Iklan
My Journal

[Review] [App] Evernote, Note Multifungsi

unnamed

Mau nyatet materi kuliah, mau nyatet daftar barang buat belanjaan, mau nyatet nama dan muka orang yang baru kita kenal, mau nyatet hasil rapat, mau nyatet makanan yang kita makan, dan nyatet segala-galanya, paling praktis rasanya emang pake apps evernote ini. Menurut Saya, ini adalah apps untuk mencatat, menyimpan, dan membaca data yang paling oke. Beberapa keunggulan yang saya rasakan adalah metadata yang super lengkap, fungsi dan fitur yang mega banyak, tampilan dan desain yang menawan, 3rd party apps yang berguna, dan yang paling penting adalah integrasi dan sinkronisasi.

Dari yang pertama dulu yah, metadata yang super lengkap. Jadi di Evernote ini, berbagai informasi langsung terekam dalam sebuah note yang kita bikin. Mulai dari kapan kita bikin note itu, kapan kita update note itu, terus mau pake alarm gak kapan kita mau direminder tentang note itu, bahkan ampe lokasi kita bikin note itu. Jadi klo saya yang suka lupa markir mobil dimana, sebelum ninggalin mobil, saya foto dulu mobil saya, nanti ada geotagnya buat nyari mobilnya dimana. Terus yah, klo di calender HP kita misalkan ada meeting jam 14:00 WIB, maka ketika kita nulis note tersebut, evernote bakal ngepull data dari kalender kita dan bikin judul “catetan meeting X jam 14:00 di tempat Y” secara otomatis. Canggih deh. hehehe

Fungsi dan fiturnya luar biasa banyaknya. Mulai untuk formating tulisan, untuk capture halaman web, untuk bikin ceklis box, untuk sharing note kita dengan orang lain, untuk langsung ngeforward notes kita via email, untuk ngasih tag ke setiap postingan yang kita bikin, dan masih banyak sejubel fitur menarik lainnya yang saya rasakan sangat bermanfaat. Intinya semua kebutuhan untuk nulis note yang kita perlukan udah ada di situ.

UI menawan *gambar dari edudemic.com/

UI menawan *gambar dari edudemic.com/

Hebatnya, dengan segitu banyaknya fitur, user gak akan bingung makenya. Evernote ini desain UI dan UXnya dahsyat banget. Bahkan pernah menang award dari Apple sebagai apps yang cantik beberapa kali. Kayaknya ini desainer UInya magician ini, gak normal banget lah cantiknya. Buat dipake di desktop versi desktopnya enak tapi versi mobilenya juga gampang dipakenya. Jadi untuk keperluan yang simple kayak sekedar nyatet-nyatet gak penting sampe keperluan yang kompleks seperti tracking project, semua bisa dilakukan dengan mudah.

Satu lagi value added dari evernote ini adalah banyak 3rd apps yang mendukung (yang menurut saya sama-sama supernya). Entah modelnya gimana, tapi kayaknya si evernote ini ngeakuisi deh. Contohnya ada apps yang dulu pernah saya pakai namanya penultimate. Dia adalah apps untuk drawing atau writing di tablet dengan UX yang oke parah. Dulu bayar tuh, sekarang gratis dengan nama Evernote penultimate. Hasil drawing dan writing kita di penultimate tersebut, secara otomatis akan masuk ke evernote kita. Gak hanya itu, ada lagi 3rd party apps kayak hello (buat nginget orang yang kita pernah kenalan), evernote food (buat ngetrack makanan apa aja yang kita makan), dan lain-lain.

Beberapa 3rd app yang terintegrasi Evernote

Beberapa 3rd app yang terintegrasi Evernote

Terus yang paling penting dari semua fitur di atas adalah integrasi dan sinkronisasi. Evernote bisa diakses diberbagai device dengan mudah. Kalau saya lagi di depan laptop, saya bisa bikin list cekbox belanjaan dengan lancar. Terus pas lagi belanja, saya bisa ceklis itu lis dengan simpel di HP saya (saya rasa udah ada hampir di semua platform smartphone deh ini apps). Jadi kita bisa nyimpen data dari device apapun dan mengaksesnya dari manapun juga, gak peduli apa OSnya. Saya sendiri sekarang klo buat nyatet-nyatet udah hampir selalu make ini apps. Super recommended lah!!! 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1120 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on [Review] [App] Evernote, Note Multifungsi

  1. Evernote Food, Hello gitu bukan third party koq, emank keluaran dari Evernote-nya (mereka susunan timnya emank agak menarik), kalo Skitch sama Penultimate sich emank akuisisi.

    Suka

  2. Kalau saya masih pakai BB jadul yang ada aplikasinya ‘buku memo’.
    Sampai panjang tuh list note nya.
    Seperti note pad dalam PC.
    Maklumlah ga kuat beli produk apple.
    😀

    Suka

5 Trackbacks / Pingbacks

  1. [Review] [App] Todoist, Membuat To Do List Dengan Mudah | Ardisaz
  2. [Review] [App] Produktivitas Menulis Meningkat Semenjak Menggunakan Aplikasi Blogo | Ardisaz
  3. Memilih Fitur Terbaik Daripada Yang Banyak Fiturnya | Ardisaz
  4. Ketika Evernote Mengganti Bisnis Model Mereka – Ardisaz
  5. Tips Memaksimalkan Penggunaan Evernote – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: