My Journal

[GameLog] Update Roly Poly Penguin: Leaderboard

Banner Roly Poly Penguin
Leaderboard

Leaderboard

Fitur Leaderboard ini sebenernya direncanakan menjadi fitur yang diupdate secepatnya pasca rilis. Akan tetapi, berhubung tools yang kami gunakan ini (unity engine) masih baru bagi kami, serta penggunakan API dari SDK Facebook merupakan yang pertama kalinya bagi kami, ditambah kami menggunakan lagi layanan 3rd Party yakni App 42 sebagai cloud service untuk leaderboard, proses pengembangan update Leaderboard ini mundur jauh dari timeline.

Roly Poly Penguin sempat kehilangan momentum di Store karena lama update-nya, tapi tidak masalah. Experience dan knowledge yang kami dapatkan untuk membuat leaderboard ini sangat worth it dan bisa diimplementasikan ke game-game kami yang lain nantinya 🙂 Tentunya bakal lebih cepat implementasinya.

Satu hal yang menjadi kendala terbesar bagi kami selama pengembangan fitur Leaderboard ini adalah bug di Unity. Ada beberapa bug yang terjadi di engine itu sendiri seperti bug tidak bisa capture screen pada Unity 4.3.4 (yang kini sudah diperbaiki), atau bug tidak bisa pull profpic di FB untuk device Android (yang sampe tulisan ini ditulis belum bisa diperbaiki sehingga yang untuk Android belum diupdate). Klo kasusnya begini kami gak bisa ngapa-ngapain selain nunggu update atau patch dari unity -_-

Yang pasti fitur ini adalah salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh player dan merupakan salah satu poin yang cukup vital dari desain mekanik game yang kami buat di Roly Poly Penguin. Update-update berikutnya akan jauh lebih cepat dari ini prosesnya dan akan segera juga diporting ke iOS. Semoga dengan fitur yang semakin baik dan optimasi keyword dan ASO yang kami lakukan, performa Roly Poly Penguin bisa semakin bagus ke depannya 🙂

About Adam Ardisasmita (1373 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan komentar