My Journal

[1CDperMonth] #Andien, Lebih Jazzy dan Kental Karakter

Album Andien #Andien Special Edition

Album Andien #Andien Special Edition

Album baru Andien yang diberi judul #Andien menjadi pilihan saya untuk dibahas di program 1CDPerMonth bulan November. Album ini kembali dengan format audiophile sehingga harganya juga selangit. Apalagi, waktu saya mau beli CD ini, gak ada yang versi CDnya doang, adanya yang versi spesial dengan album foto dan DVD. Yaudah, mau gak mau saya beli aja yang itu walaupun pada akhirnya DVDnya belum pernah saya mainkan dan album fotonya gak pernah saya buka lagi. Lah wong udah ada instagram, yang isinya aktivitas Andien yang jauh lebih seru dan lebih natural, ngapain saya bayar mahal untuk foto album klo ada yg gratis -_-

Tapi ya sudahlah, klo buat musisi dalam negeri apa sih yang enggak 😀 Untuk album Andien kali ini, pertama denger saya agak bingung karena album ini meluncur tapi singlenya rasanya gak begitu sering seliweran di radio ato TV. Gak kayak single di album sebelumnya yang meledak sebelum albumnya rilis. Single utamanya klo gak salah sih yang bernyanyi untukmu (baru belakangan ini denger di radio tapi juga gak begitu sering). Emang sih klo dibandingkan yang single yang judulnya move on, bernyanyi untukmu itu kurang nendang. Enak sih, tapi ya itu, kurang greget aja untuk jadi single dan lagu pembuka di album ini. Terus sepanjang CD, lagunya masih asing di telinga dan sedikit yang bisa langsung diserap ketika pertama denger, gak kayak album pertamanya yang ada lagu gemilang, yang ngebuat kita ngeh ada lagu yang belum kita denger, terus ada lagu yang catchy banget kayak yang judulnya pulang ato yang judulnya bimbi (ada sih satu lagu cover-annya dewa 19 di sini). Tapi ini bukan berarti lagunya jelek-jelek yah, cuma ini sepertinya lebih kerasa Andiennya dibandingkan berusaha bikin musik yang mainstream. Suka gak suka kan itu selera, toh setelah saya akrab dengan lagu-lagunya, saya menikmati kok kumpulan lagi yang ada di CD ini 🙂 Mungkin di album ini Andien lebih pengen nonjolin karakter suaranya yang bener-bener khas dan kental serta nuansa musik yang lebih jazz ketimbang pop, yang sesuai dengan jati diri Andien yang sesungguhnya.

Saya lupa album yang keberapa, tapi Andien pernah juga bikin album yang mirip seperti ini, yang ada dia ngecover lagu girl from ipanema kayaknya yang album pertama deh. hihi lupa. Intinya di album itu Andien bener-bener ngejazz dengan karakter vokalnya yang khas. Nah, album ini nampaknya mulai kembali ke suara Andien yang itu. Terus lagu-lagu di album ini juga yang bikin orangnya hebat-hebat. Nama-nama besar kayak Yovie Widianto, Rieka Roeslan, Tulus, dll ikut serta di penggarapan album ini. Jadi overall, menurut saya album ini lebih menonjolkan taste Andien yang sebenarnya, nuansa lagu yang jazzy banget, karakter vokal Andien yang kuat, dan didukung oleh musisi-musisi luar biasa dibalik pengerjaan album ini. Buat saya, nilai album #Andien ini adalah 7.5/10.

About Adam Ardisasmita (1148 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: