My Journal

Blog Atau Vlog?

Tren di dunia media video semakin menanjak. Semakin banyak saya lihat konten-konten video dari Indonesia mulai membanjiri platform berbagi video. Di Facebook konten video mulai semakin mudah viral. Di Youtube juga vlogger semakin banyak yang berasal dari Indonesia. Berbeda sekali dengan setahun yang lalu dimana konten Youtube didominasi oleh orang luar negeri.

Memang pengaruh infrastruktur IT yang semakin baik, paket data internet yang semakin terjangkau, juga platform berbagi video yang semakin populer, konten berbasis video ini menjadi hangat dan terjangkau. Namun apakah konten video akan menggantikan konten berupa tulisan? Sepertinya tidak yah, at least tidak dalam waktu dekat untuk di dunia digital.

baca juga : 7 Tahun Ngeblog

Namun, bukan berarti konten video tidak penting. Saya sih merasa video itu jauh lebih “ngena” dan “dekat” dibandingkan tulisan. Karena tidak hanya kata dan kalimat, ada juga intonasi, ekspresi, juga gerakan tubuh yang membuat konten menjadi lebih kaya. Itu mengapa saya senang sekali membuat konten video saat ini. Sembari tetap membuat konten tulisan tentunya.

Sayangnya, waktu kita satu hari itu memang terbatas. Jika ingin melakukan semua hal, rasanya 24 jam tidak cukup. Yang jelas saya harus mulai memilih mana yang harus diprioritaskan nih. Klo konten Supercoollife jelas yah saya sudah komitmen untuk rutin mengupdate at least seminggu sekali. Biasanya tiap Senin ada video baru. Tapi untuk konten tech related, saya masih agak bingung ketika ada suatu topik, mau dibahas di blog atau dibahas di vlog yah? Di channel Youtube Ardisaz juga kemarin saya ngebahas tentang VR kok seru ya bikin kontennya dan menikmati kontennya. Tapi itu masih asumsi saya. Kalau untuk kamu yang sering baca blog di sini, kira-kira lebih seneng baca blog atau nonton vlog?

baca juga : Mengaktifkan Channel Youtube Ardisaz

Kalau misalkan lebih seneng baca blog, paling konten vlognya ku buat lebih jarang, seminggu dua minggu sekali lah. Tapi klo emang lebih suka konten video, saya paling nulis blognya gak yg rutin tiap hari lagi dan memperbanyak di membuat konten video. Yang jelas, beberapa minggu ke depan ini, mungkin intensitas blog saya tidak bisa setiap hari post seperti biasanya karena saya lagi mengejar ketertinggalan channel Supercoollife. Video terbaru Supercoollife saat ini masih di bulan Agustus, sedangkan sekarang sudah mau Oktober. Saya ingin coba kejer editing dan upload footage yang sudah diambil sampai bisa mengejar waktu hari ini.

So, mohon bantuannya untuk menentukan apakah konten tech yang biasa ada di ardisaz ini ingin disajikan dengan metode video atau dengan tulisan aja seperti selama ini? Tinggalkan feedback di kolom komentar yah 🙂

About Adam Ardisasmita (1199 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Blog Atau Vlog?

  1. bagaimanapun juga, blog juga penting kak Adam. misal nih lagi di kendaraan umum, saya ga perlu pake earphone tapi tetap bisa menikmati tulisan orang lain. kalau mendengarkan video orang lain takut kebablasan, kan lagi berkendara (driving or passenger) bijaknya telinga dan mata konsentrasi ya.
    kalau blog jelas mata aja yg bekerja, kuping masih bisa dengar. kalau vlog cuma denger aja kok ya beda ya sama radio.
    itu aja pendapat saya.
    trims.
    lanjutkan blogging nya.

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. I’m back – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: