My Journal

Solusi Meredam Suara Dari Luar Ketika Meeting

Work From Home dan School From Home ini memberikan tantangan tersendiri ketika orang-orang yang ada di rumah melakukan video call di saat yang bersamaan. Suara orang di dekat kita akan bocor dan membuat lawan bicara kita terganggu dengan itu. Misal kita lagi mau presentasi, suara anak kita lagi menjawab pertanyaan gurunya bisa masuk. Suara istri yang lagi meeting juga bisa masuk. Yang punya peliharaan, suara kucing dan anjing yang lagi minta perhatian bisa mengganggu. Bahkan beberapa orang yang ruang kerjanya agak dekat dengan jalan, suara tahu bulat dan anak-anak komplek main tak umpet pun bisa menjadi distraksi lawan meeting kita.

Untuk mengurangi gangguan tersebut, ada solusi praktis yang bisa kita lakukan. Tentu solusi tidak praktisnya adalah beli rumah yang lebih gede atau bikin ruang studio yang kedap suara yah :p Tapi solusi praktis ini ada dua. Satu bisa pakai hardware, dua pakai software. Tentu kombinasi keduanya will be better yah πŸ˜€

baca juga : Microphone Terbaik Untuk Work From Home

Solusi hardware kuncinya satu. Beli mic dynamic. Apa itu mic dynamic? Mic dynamic adalah mic yang biasa dipakai penyanyi klo lagi manggung. Mic itu bikin suara yang masuk ke channel vokalis itu hanya suara dia aja. Suara gitar, drum, bas, dan tepok tangan penonton gak akan masuk ke mic dia. Dengan mic ini, suara saya aja yang akan masuk. Suara anak saya manggil-manggil, istri lagi meeting, sari roti, dan semua suara yang ada di sekitar saya gak akan terpickup.

Menggunakan mic dynamic bisa sangat simpel. Ada yang bisa pakai USB, langsung colok ke komputer kita, dan siap pakai. Misalnya Samson Q2U. Itu gampang banget makenya. Tapi kalau mau efek yang lebih terkontrol, kita bisa gunakan audio interface. Kayak Focusrite Scarlet, itu kita dari mic dynamic, pakai kabel XLR, ke audio interface, baru dari audio interface pakai USB ke komputer. Untungnya pakai Audio Interface itu adalah kita bisa kontrol gain. Simplenya, mau seberapa sensitif. Misal nih, saya lagi sendiri aja di ruang kerja, saya bisa set sensitifitas agak tinggi jadi ngomongnya gak perlu terlalu nempel mic. Tapi kalau lagi ada anak saya ikut main di dekat saya, saya turunin tuh sensitivitasnya jadi saya bisa ngomong lebih jelas dengan mendekat ke mic.

INGAT JANGAN SALAH BELI MIC YAH! Kalau mic Condenser, justru itu super sensitif!

baca juga : Review Mic Untuk Podcast, Samson Q2U USB Mic

Lalu solusi softwarenya gimana? Untuk menghapus noise yang bunyi-bunyi itu agak sulit kalau live sih. Tapi kalau untuk mengurangi suara masuk, ada namanya fitur noice gate atau silencer. Cara kerjanya sebenernya simple. Kita ngasih aturan ke mic kita, hanya mulai aktif ngirim suara kalau mendapatkan sinyal gelombang audio sebesar desibel tertentu. Misal nih, klo kita ngomogn deket mic itu 60db. Nah kita bisa set di software audio processing kita untuk gan ngaktifin mic ketika di bawah 50db. Jadi kalau ada suara kucing di bawah 50db, itu gak kekirim ke lawan bicara kita. Tapi case ini hanya kalau kita lagi diem aja yah. Kalau kita ngomong, dan tress hold 60db kedetect, maka mic akan aktif dan ngirim semua sinyal audio basically. Jadi suara kita dan suara lain akan masuk bersamaan. Tapi ini masih akan so much better karena suara kita akan mendominasi. Dan ketika kita lagi diem, suara lain gak akan masuk ke dalam obrolan. Untuk softwarenya, kamu bisa coba download voice meeter yah.

baca juga : Cara Memasukan Audio Dari Komputer Ke Zoom Dengan Aplikasi Voice Meeter Untuk Windows

Nah kalau mau yang lebih advance, ada lagi software yang namanya Krisp. Krisp ini menggunakan AI untuk bisa mendetek mana suara utama dan mana suara background. So far ini solusi software yang paling canggih dan efektif yang bisa saya temukan. Tapi memang ini gak gratis yah, ada limit 120 menit/minggu untuk yang gratis. Abis itu bayar 5 dolar perdolar.

Noise Cancelling Software to Remove Noise | Krisp
About Adam Ardisasmita (1246 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Solusi Meredam Suara Dari Luar Ketika Meeting

  1. Wah mantap, relevan banget dengan kebutuhan hari-hari ini kak. Makasih banyak udah sharing! πŸ™

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: