My Journal

Meningkatkan Jumlah Download dengan “Apps Store Optimisation”

Screenshot Plant Versus Zombie 2

Screenshot Plant Versus Zombie 2

Pertemuan Depok Mobi (buat yg belum tahu apa itu Depok Mobi, cek di sini) di bulan September membahas topik yang menurut saya sangat hangat dan menarik, yakni teknik untuk meningkatkan jumlah download di apps store (google play, itunes, windows store, dll).  Narasumber acara tersebut ada dari Teknojurnal, Tanoshi, FlipBox, dan Independent Studio. Diskusi juga hangat dengan aktifnya anggota komunitas untuk juga berbagi ke teman-teman yang lain. Berikut adalah rangkuman saya tentang teknik untuk meningkatkan jumlah download dengan Apps Store Optimisation.

Nama Apps dan Deskripsi Apps: 

Pemilihan nama Apps merupakan hal yang sangat penting karena akan mempengaruhi visibilitas apps kita di store dan mempengaruhi pengguna untuk mendownload atau tidak. Misalkan kita membuat aplikasi atau game tentang lagu anak-anak dengan nama “Cilukba,” maunya kita membranding kata “cilukba” yang sangat erat dengan lagu milik penyanyi cilik, tapi hanya dengan kata tersebut user tidak akan tahu itu apps atau games apa karena jika dari nama apps sudah tidak menarik, mereka tidak akan lanjut membaca deskripsinya. Untuk itu, kalau bisa gunakan nama yang familiar misalkan, “children song”, “sing with kids”, dan lain-lain. Kalau kita ingin branding, bisa kita gunakan kata tersebut di akhir judul “children song: cilukba” atau kita masukan keterangan tentang “cilukba” di dalam deskripsi saja. Lalu di deskripsi, tuliskan dengan jelas game kita tentang apa, ada fitur menarik apa saja, dan kalau menang award, tuliskan juga di sana. Jangan lupa tuliskan terus klo ada update, karena user mengingnkan apps yang selalu diupdate. Kata-kata yang sering saya lihat sebagai deskripsi itu adalah penjelasan tentang cara main atau cara kerja aplikasi tersebut, kalau game, ada keterangan ada berapa level, berapa karakter, story singkatnya gimana, dan lain sebagainya.

Keywords

Kemudian yang tak kalah penting adalah keywords. Masukan keywords yang berhubungan dengan apps kita. Pada kasus “cilukba”, gunakan berbagai tag yang berhubungan dengan aktivitas di apps itu misalkan “sing, singing, song, child, children, kids, fun, …” dan lain-lain. Kemudian, ada teknik tagging lain yg juga efektif yakni menggunakan tag sesuai dengan topik yg lagi hangat. Misalkan sedang hangat topik tentang valentine, kita bisa tambahkan tag yang terkait dengan itu misalkan “love, couple, romantic, …” dan lain-lain. Dan satu lagi, ada cara yg sebetulnya agak kurang etis tapi legal, yakni numpang tag ke apps sejenis yang sudah terkenal, misalkan di market sudah ada apps children song yang sudah terkenal dengan nama karaokids, terkadang ada developer yang menambah tag “karaokids” di dalam appsnya (kasus ini pernah terjadi di Indonesia dan sempat menimbulkan gesekan antar dua developer).

Icon dan Screenshot 

Icon game Clash of Clans

Icon game Clash of Clans

Icon dan screenshot tidak kalah penting. Icon adalah ujung tombak aplikasi untuk didownload atau tidak. Bahkan ada profesi spesifik yang bertitle icon designer yang memang memiliki ilmu untuk menginterpretasikan sebuah aplikasi dalam satu gambar kecil. Icon kalau bisa harus menonjolkan apa yang khas dari apps ato games tersebut, terutama selling point dari game tersebut. Misalkan Clash Of Clans, mereka menggunakan icon dengan tampilan karakter yang iconic dibalut dengan armor yang menggambarkan scene latar belakang tema permainan tersebut. Konon katanya, dua image yang paling disukai pendownload adalah gambar bayi dan kucing (gak tau ini valid atau tidak :p). Tapi icon itu harus bener-bener diperhatikan dengan baik, tidak sekedar naro gambar lalu dicrop jadi kotak. Demikian juga screenshot. Screenshot sebaiknya dibuat menjadi “mini poster” dibandingkan hanya sekedar potongan gambar dari apps atau games. Tambahkan dan tampilkan fitur utama dari apps tersebut dalam “mini poster” dengan baik. Jangan hanya gambar, tapi tambahkan juga tulisan singkat barang 1-3 kalimat utk menjelaskan apa yg menarik dari layar tersebut.

Update

Update fungsi utamanya adalah untuk menjaga user retention, memastikan pengguna tetap loyal dan terus membuka apps tersebut. Selain itu, update juga berfungsi untuk meyakinkan pengguna bahwa produk tersebut dirawat dan diperhatikan dengan baik, komentar dan keluhan pemakai diprioritaskan, dan kualitasnya meningkat dari waktu ke waktu. Hal itu memberikan keyakinan pada pengguna untuk mengunduh aplikasi tersebut (jangan lupa tuliskan update log nya di deskripsi). Update ternyata juga ternyata (di beberapa store) berfungsi untuk menaikan visibilitas aplikasi di store. Konon, apps yang baru diupdate akan masuk ke antrian “new apps” di store yang membuat aplikasi tersebut menjadi mudah dilihat oleh pengguna. Ada kasus real dimana setiap habis ngupdate games, jumlah downloadnya meningkat dari hari-hari sebelumnya.

Highlight

Fitur Highlight di iTunes

Fitur Highlight di iTunes

Fitur ini sebenernya fitur andalan agar apps kita bisa didownload dalam jumlah banyak. Dari sekali highlight, jumlah download bisa naik hingga 1000% dari sebelumnya. Tapi untuk apps atau games kita bisa dihighlight atau spotlight atau difeature, masing-masing store punya aturannya sendiri. Ada yang harus bayar, ada yang harus mendapatkan kenaikan jumlah user yang signifikan, yang harus bisa melakukan retensi pengguna, dan lain sebagainya. Tapi di Indonesia, beruntunglah kita memiliki fasilitas highlight yang ajib dari Nokia. Asalkan apps kita berkualitas, kita bisa dengan mudah masuk highlight, bahkan di preload.

Kualitas

Yak, ini adalah yang paling penting, kualitas. Teruslah tingkatkan kualitas apps/games kita karena mau menggunakan tekni optimisasi apapun, klo kualitas apps ato gamesnya jelek, gak akan ada yg mau download. Hehehe. Jadi selain pastikan produk kita punya standar kualitas yang tinggi yah, karena di apps store, standar kualitasnya adalah internasional.

Sebenernya masih banyak tips menarik lainnya yang saya catet di notes, tapi ini kayaknya udah panjang. Hehehe Klo mau ngebahas ini lebih jauh lagi, kapan-kapan diskusi aja tentang topik ini 🙂 Ato bisa bertanya di comment biar saya jawab di postingan [QnA] saja 😀 Semoga bermanfaat yah

About Adam Ardisasmita (1150 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Meningkatkan Jumlah Download dengan “Apps Store Optimisation”

  1. Halo agan, saya ingin menanyakan tentang tips penyertaan iklan. Dalam kasus ini adalah aplikasi non-game.
    Untuk rilis aplikasi baru, sebaiknya langsung disertakan iklan atau menunggu beberapa bulan setelah aplikasinya telah diunduh banyak user baru disertakan iklannya dalam update version?

    Suka

  2. Terimakasih mas 🙂

    Suka

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. [GameLog] Memilih Keyword untuk Meningkatkan App Store Optimization | Ardisaz
  2. [GameLog] Update Roly Poly Penguin: Leaderboard | Ardisaz
  3. [GameLog] Tips Agar Apps difeatured di Store Windows Phone | Ardisaz
  4. 4 Tips Agar Apps Masuk Featured di Windows Phone Store | Segitiga.Net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: