Iklan
My Journal

[GameLog] Tips Agar Apps difeatured di Store Windows Phone

Setelah menggunakan ASO, game Roly Poly Penguin mendapatkan jumlah download hampir 10x lipat dari sebelumnya. ASO memang hebat, tapi spotlight/featured di store efeknya lebih gila. efeknya hampir 100x lipat dari ketika menggunakan ASO. Masif sekali pertumbuhan usernya, apalagi jika difeatured di negara-negara yang banyak penggunanya.

Tak hanya itu, Roly Poly Penguin mendapatkan spotlight hampir setiap hari di berbagai negara. Hari 1 kami dapat di US, UK, China, dan HK. Di hari 2 kami dapat spotlight di Rusia. Di hari 3 kami dapat spotlight di India dan Indonesia. Di hari 4 kami dapat spotlight untuk Brazil dan Canada. Dan kami masih menunggu apakah akan datang email gembira tersebut di kemudian hari.

Kabar Gembira Untuk Developer

Kabar Gembira Untuk Developer

Berhubung ini saya baru experiment di Windows Phone, jadi tips ini tidak berlaku yah di store lain. Saya akan share tips atau langkah-langkah yang saya lakukan agar bisa dispotlight oleh Windows Phone Store:

1. Kualitas

Ini poin pertama dan terpenting untuk bisa mendapatkan spotlight, yakni kualitas dari apps. Apps kita harus bebas bug, smooth, secara visual enak dipandang, dan punya daya jual. Kalau dari kualitas aja tidak terpenuhi, mustahil bisa dispotlight. Indikator kualitas adalah rating di store. Jika rating di store kita bagus, setidaknya udah ada 100 review dengan rating rata-rata 4,5/5, maka kita bisa katakan aplikasi kita berkualitas.

2. Rate Game dan Distribusi

Dalam konteks game, penting untuk mendapatkan rating game. Rating game ini bisa berbeda-beda untuk tiap negara, misalkan di US pakainya ESRB, di eropa dan rusia pakai PEGI, dll (baca selengkapnya di sini). Ada beberapa negara yang tidak mengizinkan game kita didistribusikan tanpa adanya rating. Bagaimana cara mendapatkan rating, mungkin di lain tulisan akan saya share.

3. Menggunakan ASO

Untuk mendapatkan review yang cukup dan jumlah download yang cukup, penting untuk memanfaatkan optimasi ASO. Tips tentang ASO ada di tulisan ini dan ini.

4. Update rutin

Nah yang pamungkas kayaknya ini nih. Saya hampir tiap hari update keyword (dan sekitar 2 minggu sekali update feature) di store. Rasanya tidak lama dari saya submit publish new update, saya dapat email gembira itu. Apakah ada polanya antara update dengan spotlight, saya kurang tahu. Tapi yang pasti seminggu ke belakang ini patternya hampir seperti itu (walaupun tidak tiap hari).


Jadi silahkan dicoba tips ini, klo dulu ada DVLUP buat beli spotlight, sekarang kita harus bisa memantaskan aplikasi/game kita untuk bisa difeatured. Yang penting adalah kualitas. Tanpa kualitas, mau ngapain juga aplikasi kita tidak akan bisa dispotlight. Semangat 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. [Gamelog] Memilih Platform Game: Web, PC, atau Mobile. | Ardisaz
  2. [Gamelog] Post Mortem Roly Poly Penguin – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: