Iklan
My Journal

Review Bolt, Layanan Internet 4G

Tunggu Review tentang Bolt 4G

Seperti yang sudah saya ceritakan, saya beralih dari menggunakan CepatNet untuk layanan TV berbayar dan internet kabel menjadi BigTV untuk TV berbayar dan Bolt untuk internetnya. Saya sudah memberikan review untuk BigTV dan sekarang saya ingin memberikan review saya untuk Bolt, layanan penyedia internet dengan kecepatan tinggi.

Sebelumnya, saya pernah diskusi dengan kominfo terkait dengan frekuensi yang ideal untuk digunakan sebagai fasilitas jaringan 4G LTE, yakni di frekuensi 700 Mhz. Di saat itu, sudah ada Wimax yang menempati frekuensi (kalau tidak salah) 2300 Mhz untuk memberikan layanan 4G. Tapi saya tidak tahu kenapa Wimax tidak dilanjutkan lagi dan kini yang menggunakan frekuensi itu adalah Bolt 4G. Apakah nanti ke depan akan tetap dilakukan migrasi tv digital sehingga frekuensi 700Mhz itu bisa digunakan atau Indonesia akan anti mainstream main di frekuensi 2300 Mhz untuk 4G LTE ini, saya juga kurang tahu. Yang pasti kebutuhan internet cepat di Indonesia saat ini sudah semakin tinggi.

Ketika saya pertama melihat-lihat Bolt baik itu di webnya maupun review-reviewnya, ternyata jangkauan Bolt ini masih hanya di Jabodetabek saja. Itu pun belum semua daerah terkena layanan dari Bolt. Untuk itu pastikan dulu kalau tempat tinggal kita sudah terkena layanan Bolt ini. Di webnya ada peta yang isinya daerah-daerah yang sudah masuk coverage Bolt di mana saja.

Saya sendiri menggunakan Bolt di daerah BSD. Di daerah BSD ini sendiri, ada yang sudah masuk coverage ada yang belum. Kebetulan rumah saya itu letaknya di tengah-tengah area yang masuk coverage dan tidak. Akibatnya, sinyal Bolt di rumah saya sangat bergantung dengan posisi modem bolt tersebut diletakan. Kalau saya letakan di sembarang posisi, paling sinyalnya hanya ada 1, atau bahkan tidak ada sama sekali. Tapi ketika saya taro di spot yang tepat, sinyalnya penuh :p Untuk itu, pastikan benar klo daerah kita masuk ke area Bolt yah sebelum membelinya.

Dari sisi kecepatan, rata-rata di daerah saya ini dapet 2MBps. Emang belum seperti 4G LTE yang sesungguhnya sih yang bisa sampai 2 digit. Tapi untuk ukuran internet di Indonesia, 2MBps aja udah bahagia kok 🙂 Sebagai benchmark, saya biasanya kalau pakai provider yang lama nonton streaming pertandingan MU harus di jaringan yang kualitas siarannya 300kps. Itu pun masih patah-patah. Dengan Bolt, saya bisa nonton di kualitas siaran 900kps dan tanpa ngadat sedikitpun. Jadi memang Bolt ini dari sisi kualitas tidak perlu dipertanyakan JIKA posisinya pas :p

Dari sisi harga sendiri, Bolt ada dua seri, yang Slim dan Max. Yang Slim 300rb yang Max 400rb dengan beda hanya di batrenya saja. Berhubung saya tidak untuk mobile, jadi beli yang slim saja. 300rb dapet bonus 8GB untuk sebulan. Saya sendiri belum tau pemakaian saya akan sebesar apa karena hanya di BSD 1-2 minggu sekali. Dengan model saya yang mobile ini pun, menggunakan Bolt yang berbasis kuota jauh lebih hemat dibandingkan langganan bulanan. Yang jelas, so far saya puas dengan kualitas layanan yang diberikan oleh Bolt, di daerah saya 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Review Bolt, Layanan Internet 4G

  1. kok bisa beda ya kecepatan 4g yang ditawarkan bolt dengan kecepatan 4g di provider gsm yang lain? bisa sampe 36 Mbps malah

    Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cepat Net berubah Jadi Innovate Indonesia | Ardisaz
  2. Berhenti Berlangganan Big TV | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: