My Journal

Manfaat Aktif Di Sosial Media

Saya termasuk orang yang cukup aktif di sosial media dan dunia maya. Saya cukup sering berbagi pikiran, berbagi momen, berbagi kebahagiaan, dan berbagi opini di kanal-kanal yang saya miliki. Seperti konten di blog ini juga secara rutin saya sebarkan di berbagai kanal. Mungkin bahasa gaulnya, eksis di sosial media. Tapi pertanyaannya kenapa kita harus aktif di sosial media?

Yang pertama, fungsi dari sosial media adalah untuk mendekatkan yang jauh. Saya senang kalau membaca update atau kabar dari teman-teman lama di sosial media. Saya jadi tahu kabar terbaru mereka sehingga bisa menghilangkan rasa kangen terhadap orang-orang dekat kita yang sedang berada jauh secara fisik. Ini sih menurut saya fitur esensial dari sosial media, tempat kita berbagi kabar dan cerita kepada teman-teman kita sehingga kita bisa tetap “merasa dekat” dengan mereka.

baca juga : Hati-hati Menggunakan Sosial Media

Yang kedua, efek samping dari aktif di sosial media adalah untuk berbagi kebaikan dan kebahagiaan. Kadang pengalaman yang kita lalui, opini yang kita sampaikan, atau informasi yang kita bagikan bisa memberikan manfaat bagi orang yang membacanya. Dengan kita berbagi pengalaman atau ilmu yang kita miliki, ada banyak orang yang akan terbantu. Bayangkan jika tulisan kita di internet itu abadi dan terus-terusan memberikan manfaat tiap harinya hingga kita mati nanti, status atau postingan yang kita buat akan menjadi lahan pahala untuk kita. Makanya harus hati-hati juga sebelum posting ke sosial media karena kalau konten yang kita bagikan itu banyak mudharatnya, bisa jadi malah memberikan kita efek negatif.

Yang ketiga adalah media untuk saling terkoneksi. Untuk bisa sukses, di bidang apapun, yang namanya kolaborasi itu sangatlah penting. Dengan update di sosial media, kita lebih mudah untuk menemukan titik-titik yang bisa disambungkan. Bisa jadi yang kita sedang kerjakan merupakan sebuah kepingan puzzle yang sedang dibutuhkan orang lain dan sebaliknya. Sehingga dengan aktif di sosial media, orang jadi tahu siapa kita, apa keahlian kita, dan mungkin dari situ bisa menjadi potensi untuk membuat impact yang lebih besar dengan berkolaborasi.

baca juga : Aparat Online, Menegakan Hukum dengan Media Digital

Aktif di sosial media dapat memberikan manfaat yang positif bagi kita, namun juga bisa menjadi pedang bermata dua jika kita tidak menggunakan sosial media dengan bijak. Konten-konten yang mengandung kebencian, fitnah, hoax, dan konten negatif lainnya tentu akan berdampak buruk bagi kita. Selalu ingat, apa yang kita tinggalkan di internet akan selalu ada di sana sehingga kita harus hati-hati betul sebelum membagikan apapun di internet. Dan juga kita harus hati-hati jangan sampai membagikan konten yang sensitif karena sangat rentan terhadap tindak cyber crime. Selalu waspada dan gunakan sosial media untuk melakukan kegiatan positif.

About Adam Ardisasmita (1199 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: