Iklan
My Journal

Monetisasi Blog Dengan Iklan WordAds dari WordPress

Sebenarnya saya membuat blog ardisaz.com tanpa ada niatan ingin dijadikan komersil atau pemasukan utama. Namun tidak ada salahnya juga memonetisasi blog ini agar bisa menghasilkan. Lumayan bisa buat beli popok Jenna :p Dengan jumlah visitor dan page view perhari yang sudah cukup tinggi, saya jadi tergoda untuk memonetisasi blog.

Saya ngobrol-ngobrol dengan teman sesama blogger, penghasilan mereka dari iklan lumayan besar. Rata-rata menggunakan AdSense. Sayangnya AdSense dari Google tidak bisa digunakan jika kita hosting di WordPress. Bisa coba baca artikel saya sebelumnya tentang self hosting vs hosting di wordpress yah 🙂

baca juga: [Versus] Tips Blogging: Self Hosting Atau Pakai Layanan Gratis WordPress?

Satu-satunya alasan saya berencana untuk self hosting adalah agar bisa pasang iklan. Soalnya sekarang pun di blog saya ada iklannya tapi pendapatannya 100% diambil WordPress. Ya itung-itung biaya server lah. Nah ternyata dulu saya baca-baca, WordPress punya platform iklan sendiri namanya WordAds. Setahun yang lalu apa saya coba apply. Tapi karena masih beta dan sifatnya eksklusif, hanya yang punya konten berkualitas dan jumlah page view besar saja yang bisa menikmati layanan ini. Dengan WordAds, kita bisa mendapatkan penghasilan dari blog kita yang dihosting di WordPress.

Ini sih sebenernya yang saya inginkan. Jadi saya gak perlu mikir hosting, backend, dan lain-lain, hanya fokus bikin konten, tapi bisa dapat penghasilan juga. Sayangnya tahun lalu, sepertinya blog saya masih dianggap kurang berkualitas. Saya sudah meniatkan tahun ini mau self hosting aja deh. Eh kok tiba-tiba saya dapet invitasi untuk menggunakan WordAds 😀 Wah, ini namanya rejeki Jenna. Hehehe Tapi saya sendiri belum tahu berapa besar yang akan didapatkan dari blog ini karena emang baru mulai programmnya pertengahan November ini.

baca juga : Kondisi Ideal Untuk Ngeblog

Jadi kalau begini, saya bisa kembali tenang mengisi konten berkualitas di blog ini. Saya gak mau yang melakukan optimasi untuk iklan agar kliknya gede atau melakukan teknik-teknik blogging yang aneh-aneh (setidaknya kalau sekarang saya tidak sempat). Yang saya ingin lakukan adalah terus fokus terhadap konten di blog ini, menghadirkan aritkel yang bermanfaat dan berkualitas, sehingga semakin banyak juga pengunjung yang senang membaca blog saya 🙂 Prioritas saya terhadap blog ini tetap sama yakni semangat berbagi. Kalau pada akhirnya bisa memberikan tambahan pemasukan, itu adalah bonus 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

17 Comments on Monetisasi Blog Dengan Iklan WordAds dari WordPress

  1. kalau dibandingin wordads sama adsense jauh kak bedanya

    Suka

  2. Ngomong2 perhitungan wordads gimana si mas, maksudnya laporan earningnya muncul per hari atau per bulan yah
    kalau adsense kan keliatan tu harian baik view maupun penghasilannya, nah kalau wordads gimana ya

    Suka

    • hmm laporannya sih muncul tiap minggu ke 2 atau 3 perbulannya. Belum secanggih adsense emang kayaknya.
      Penghasilannya ditotal dari jumlah impresi iklannya. So far sih lumayan dapetnya. kayak per 1000 impresi 1 dolar gitu apa yah? jadi klo 50.000 impresi dapet 50 dolar.

      Disukai oleh 1 orang

  3. oke deh mas, saya tunggu bulan depan soalnya baru diapprove, lumayan gede si kalau per 1000 bisa 1$ mah moga aja begitu perhitungannya 🙂

    Suka

  4. Aduuuhhh kasian. Tp selama ini gede dapet dari adsense. Iya sayang udah banyak postingannya padahal. Banyak tips2 menarik. Semoga bisa diangkat Yah blokir dari Google nya

    Suka

  5. wah makasih infonya gan, lagi cari2 info tentang wordads nih:D

    btw agan ini udah self hosting atau masih ngikut wordpress?

    Suka

  6. Mas saya masih awam di wordpress, saya mau monetise blog wordpress saya. Saya harus ambil plan yang mana ya utk daftat di wordads? Apakah yg Premium Plan ($99/tahun)?? Makasih mas.

    Suka

  7. denger2 enakan pake wordads ya? soalny kata guru ku di SMA, kalo adsense, orang harus klik iklan baru kita dibayar, tapi kalo wordads, cukup visit blog kita, langsung terhitung dan dimasukkan dalam pembayaran?

    Suka

  8. Mau tanya mas, kalau blog yang ini, sudah pakai wordads belum? Kalau sudah, iklannya sudah tayang belum? Apakah yang di bawah artikel di atas?
    Sekarang saya juga pakai hosting wordpress. Nanti kalau pengunjungnya sudah banyak, mau juga pakai wordads.

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. 7 Tahun Ngeblog | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: