My Journal

Workflow Untuk Setup Janji Temu Di Gamescom

Setelah beberapa kali ikut event game dan fokus untuk mencari publisher seperti di GDC, Gamescom, Casual Connect, dll, saya punya sebuah workflow yang biasa saya gunakan agar bisa mendapatkan janji temu. Disclaimer dulu, ini bukan framework yang paling bener dan applicable ke semua case studio yah. Tapi kalau saya biasanya seperti ini.

Step 1, pastiin game yang mau dibawa udah clear pilar nya. Harus udah jelas ini genre nya apa, scopenya segimana, target marketnya siapa, dan lain-lain. Dari pilar ini, yang kita lakukan adalah skimming ke semua list publisher yang ada yang bisa kita temukan di internet untuk bikin daftar mana kira-kira publisher yang cocok sama game kita. Itu biasanya kita rekapn di notion dalam bentuk tabel dengan info yang kita catat seperti contoh game yang mereka publish, kenapa mereka fit dengan game yang mau kita bawa, apakah kita sudah pernah kontak mereka sebelumnya, dan notes lainnya.

Step 2, begitu list itu lengkap, kita mulai hunting untuk di Gamescom. Ada tiga cara hunting di Gamescom. Yang pertama dan yang paling gede success rate nya adalah menggunakan MeetToMatch. Ini adalah matchmaking apps paling favorite buat indie untuk bertemu dengan indie publisher. Kalau kamu mau cari triple A publisher tentu gak bisa pakai ini yah. Yang kedua adalah mencari di list of attendee gamescom via app nya gamescom. Tapi perlu dicatat, apps nya gamescom itu UX nya jelek banget. Kamu jangan bikin janji temu pakai itu. Cukup dipakai utk konfirm apakah mereka ada di floor dan dapetin kontaknya, terus kamu kontak terpisah via email. Dan yang ketiga adalah huntin di internet. Bisa via linkedin, bisa via twitter, bisa via website mereka. Coba blast email ke semua publisher yang jadi target kita.

Step 3, kita perlu track status dari semua meeting request yang sudah kita terima, sembari tiap hari ngecekin apakah ada publisher baru yang join ke MeetToMatch atau Gamescom. Once statusnya udah clear, apakah direject atau diapprove, langsung kita book kalender kita. Jangan lupa buat ganti time zone jadi waktu di event yah. Kalau pakai MeetToMatch, timezone otomatis ke ganti. Tapi kalau meetingnya diset dari email atau message, kita musti masukin manual email invitation dan pastiin invite calender mereka. Kalau temen-temen gak punya booth, bisa isi TBD dulu aja nanti pas sampai Gamescom bisa scouting dulu kira-kira, area meeting yang enak dimana.

Nah ini step 4, kamu juga bisa walk in sama publisher yg buka booth di sana. Jadi klo emang yang nerima meeting kamu masih dikit, jangan sedih. Kamu bisa keliling-keliling gamescom untuk cari tahu dan kenalan sama publisher-publihser yang ada di sana.

Semoga sharing ini ngebantu yah. Good luck buat temen-temen semua yang sedang bersiap untuk pergi ke Gamescom.

About Adam Ardisasmita (1373 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan komentar