My Journal

7 Tahun Ngeblog

Sampai juga kita dipenghujung 2015 dan menuju 2016. Tujuh tahun yang lalu, tepat hari dimana saya memutuskan untuk pertama kali membuat blog. Tujuh tahun yang lalu, saya sama sekali tidak menyangka blog ini bisa menjadi sebuah media yang lebih dari tempat curhat atau nulis-nulis gak jelas. Dan tahun 2015 ini adalah tahun yang menurut saya sangat spesial buat blog ardisaz.

Apa yang terjadi di tahun 2015 ini merupakan efek dari target di tahun 2014 yang saya buat dengan iseng. Waktu itu saya memaksa diri sendiri untuk nulis secara konsisten, setiap hari, minimal 3 postingan. Kenapa? Sebenernya waktu itu cuma pengen push the limit aja. Dan ternyata, berhasil melakukan itu sampai akhirnya saya harus menguranginya lagi karena menjadi kontributor konten juga di tempat lain.

baca juga :ย 6 Tahun Ngeblog

Efek itu tidak langsung saya rasakan di 2014. Bahkan 2015 awal pun juga tidak ada impactnya selain membuat saya jadi bisa konsisten hampir setiap hari menulis. Tapi di pertengahan 2015 baru saya menyadari, tulisan-tulisan di tahun 2014 banyak yang populer dan hingga saat ini menjadi tulisan yang paling banyak dicari. Hal itulah yang membuat capaian terbesar 1jt view di blog saya bisa terwujud. Dan yang membuat saya semakin shock, 1jt view ternyata angka terwujud dalam satu tahun. Jadi 6 tahun ngeblog saya cuma punya 600rb view, tahun ke-7 menyumbang 1jt view sendiri (total saat ini berarti 1,6jt view). Mengingat blog ini tidak mengikuti pakem blogger pada umumnya seperti harus konten niche, harus sering marketing, harus bagus SEOnya, dll, jadi bisa dapet view yang besar buat saya adalah suatu kebahagiaan tersendiri ๐Ÿ™‚ Makasih ya buat yang setia berkunjung ke blog ini ๐Ÿ˜€

Screen Shot 2015-12-30 at 11.01.00 PM

Efek dari view yang besar adalah dapat kesempatan untuk mendapatkan keuntungan melalui iklan. Tanpa kesepakatan dengan WordAds, seluruh konten saya pasti ada iklan dari WordPress. Tapi dengan kerja sama dengan WordAds, saya dapet bagian juga dari iklan tersebut. Baru mulai November kemarin, jadi saya sendiri belum tahu sebesar apa potensinya. Tapi tetap saja pemasukan sekecil apa pun akan sangat membantu melengkapi kebutuhan Jenna ๐Ÿ˜€ Semoga dengan semakin banyak view, semakin besar juga yang bisa dihasilkan dari blog ini. Tapi tetap, saya sebisa mungkin akan menjaga agar blog ini tidak jadi blog yang frontal naro iklan sana-sini demi keuntungan. Visi blog ini tetap ingin menjadi media yang bisa saya gunakan untuk berbagi dan memberi manfaat. Klo dari blog ini bisa memberi tambahan pemasukan, saya anggap bonus saja ๐Ÿ™‚

Lalu yang menarik dari tahun ke-7 ngeblog ini adalah munculnya tag Supercoolkids ๐Ÿ™‚ Ini adalah topik postingan blog yang paling senang saya tulis. Rasanya ada banyak sekali hal yang ingin saya post dengan topik ini. Tapi tentu saya ingin menjaga agar variasi konten di blog ini tetap terjaga, tidak bisa saya setiap hari posting tentang Supercoolkids dong. Kasian yang gak tertarik ngebaca topik itu. Solusinya paling bikin blog sendiri atau bikin media lain.

supercoolkids

supercoolkids

Nah, media lain inilah yang akan saya mulai untuk jadikan target di tahun depan. Saya ingin memperkaya konten video. Semenjak kecil, saya selalu didokumentasikan oleh orang tua saya menggunakan video. Dan bagaimanapun juga, video memiliki faktor emosi yang lebih besar dari gambar atau kata-kata. Oleh karenanya saya ingin memperbanyak konten video. Akhir tahun ini saya mulai mencoba membuat video tutorial. Ke depan, saya akan coba membuat konten-konten video menarik lainnya. Semoga tahun ke-8 bisa jauh lebih menyenangkan lagi yah ๐Ÿ˜€ Semoga konten-konten di blog ini juga bisa terus memberi manfaat, menghibur, menginspirasi, dan memberikan kebahagiaan di muka bumi.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on 7 Tahun Ngeblog

  1. Saya awal ngeblog juga ikut-ikutan doang. Ternyata setelah berjalan sekian tahun banyak manfaat banyak yang diperoleh. Salah satu yang bagus untuk silaturahmi.
    Selamat tahun baru 2016, semoga tahun depan lebih baik.

    Suka

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Positioning Blog Terkait Konten Teknikal – Ardisaz
  2. Blog Atau Vlog? – Ardisaz
  3. Resolusi 2017 dan 8 Tahun Ngeblog – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: