pakai Canon Powershoot S120. Bahkan sudah bertahun-tahun (dan sampai sekarang) masih pakai itu. Ada beberapa yang upgrade ke yang agak mahal sih jadi Canon G7X.

Si Canon Powershoot S120 ini jadi favorit para vlogger karena beberapa fitur yang sangat cocok untuk daily vlogger. Misalnya auto focus yang cepat, lensa yang wide, ada image stabilization, hingga kualitas audio yang oke. S120 ini juga terkenal tahan banting, jadi aman digunakan untuk berbagai kondisi. Mereka yang upgrade ke G7X karena mengincar layar LCD yang bisa diputar 180 derajat. Tapi minusnya si G7X ini auto focusnya agak lambat dan posisi mic-nya agak kurang pas sehingga sering ketutup tangan.

baca juga : [VERSUS] Pilih Mirrorless atau DSLR?

Permasalahan berikutnya adalah, susah banget cari si Canon Powershoot S120 ini di Indonesia -_-a Emang produk lama sih dan gak tau sempet masuk ke Indonesia atau enggak. Malah pengennya cari yang second aja sih, toh cuma buat nge-vlog kan. Si S120 ini klo baru 4jtan, si G7X klo baru 6jtan. Yang S120 second ada yang jual range 2,5jt-3,5jt. Tapi sayangnya tiap nemu yang jual second, pasti gak lama sold out 😥 #belumJodoh. Jadi maafkan saya kalau selama belum punya kamera, videonya belum bisa sering2 diupload yah. But i’ll try my best using my smartphone 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

4 Comments on Mencari Kamera Untuk Vlog

  1. Canon Powershoot S120 emang oke punya. Saya juga pengen memiliki. Saya merasa banyak momen bagus yang bisa didokumentasikan ditempat saya gawe sekarang.

    Suka

  2. Kamera smartphone juga gak masalah kan yaa ? asal mumpuni juga sih resolusinya 😀

    Download/Watch San Andreas (2015)

    Suka

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. [Impresi] Canon Mengupdate Dua Lini Kamera Favorit Youtuber – Ardisaz
  2. Kemunduran Teknologi Pada Smartphone – Ardisaz
  3. Update Channel Youtube Vlog Supercoollife – Ardisaz
  4. Mengaktifkan Channel Youtube Ardisaz – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: