My Journal

Menyerap Ilmu Pada Acara Bimbingan Teknis Startup Yang Diadakan Oleh Badan Ekonomi Kreatif

Bagi saya, tetap haus akan ilmu dan tetap humble itu sangatlah penting. Walaupun saya diundang dalam kapasitas menjadi pengisi acara dalam acara yang diadakan oleh Badan Ekonomi Kreatif, saya tetap datang dengan mindset untuk belajar. Saya mencatat poin-poin yang dipaparkan oleh pembicara-pembicara yang tidak kalah hebatnya di acara tersebut seperti dari Educa Studio, Agate Studio, The Wali Studio, Tinker Games, Ekuator Studio, Digital Happines, Own Games, dan banyak lainnya.

Saya mencoba memposisikan sebagai peserta agar bisa terus belajar. Namun ada satu previlege lebih sebagai pembicara yang tidak bisa didapatkan oleh peserta yakni kesempatan untuk diskusi lebih lanjut di ruang VIP. Momen ini bener-bener saya gunakan untuk menggali lebih lanjut tentang pengalaman dan ilmu yang bisa kita pelajari dari tiap pembicara. Itu mengapa saya hadir dari pagi hingga petang walaupun saya hanya mengisi di siang hari.

baca juga : Program Untuk Membantu Startup Yang Sudah Ada

Dalam momen tersebutlah saya bisa dapat banyak insight, malah banyak sekali insight yang sifatnya confidential yang tidak mungkin bisa kita dapatkan di tempat lain hehehe. Ada pelajaran berharga dari kegagalan yang dialami beberapa startup, tips dan best practice mereka untuk mencapai hasil yang memuaskan, sampai ada yang share angka-angka sensitif seperti jumlah download, active user, conversion rate, hingga revenue. Semua ini tentu tidak bisa didapatkan jika tidak berkesempatan untuk bertemu di event seperti ini.

Bertukar kabar dengan Arief (CEO Agate) dan Ajie (CEO Tinker Games)

Bertukar kabar dengan Arief (CEO Agate) dan Ajie (CEO Tinker Games)

Selain itu, momen ini bisa dijadikan untuk memperluas relasi, menambah kenalan, dan menjalin ikatan silaturahmi yang lebih luas. Saya percaya bahwa salah satu kunci sukses adalah menjaga silaturahmi. Dengan datang ke event seperti ini, kita bisa update kabar dengan teman-teman seperjuangan yang sudah lama tidak bertemu. Saya juga sempat berkenalan dengan teman-teman yang selama ini hanya kenal di sosial media. Dan biasanya, momen-momen perkenalan instant ini sangat mungkin bisa menjadi peluang bisnis ke depannya.

baca juga : Kekuatan dari Accidental Meeting

Terakhir, ilmu-ilmu apa saja yang saya dapatkan dari para pembicara hebat ini? Doakan saya bisa terus konsisten untuk menulis agar bisa cepat sampai ke draft tulisan tersebut. Berbagai topik tulisan sudah saya draftkan di blog dan biasanya akan segera saya publish satu persatu. Tapi berhubung one day one post saya agak macet, antrian tulisannya sudah membludak. Itu baru antrian tulisan di blog, belum antrian vlog di youtube, belum antrian video tutorial Unity, belum antrian review2 game di Dailysocial, dst. Kebetulan emang bulan ini saya sedang ada kerjaan cukup besar di Arsanesia sehingga sulit membagi waktunya. Namun begitu, saya akan tetap usahakan agar bisa berbagi melalui blog ini 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. Belajar Dari Empat Top Game Developer di Indonesia – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: