My Journal

Cara Memperpanjang STNK

Setiap tahun, pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak. Lalu tiap lima tahunan sekali, wajib memperpanjang pajak untuk plat nomernya. Makanya di plat nomer biasanya suka ada tahunnya kan, 2010-2015, 2015-2020. Nah itu pajak lima tahunan yang harus dibayarkan oleh kita.

Problemnya, kalau cuma untuk bayar pajak, saya biasa titipkan saja BPKB, fotokopi KTP, dan STNK untuk diuruskan oleh orang di rumah. Kalau untuk perpanjang STNK yang lima tahunan ini, mesin mobil harus digesek dulu di Samsat. Artinya ya kita harus dateng sendiri ngurus itu karena harus bawa mobilnya. Buat yang kerja kantoran, agak susah nih karena senin-jumat pasti ngantor, mobil dipake. Sabtu juga cuma buka sampai siang jadi harus siap-siap aja antri super penuh. Belum lagi kalau tempat mobil kita terdaftar tidak sama dengan domisili atau area kerja kita, jadinya harus perjalanan cukup jauh juga.

baca juga : Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga Baru

Nah kalau saya mengakalinya adalah menggesek mesin mobil dulu sebelum mengurus perpanjangan STNK. Kebetulan tempat saya tinggal dengan alamat mobil saya terdaftar beda provinsi. Jadi saya datang ke Samsat terdekat khusus untuk menggesek mesin mobil. Kita tinggal datang saja ke bagian pengecekan kendaraan, bilang mau numpang gesek mesin, diurusnya tidak di situ (karena juga konon tidak bisa klo diurus di samsat yang beda dengan STNK). Nanti di sana akan dikasih surat pengantar yang sudah ada hasil gesekannya juga. Nah surat itu tinggal ditambahin sama persyaratan lainnya (BPKB, fotokopi KTP, dan STNK) untuk diuruskan di samsat tempat mobil itu terdaftar. Ohya, Fotokopi KTP harus sama dengan BPKBnya yah.

baca juga : Cara Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Hal ini bisa cukup membantu apabila lokasi kita mengurus STNK cukup jauh dengan domisili atau aktivitas kita sehari-hari. Konon di beberapa Samsat juga mulai dibuat sistem online sehingga kita bisa mengurus pajak dimana saja loh. Kalau ini beneran terlaksana, oke banget. Akan sangat memudahkan kita. Apalagi kalau segala pengurusan bisa dilakukan bener-bener online via komputer kita saja 🙂 Jadi kita tinggal ketik-ketik dari rumah, transfer, terus dikirim deh plat nomer ke rumah 😀 Kata teman saya, di US udah begini loh. Ayo, Indonesia kapan nih?

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

8 Comments on Cara Memperpanjang STNK

  1. Motor saya sudah 4 tahun ini belum bayar pajak, kalau honda beat kira2 berapa ya mas biaya pajak dan denda keterlambatan selama 4 tahun? dari dulu mau ke samsat nggak sempat-sempat, gak terasa telat sampai 4 tahun 😀

    Suka

  2. termakasih infonya, visit blog dofollow saya juga ya gan 🙂 ,

    Suka

  3. Saya pernah 3 tahun nunggak pajak sepeda motor.
    Dipersulit karena beda alamat di ktp dengan stnk. Bayar pajak aja kok dipersulit ya. Padahal katanya ktp udah online, berarti data saya bisa dipertanggungjawabkan.

    Suka

  4. Kita memang harus bisa memanfaatkan semua ini mas, ada peluang harus kita ambil. ,

    Suka

  5. Info sangat menarik, sukses ya mas.. ,

    Suka

  6. tanya dong gan,,,saya baru beli motor bekas tapi parah y pajak y telat 3 thn,dan beda wilayah..plat motor jakarta sedangkan saya d jawa tengah..pertanyaan y apakah bisa mengurus perpanjangan pajak di samsat jawa tengah sedangkan plat motor wilayah jakarta..

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Mendaftar Asuransi BPJS Kesehatan Individu | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: