My Journal

[Supercoolday] Mengurus Kartu Keluarga dan KTP Baru

Mengisi form di sekretaris RT

Harusnya setelah menikah, hal yang penting untuk diurus adalah mengupdate pencatatan administratif dengan pasangan dalam bentuk Kartu Keluarga serta mengupdate status di KTP. Masalah KK ini agak pelik karena erat dengan lokasi domisili saya dan istri. Saat ini saya dan istri masih nomaden, rumah di BSD tapi sehari-hari di Bandung. Untuk lokasi permanen pun kami belum menentukan (walaupun pengennya sih di Bandung yah). Jadi untuk membuat KK ini kami harus memilih mending ke rumah saya yang di Depok atau rumah istri yang di Serpong atau di tempat kami tinggal sekarang di BSD.

Dengan berbagai pertimbangan, kami memutuskan untuk membuat KK di rumah mertua saya di Serpong. Alasannya karena dekat dengan tempat kami tinggal di BSD sehingga untuk keperluan administratif lebih mudah ke Serpong. Jadilah kami rencanakan untuk membuat KK di Serpong (satu rumah boleh ada dua KK) dan saya ngurus pindah KTP ke Serpong juga. Namun setelah setahun menikah kami belum juga sempat mengurus dokumen tersebut.

Alasan paling logisnya adalah karena pertama kami tidak tahu step by step untuk mengurus dokumen tersebut. Tidak ada panduan lengkap mengenai hal itu. Bahkan saya sampai konsultasi sama teman saya, Roby, yang sedang berkerja menjadi PNS di kelurahan di daerah Jakarta. Kemudian untuk mengurus dokumen tersebut, hanya bisa dilakukan di hari kerja (yang mana hari kerja saya dan istri posisi di Bandung). Untuk itu saya harus meminta tolong orang di rumah untuk membantu menguruskannya.

Tahap pertama, karena saya yang mau pindah KTP, jadi saya mengurus surat keterangan sebagai pengantar dari alamat KTP saya ke alamat baru. Prosesnya dimulai dari minta surat pengantar RT, diteruskan ke RW, lalu dibawa ke kelurahan. Untuk mengurus ini dibutuhkan FC KTP saya dan FC KK saya. Setelah itu jadi, saya mendapatkan sebuah surat pengantar dari kelurahan yang menyatakan bahwa saya ingin pindah ke alamat baru.

Setelah punya surat itu, saya bawa surat tersebut ke RT tempat saya ingin membuat KK dan KTP baru. Di sana, saya mengurus untuk membuat KTP dan KK baru, istri mengurus untuk keluar dari KK lama, dan KK lama punya istri saya diupdate datanya. Sama prosesnya, nanti dari RT, ke RW, lalu ke keluarahan. Dokumen yang dibutuhkan so far sama kayak yang saya siapkan sebelumnya.

Sekarang baru sampe tahap ngurus ke Pak RT nih. Berhubung masukin ke kelurahan harus hari kerja, saya jadinya harus minta tolong mertua untuk submit formnya ke kelurahan. Coba ada sistemnya dimana kita bisa mengajukan aplikasi secara online, pasti akan sangat membantu banget. Terutama bagi kita yang bekerja, hari biasa mana bisa semudah itu absen untuk ngurus-ngurus dokumen. Mari kita tagih janji Pak Jokowi yang mau bikin eGov ini itu yah. Pokoknya pelayanan publik harus terus ditingkatkan dan dibuat terintegrasi.

Nanti kalau sudah ada update proses pembuatan KK dan pindah KTP ini, saya post lagi 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

7 Comments on [Supercoolday] Mengurus Kartu Keluarga dan KTP Baru

  1. good luck!
    Kalau saya dulu titip sama ibu, dia kan pengurus di kelurahan jadi simpel banget. tahu-tahu jadi semuanya, termasuk pas bikin akte lahir.
    >.<

    Suka

    • Izin share aja yah, untuk masalah KTP dan KK baru saya bisa dibilang korban oknum kelurahan, pasalnya sudah hampir 4bln itu KTP dan kk ga kelar”, saya sama seperti Mas Ardi pindah KTP sama bikin KK, namun yg harus jd catatan PBB jg hrus dibayar dulu. Nah saya cerita kronologisnya: waktu saya mau ngurus KTP dan kk, PBB rumah mertua blm dibayar karena ada satu dua hal lah, akhirnya saya memutuskan minta tolong pembantu karena dia ada kenalan orang kelurahan okelah saya lengkapin semua berkas yg c oknum minta, yaitu: surat keterangan dr tmpat saya yg lama ke yg skrg, fc KTP saya dan istri, foto ukuran 2×3 3lbr, buku nikah, sama Surat pengantar RT/RW setempat udah kelar semua dan satu lg c oknum minta uang adm Rp. 250.00,- okelah gpp karena emang salah saya blm bayar PBB tp kata c oknum “dah gampang itu bisa saya atur”. 1minggu, 2minggu dan sampe 1bln lebih ga jadi” nih,, katanya bekasnya baru masuk okeh,, udah hampir 3bln katanya udah jd tp ada kesalahan pengetikan nama dan alamatnya, katanya!!! Wah wah ko bisa dan doi minta lg uang Rp. 150.000,- dan fc KTP, fc buku nikah dan tetap akhirnya PBB jg diminta alhamdulillah saat itu sudah dibayar, tp untuk uang blm saya kasih, saya bilang aja tar saya kasih kalo KTP dan kk udah jd dan udah di tangan saya. 2minggu berlalu c oknum dtlp ga bisa” di wa ga dbls” sampe skrg ga tau gimana kabarnya KTP dan KK saya, yg pasti langkah saya selanjutnya yg mau saya ambil saya akan datang langsung ke kantor kelurahan nya. Oh iya kelurahan nya Jakamulya, Bekasi selatan, saya pindah dari Subang ke Bekasi karena kebetulan istri saya orang Bekasi. Saran saya sih buat yg lain kalo hal ngurus KTP, KK, dll mending urus langsung aja deh supaya kita tau sendiri prosesnya gimana dan seperti apa, semoga info ini bisa menjadi bahan pelajaran buat rekan”, terima kasih.

      Suka

    • kalau saya buat KTP Tembak karena males pindah KTP, tapi KTP istri saya asli

      Nah, sekarang saya mau ganti KTP tembak tersebut dengan KTP Asli.
      Apakah KK saya akan berubah? atau cukup ganti data KTP lama saja?

      Suka

  2. wah ini info yg sangat bermanfaat, makasih udh d share, jd g ush bingung tanya2 d luar

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga Baru | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: