My Journal

Positioning Blog Terkait Konten Teknikal

Selama libur lebaran kemarin, saya banyak mendalami berbagai teknologi baru dan menarik. Beberapa masih dalam tahap eksperimental seperti HoloLens dan Real Sense. Tapi ilmu-ilmu tersebut rasanya tidak berarti kalau tidak diterapkan atau dibagikan. Nah, banyak juga teman yang minta saya sharing tentang teknologi lebih dalam lagi. Intinya ingin lebih banyak konten teknikalnya.

Saya sendiri mengalami kegalauan karena blog ardisaz.com ini akan terlalu “gado-gado” kalau juga dipake untuk share konten teknikal. Saya memang sering share tentang teknologi, software, startup, dan lain-lain, tapi lebih ke layer luar yang mudah dimengerti sama orang awam yang mungkin tidak ada background teknologi sama sekali. Khawatir konten teknikal akan terlalu berat.

baca juga : Asah Konsistensi Menulis Dalam Program #JuliNgeblog

Jadi solusinya adalah di blog ardisaz.com ini saya akan tetap membahas teknologi2 baru, tapi hanya kulitnya saja. Saya akan coba membahasakan berbagai terminologi dan inovasi IT yang mungkin bisa bikin dahi berkerut dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dicerna siapa saja. Sebagai gantinya, saya akan menyediakan media lain untuk membahas konten yang lebih teknis, kalau orang IT biasanya nyebut konten yang “jorok.”

Saya ada dua media yang disiapkan untuk konten teknikal. Yang pertama adalah channel youtube Ardisaz Tutorial. Di channel ini saya akan membahas berbagai tutorial untuk pemrograman, pengembangan game, dan eksperimen2 teknologi baru untuk diimplementasikan. Saat ini yang sedang berjalan adalah materi tentang belajar pemrograman menggunakan Unity. Tapi belakangan vakum karena kesibukan.

baca juga : 7 Tahun Ngeblog

Lalu media satu lagi yang akan saya gunakan untuk share hal-hal teknikal adalah blog di Medium Ardisaz. Saya akan spesifik membahas teknologi yang game related di sana. Yang udah masuk todo list saya ada berbagai tips menggunakan Unity, tentang optimasi grafis, tentang pemanfaatan GPU menggunakan next gen GPU API yang bernama Vulkan, dan lain sebagainya. Mungkin sesekali saya juga akan share terkait User Experience yang lebih teknikal di Medium.

Jadi dengan begitu, blog Ardisaz.com akan tetap membahas berbagai sisi teknologi tapi dengan bahasa yang lebih mainstream dan bisa dimengerti. Sedangkan untuk konten yang lebih dalam, akan saya bahas di channel Youtube saya: Ardisaz Tutorial atau di blog Medium saya @ardisaz. Namun terkait dengan kuantitas peluncuran konten sendiri masih belum saya tetapkan. Ini saya punya komitment untuk post di blog ardisaz.com satu hari satu postingan, lalu ada vlog Supercoollife yang mendokumentasikan kehidupan fatherhood saya yang targetnya seminggu 2-3 video, kemudian juga masih ada review game di Dailysocial yang kira2 seminggu 4-5 reviews, dan ada satu lagi batch Unity Tutorial di Dicoding Academy yang harus saya selesaikan.

baca juga : Fenomena “Sapu-Sapu Blog Dari Sarang Laba-Laba”

Nanti kalau itu semua udah dapet ritme yang enak, baru saya tambahin konten lebih dalam di Youtube Ardisaz Tutorial, Medium Ardisaz, dan rencananya saya ingin membuat versi vlog dari blog ardisaz (yang membahas konten teknologi dari sisi daily life untuk masyarakat umum) di channel youtube lain. Mungkin juga ke depan saya akan pisahkan konten teknologi dengan non teknologi di blog ardisaz. Jadi untuk konten teknologi di ardisaz dan konten non teknologi di blog lain saya belum tahu apa. Tapi ini baru ide sih. Butuh saran juga mending kayak gini aja di satu blog banyak topik, atau dipisah blog baru sehingga blog ini bisa fokus topik IT yah?

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Positioning Blog Terkait Konten Teknikal

  1. Wah nyimak ah pak kontek yang teknikalnya ❤ ❤ ❤

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Pentingnya Memilih Market Yang Niche – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: