Iklan
My Journal

Gerakan Sembur Perokok

Saya termasuk orang yang amat sangat menghargai kebebasan orang lain. Tapi yang namanya hidup bersama, kita harus tau batasan kebebasan. Kita bebas melakukan apapun hak kita asalkan tidak mengganggu hak orang lain. Itu mengapa dalam hidup ini ada pemerintah, ada aturan, ada norma, ada hukum, dan sebagainya, agar setiap orang bisa menjalankan hak dan kewajibannya tanpa saling mengganggu.

Mengenai rokok, Saya pribadi tidak ada masalah dengan perokok. Sama halnya dengan saya tidak ada masalah melihat orang berjalan mundur di jalan, atau lompat-lompat sendiri di pojokan, atau ada orang yang bakar-bakar duit, silahkan saja. Itu hak mereka untuk melakukan apapun yang mereka lakukan selama tidak melanggar hak orang lain serta aturan yang berlaku. Hal tersebut menjadi masalah ketika sudah mengganggu orang lain. Orang mau jalan sambil mundur ya silahkan saja, asal jangan sampai menabrak pejalan kaki yang lain. Orang mau lompat-lompat sendiri ya silahkan, asal jangan lompat-lompat di atas kepala saya. Orang mau bakar-bakar duit ya terserah dia, asal apinya jangan sampai kena membakar rumah orang lain. Sama, orang mau ngerokok ya silahkan saja, asal asapnya jangan sampai terhirup atau terkena orang lain.

Etikanya, di tempat umum ya itu fasilitas milik bersama. Artinya udara yang ada di sanapun milik bersama. Sehingga jika dalam udara tersebut tercampur asap rokok, perokok tersebut telah melanggar hak dan kebebasan orang yang ada di tempat tersebut untuk menghirup udara segar. Selain itu, asap tersebut juga merupakan sebuah zat yang dapat menempel di tubuh atau pakaian seseorang sehingga tentu akan mengganggu orang yang bajunya terkena asap. Melihat oknum perokok yang sering kali cuek menghisap rokok dan menghembuskan asapnya ke orang lain, saya jadi kepikiran ide lucu. Perilaku tersebut artinya orang tersebut adalah orang yang gak perduli dengan hak orang lain dan gak perduli dengan hak dirinya juga dong. Artinya, siapapun yang merasa terganggu, silahkan ambil botol aqua, masukan beberapa teguk ke mulut, lalu kumur-kumur sedikit, kemudian semburkan air tersebut ke oknum perokok. Sama kan analoginya? Yang satu ngisep gas yang satu neguk air. Yang satu nyembur gas yang satu nyembur air. Sama-sama zat yang gak pantas disemburkan ke orang lain kan?

Jadi solusi paling baik ya cobalah untuk menjaga agar hak kita tidak mengganggu hak orang lain. Buat yang emang mau ngerokok, pastikan memang tempat tersebut adalah tempat untuk merokok dimana tidak ada orang lain yang akan terganggu. Buat yang tidak suka rokok jangan masuk ke daerah khusus merokok (misalkan restoran yang ada smoking areanya). Kalau ada orang yang tidak merokok masuk ke smoking area, silahkan sembur orang tersebut dengan asep rokok. Tapi kalau ada orang yang merokok di public area, silahkan sembur orang tersebut dengan aqua :p

Iklan
About Adam Ardisasmita (1115 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Gerakan Sembur Perokok

  1. udah dicoba dam?

    Suka

  2. Entah napa gw pengen ngeliat loe beneran nyembur perokok XD
    Ayo konkritin Dam!

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Pemerintah Harus Melindungi Indonesia dari Rokok | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: