My Journal

Belajar Dari Empat Top Game Developer di Indonesia

Hari ini saya berkesempatan untuk memoderatori sebuah talkshow yang luar biasa sekali. Acara Bekraf yang berjudul developer day ini menghadirkan sesi khusus game developer yang bekerja sama dengan komunitas game di Jogja yang bernama Gamelan. Ada empat orang narasumber yang dihadirkan pada sesi ini untuk memberikan inspirasi.

Ada Eldwin creator dari game Tahu Bulat, ada Imron pencipta game DreadOut, ada Andi pemilik Educa Studio yang mengembangkan seri game Marbel, dan ada Agung developer game berjudul Minimo. Empat nama ini adalah developer yang bisa menjadi contoh sukses di Indonesia bukan hanya karena kualitas game-nya, tapi juga dari revenuenya yang sudah sangat besar.

Konon katanya sesi ini direkam oleh Bekraf sehingga kontennya bisa kamu nikmati nanti. Tapi saya akan coba buat rangkuman benang merah yang membuat mereka sukses mendulang rupiah yang amat sangat besar ini darimana. Rangkuman ini merupakan pertanyaan terakhir dari saya kepada keempat pembicara ini yakni “apa tips yang bisa diberikan pada para game developer yang baru ingin memulai.”

baca juga : Menyerap Ilmu Pada Acara Bimbingan Teknis Startup Yang Diadakan Oleh Badan Ekonomi Kreatif

Problem yang terjadi saat ini adalah banyak game developer yang bikin game, belum jadi, udah dihentikan. Yang penting harus jadi dulu. Dari sekali bikin game itu, kita akan dapat pembelajaran yang bisa diterapkan untuk game berikutnya. Problemnya mungkin karena developer game pemula banyak yang masih belum ada experience udah mau langsung bikin game dengan skala besar. Jadi untuk mengatasi masalah itu, mulailah dari game sederhana dulu baru nanti pelan-pelan belajar untuk membaut game dengan skala yang lebih besar.

Jadi benang merah dari keempat pembicara ini rasanya sama. Game mereka yang sudah jutaan bahkan puluhan juta download, revenue yang sudah puluhan juta bahkan milyaran ini, tidak terjadi dalam satu malam. Kesuksesan mereka adalah buah dari pengalaman yang mereka sudah lewati dari sekian banyak kegagalan. Dari game-game gagal itu mereka belajar hingga bisa membuat game yang lebih baik. Jadi memang harus kita lewati prosesnya untuk belajar, untuk gagal, dan belajar untuk persisten serta konsisten.

baca juga : Pandangan Triawan Munaf, Kepala Bekraf, Tentang Internet Economy di Indonesia

Selesai dari acara Bekraf ini, saya sangat berharap seribu developer yang hadir bisa mendapatkan ilmu yang sangat berharga, bisa mendapatkan inspirasi, dan bisa mendapatkan motivasi untuk bisa berjuang. Kesuksesan keempat game developer ini sangat mungkin untuk dikejar, bahkan dibalap oleh siapapun. Dan merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri kalau saya dengar kabar 1-2 tahun lagi, muncul game developer baru yang lebih sukses dari para pembicara ini, dan keberhasilan mereka karena mendapat inspirasi entah itu dari Own Games, Educa Studio, Digital Happiness, atau Minimo. Saya sangat berharap seribu developer ini pulang gak hanya diam, tapi segera melakukan (membuat) sesuatu.

Semoga nanti ada video rekamannya yah di Youtube biar teman-teman semua bisa belajar dari mereka. Banyak insight menarik yang bisa teman-teman pelajari. Terus juga jangan malu2 untuk belajar dari para pembicara ini, mengontak mereka, dan mengajak diskusi. Ada ilmu yang jauh lebih banyak yang akan temen-temen dapatkan jika berdiskusi secara privat dan intens. Kayak saya sendiri ya, saya baru ketemu sama Agung dari Minimo ya baru kemarin. gamenya yang judulnya mini racing saya liat dari luar yaaa game biasa aja. Ternyata udah hampir 10jt, pembuatannya sangat optimized dan efisien, dan revenuenya amat sangat besar untuk game yang hanya dibuat berdua. Jauh amat sangat besar. Saya kebetulan satu kamar dengan dia pas nginep di hotel dan itu saya manfaatin banget untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Mungkin kapan2 akan saya share ya. Hehehe Sekarang udah capek, ngantuk, dan besok bakal flight pagi, first flight, hahaha Kita tunggu tulisan berikutnya tentang Minimo yah. Inspiring banget lah.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Menutup Weekend Dengan Training Membuat Game Untuk Anak-Anak – Ardisaz
  2. Tips Menjadi Moderator Talkshow – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: