My Journal

Cara Memasukan Audio Dari Komputer Ke Zoom Dengan Aplikasi Voice Meeter Untuk Windows

Di tulisan sebelumnya, saya sempet share cara untuk memasukan audio dari komputer, entah itu dari spotify, youtube, atau aplikasi apapun, ke dalam Zoom atau aplikasi lain di komputer kita, menggunakan Loopback. Tapi karena Loopback hanya untuk Mac, banyak pengguna Windows yang menanyakan ke saya cara untuk routing audio di Windows. Kali ini saya mau ngeshare ke temen-temen gimana caranya untuk bisa routing audio secara virtual di Windows menggunakan aplikasi bernama Voice Meeter.

*kalau kamu pakai mac, bisa baca tulisan ku yang ini yah

Voice Meeter merupakan produk dari VB-Audio. Kamu bisa unduh aplikasi di link berikut ini. Di dalamnya ada tiga jenis Voice Meeter. Ada Voice Meeter, Banana, dan Potato. Apa bedanya? Bedanya adalah fiturnya yang Banana lebih banyak, dan yang Potato paling lengkap. Yang Voice Meeter dan Banana itu gratis, tapi yang potato itu berbayar. Rasanya klo hanya untuk routing audio sederhana, Voice Meeter atau yang Banana aja cukup. Kalau saya pakai yang Banana.

User Interface nya ini emang agak sulit untuk dipahami yah. Berbeda dengan Loopback yang simpel dan intuitif. Coba perhatikan UI di bawah ini, emang agak overwhelming yah 🙂

Tapi saya akan coba jelaskan dengan sesimpel-simpelnya yah agar bisa digunakan sama temen-temen semua dengan mudah. Pertama-tama saya ingin mengenalkan komponen utama dari UI nya, saya gak akan nyentuh fitur yang lebih advance, hanya yang terkait dengan routing audio saja. Lalu saya akan jelaskan tahapan untuk melakukannya gimana.

Hardware Input

Paling kiri ada tiga baris Hardware Input. Ada Hardware Input 1, 2, dan 3. Itu nanti kalau kamu klik kanan, bisa kamu kostumisasi namanya biar mempermudah labelingnya. Tapi intinya, hardware input ini adalah semua input audio kamu yang bentuknya fisik. Misalnya kamu nyolokin headset, nanti bisa ditaro di hardware input 1. Mic internal komputer/laptop kamu itu juga bisa didetect dan ditaro di hardware input 2. Terus kalau kamu pakai webcam yang ada mic nya, itu bisa ditaro di hardware input 3. Jadi ini tempat untuk naro semua perangkat keras yang wujudnya fisik ke dalam sistem audio yang nanti mau kamu kirim ke tempat lain.

Ada fader yang bisa di naik turunin, itu buat ngatur volumenya. Terus di kanan fader ada A1, A2, A3, B1, dan B2. Itu adalah channel outputnya. Kode A untuk output ke hardware lain misal internal speaker, headset kamu, bluetooth speaker. Kode B untuk output ke virtual device seperti ke Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, Discord, dll.

Virtual Input

Next nya ini yang akan sangat kamu gunakan klo mau masukin suara dari spotify, youtube, discord atau video di power point ke dalam zoom meeting kamu, webinars, atau streaming game kamu yah. Di voice meeter banana ini kamu bisa assign dua virtual input. Cuma nama channelnya emang agak aneh yah, yang satu Voicemeeter VAIO dan yang satu Voicemeeter AUX.

Emang tahapan ini di windows agak kompleks prosesnya dibandingkan pakai loopback di mac yah. Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk assign agar output dari aplikasi di windows bisa masuk ke VAIO atau AUX di atas. Yang pertama dan yang paling mudah adalah kalau di aplikasinya ada pilih output speakernya mau apa. Kayak klo di Zoom, Google Meet, dll itu kan suka ada opsi mau dirouting kemana speakernya. Nah tinggal nanti pilih aja dari discord, zoom, atau google meet output speaker nya ke VAIO atau ke AUX.

Tapi kalau yang gak ada opsi itu, kayak misalkan dari Youtube atau Spotify, ini bisa diset dari setting di windows kita. Di Setting, cari sound, dan cari advance sound option kayak di bawah ini.

Nanti dari situ bakal muncul aplikasi apa aja yang lagi kita buka, dan kita bisa set input dan outputnya manual. Jadi kalau misalkan kita mau masukin Spotify ke Voicemeeter Banana, di tombol outputnya kita pilih either yang Voicemeeter VAIO untuk channel 1 atau Voicemeeter AUX untuk channel 2.

Master Output

Nah kita udah ngebahas input yah, baik yang hardware maupun yang virtual. Sekarang kita masuk ke bagian terakhir, yakni output. Kalau di Voicemeeter Banana dikasih channel inputnya ada 5, 3 hardware dan 2 virtual, channel output juga sama. Ada 3 output fisikal dan 2 output virtual. Jadi kalau di input tadi sempet liat ada tombol A1, A2, A3, B1, dan B2, nah itu tombol diwakilin sama lima fader di atas itu. Kita bisa set yang A untuk hardware dan yang B untuk virtual/software. Jadi klo di zoom, kita bisa set microphone kita jadi VAIO untuk B1 atau AUX untuk B2. Agak sedikit bingungin dan bikin ketuker-tuker yah penamaannya.

Cara Setup Voicemeeter Banana Dari Spotify ke Zoom

Oke, sekarang kita akan bahas step by step masukin audio dari spotify ke zoom yah. Kira-kira topologi routing di voicemeeternya akan kayak gini yah.

Jadi assuming kamu pakai headset yah di laptop kamu. Jadi ada mic dan ada speakernya di satu device. Nah mic dari headset kamu masuk ke Hadware Input 1 (angka 1) dan speaker dari Headset kamu masuk ke Master Section 1 (angka 3). Terus nanti Spotify akan jadi input untuk virtual input VAIO (angka 2) dan Zoom akan jadi output virtual (angka 4).

Yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Set hardware input 1 jadi headset kamu
  2. Ke setting, sound, advance sound option. Pilih Output Spotify jadi “VoiceMeeter Input (VB-Audio VoiceMeeter VAIO), jangan ketuker sama yang AUX yah.
  3. Set A1 (output fisikal 1) ke headset kamu juga
  4. Lalu di aplikasi zoom, di bagian microphone, pilih “VoiceMeeter Output (VB-Audio VoiceMeeter VAIO)

Udah jadi deh. Dengan begini, kamu bisa set suara dari input mana keluar di output yang mana. Kalau mau lebih advance lagi, kamu bisa setup seperti gambar di bawah ini nanti 🙂

Oke paling itu aja penjelasan singkat tentang routing audio di Windows pakai VoiceMeeter Banana yah. Semoga sharingnya berguna. Kalau masih ada yang kurang jelas atau bingung, tanyakan aja di komentar yah. Thanks thanks

About Adam Ardisasmita (1227 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Memasukan Audio Dari Komputer Ke Zoom atau Google Meet Dengan Aplikasi Loopback – Ardisaz
  2. Tahun ke-13 Menjadi Blogger – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: