Iklan
My Journal

Mengenal Teknologi Cloud Computing

Cloud Computing merupakan sebuah teknologi yang saat ini sedang hangat dikembangkan. Mungkin saya tidak pada kapasitasnya untuk menjelaskan apa itu cloud computing, yang pasti sepemahaman saya adalah adanya sebuah server di dunia maya, yang kita tidak tahu lokasi fisiknya dimana, yang bisa kita gunakan untuk menyimpan dan menarik data. Yah, kurang lebih begitu (mungkin ada yang bisa menjelaskan lebih teknis). Nah, apa sih gunanya?

Di era gadget seperti sekarang, integrasi adalah hal yang penting.  Misalkan integrasi antara laptop, dengan tablet, dan dengan HP kita. Contoh kasus, saya punya MacBook tapi HP saya bukan Apple made. Di Apple, untuk kalender pakai software yang namanya iCal. Lalu saya set jadwal meeting hari Senin. Kemudian saya harus set juga di HP saya hal yang serupa. Belum kalau saya juga punya tablet. Tiga kali saya harus set kalender tersebut. Tidak hanya kalender, kontak, foto, notes, dan banyak hal lainnya yang harus kita sinkronisasi di tiap gadget kita. Nah, dengan adanya teknologi cloud computing, sinkronisasi antar gadget menjadi lebih mudah.

Saya akan ambil contoh teknologi cloud yang menurut saya paling integratif dan mudah digunakan, yaitu iCloud besutannya Apple. iCloud memungkinkan saya untuk mengambil foto di iPad dan secara otomatis akan tersinkronisasi dengan MacBook saya. Saya bisa menambahkan kontak di MacBook saya yang otomatis akan ada di iPad saya. Demikian juga untuk mengatur kalender, mengunduh lagu, dan banyak lainnya. Tapi tentu dengan kondisi seluruh gadget harus terkoneksi dengan internet (yang mana saat ini sudah terfasilitasi cukup baik).

Satu lagi contoh teknologi cloud yang menurut saya menarik yaitu dropBox. DropBox merupakan sarana berbagi file dan melakukan sinkronisasi dengan gadget lain (bisa diunduh di sini). Tak perduli apakah kita menggunakan Windows, Mac OSX, Android, ataupun device lainnya, kita bisa berbagi dan mendapatkan berbagai file dengan DropBox. Dan yang paling menyenangkan adalah, proses sinkronisasi berjalan otomatis setiap ada file baru yang kita masukan atau orang lain masukan. Contoh, saya memiliki project mini games yang bernama Petualangan Adam. Folder Petualangan Adam tersebut saya share menggunakan DropBox ke programmer, designer, composer, dan lain-lain. Setiap ada yang menambahkan file baru ke dalam folder tersebut di komputer miliknya, saya akan menerima file tersebut ke dalam komputer milik saya secara otomatis. Oleh karena itu, DropBox saat ini menjadi tools yang sangat penting untuk proses development saat ini.

Masih banyak contoh penggunakan cloud computing lainnya seperti google docs dan sebagainya, yang pasti teknologi ini masih terus di kembangkan dan kita nantikan saja perkembangannya akan seperti apa nantinya 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: