Iklan
My Journal

Bekasi Jadi Bulan-Bulanan Meme di Internet

Meme pertama yang menyindir kota bekasi

Tiba-tiba sosial media saya ramai dengan berbagai meme (ilustrasi bernada satir atau humor) tentang kota Bekasi. Awalnya saya pertama kali melihat ada ilustrasi yang menggambarkan posisi bekasi di antara Matahari dan Bumi. Meme ini pertama muncul karena banyak yang komentar kalau Bekasi itu panas banget, padahal udah mau musim hujan. Ternyata Meme ini diamini oleh banyak sekali warga bekasi dan sekitarnya.

Lalu berkembanglah meme lainnya yang tidak hanya menunjukan betapa panasnya Bekasi, tapi macet banget. Saya tiap Jumat malam melakukan perjalanan Bandung-BSD yang selalu macet menjelang gerbang tol Bekasi. Penyebabnya biasanya kalau tidak truk parkir di pinggir jalan atau antrian masuk ke Bekasi yang panjang. Antrian panjang ini disebabkan oleh tata letak pintu keluar tol di Bekasi Barat yang langsung disambut sekitar 3-4 mall besar di perempatan. Tentu hal ini menyebabkan jalanan jadi padat.

Teman saya yang di Bekasi memang komplain bahwa tata letak kota bekasi tidak diatur dengan baik sehingga terlihat semerawut. Saya mengamini hal tersebut karena saya juga beberapa kali ke Bekasi untuk ke tempat teman atau saudara saya. Bahkan ketika lebaran pun, dimana Jakarta bebas macet, Bekasi masih tetap macet. Rasa frustasi warga bekasi dan sekitar bekasi ini akhirnya dicurahkan melalui meme di sosial media.

Fenomena ini merupakan hal yang wajar terjadi karena aspirasi masyarakat tidak ada yang nampung, baik itu eksekutif maupun legislatifnya. Walaupun KTP saya Depok dan sebentar lagi jadi Tangerang, saya selalu mengikuti perkembangan kota Bandung yang dipimpin oleh Pak Ridwan Kamil. Banyak sekali inovasi luar biasa yang dilakukan oleh pemerintahan mereka untuk menyerap aspirasi masyarakat sehingga keluhan mereka didengar dan ditindaklanjuti. Demikian juga kepala daerah yang baik lainnya seperti Pak Ahok dan Bu Risma.

Harapan saya sih rame-rame ini bisa menjadi motivasi untuk wali kota di daerah Bekasi, Depok, dan Tangerang Selatan (yang dekat dengan Jakarta) untuk intropeksi dan mulai berbenah. Atau setidaknya ini bisa menjadi motivasi untuk orang-orang baik lainnya agar mau maju mengurus kota mereka, mmm… walaupun agak rumitnya karena sekarang kepala daerah dipilih DPRD. Tapi ya kita liat saja, kalau gejala ini tidak segera ditanggulangi, bisa jadi bukan hanya meme yang muncul, tapi bisa juga gerakan besar dari rakyat.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: