Iklan
My Journal

Menikmati Streaming Musik Legal

Sebagai salah satu pelaku industri kreatif, saya sebenernya cukup konsern dengan industri musik di Indonesia. Makanya dulu saya punya program 1CDperMonth yang intinya setiap bulan minimal beli 1 CD lokal untuk membantu mereka tetap berkarya. Tapi seiring waktu, toko-toko CD di dekat rumah saya mulai gulung tikar. Sedih juga ngeliatnya.

Salah satu solusi bagi musisi untuk tetap hidup adalah dengan menjual kontennya melalui channel digital contohnya seperti melalui iTunes. Saya kemarin juga sempat switch dari CD ke iTunes untuk beli 1 CD lokal perbulan. Enak juga dengan model ini, jadi praktis belinya gampang dengernya.

1CDPerMonth jadi digital

1CDPerMonth jadi digital

Lalu ada lagi channel baru bagi musisi untuk bisa menjual karyanya yakni melalui streaming musik. Ini merupakan model bisnis yang tidak konvensional mengingat kita bisa mendengarkan musik tapi tidak membayar langsung musisinya. Dengan streaming musik, kita cukup membayar biaya langganan ke penyedia layanannya perbulan, kita boleh mendengarkan semua lagu yang ada di layanan tersebut.

Saya pribadi sebenernya kurang tahu apakah model ini menguntungkan atau merugikan musisi, tapi yang jelas musisi bisa monetize karyanya melalui channel ini. Kemarin Taylor Swift sempet bentrok dengan Spotify terkait pembagian royalty yang membuat Taylor Swift tidak memasukan album barunya ke layanan streaming. Lepas dari itu, ini adalah model yang legal dan praktis bagi kita untuk menikmati musik, menikmati berbagai playlist, dan discovering musik baru.

Pilihan Music Streaming Service

Pilihan Music Streaming Service

Ada beberapa layanan streaming yang ada saat ini misalnya adalah Spotify, Pandora, Rdio, Deezer, Mix Radio, dan lain sebagainya. Saya pribadi sempat mencoba semuanya untuk membandingkan masing-masing fasilitas dan harganya hingga akhirnya saya menentukan ke satu layanan streaming musik yang menurut saya paling pas dengan kebutuhan saya. Layanannya apa? Nanti saya buat postingan pembandingan masing-masing layanan yah. yang jelas sekarang dengan $10 perbulan, saya bisa streaming lagu apapun sepuas saya mau dan yang penting adalah streaming ini legal dan musisi bisa makan dan hidup melalui layanan ini.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Menikmati Streaming Musik Legal

  1. koleksi lagu saya di laptop illegal semua haha…

    Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Di Hadapan Ratu Musik Taylor Swift, Apple Pun Tunduk | Ardisaz
  2. [Impresi] Layanan Streaming Film Netflix Tiba di Indonesia | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: