Iklan
My Journal

Mari Mengenal Teknologi NFC

Nokia C7 and NFC

Ada yang tahu kartu BCA Flazz ato eTol Card? Dengan kartu tersebut, kita bisa melakukan pembayaran ataupun transaksi. Saat ini ada teknologi baru di dunia mobile yang bernama Near Field Communication (NFC) yang memiliki fitur serupa namun tak sama.

Secara garis besar, teknologi NFC memungkinkan HP yang memiliki NFC untuk berkomunikasi dengan chip atau dengan HP berNFC juga. Caranya adalah dengan mendekatkan HP tersebut ke lawan mainnya pada jarak kurang dari 4 cm. Ketika didekatkan, HP kita akan menerima informasi dari (baik itu) chip atau HP lain. Ada empat hal yang bisa kita manfaatkan dari teknologi NFC ini.

1. Service Initiation: Jadi ini contohnya adalah aplikasi yang berisi ensiklopedia atau informasi tentang suatu museum. Barang-barang yang ada di museum tersebut sudah ditempeli chip. Sehingga ketika kita berkunjung ke museum, kita cukup membuka applikasi kita dan mendekatkan HP kita ke chip tersebut, lalu informasi tentang barang tersebut akan langsung tersedia di HP kita.

2. Sharing: Contoh applikasinya adalah untuk bertukar kartu nama elektronik. Jadi jika kita bertemu dengan orang yang baru kita kenal, kita bisa langsung bertukar informasi dengan teman baru kita hanya dengan mendekatkan HP kita dengan HP teman baru kita tersebut.

3. Pairing: Untuk bisa memainkan game berdua dengan dua HP bersama-sama, dibutuhkan pairing bluetooth. Untuk sebagian orang, pairing bukanlah proses yang mudah karena ada setting yang harus disiapkan. Dengan NFC, proses pairing bisa dilakukan lebih mudah bukan hanya dari HP ke HP, tapi juga dari HP ke alat elektronik seperti speaker wireless dan lain-lain.

4. Secure NFC: Dengan menggunakan secure NFC, kita bisa memasukan applikasi mastercard atau visa ke dalam HP kita. Dengan itu, kita bisa langsung melakukan transaksi di merchant dengan menggunakan HP kita sebagai alat pembayarannya.

Saat ini, teknologi NFC bisa dibilang baru dan belum banyak yang menggunakannya. Tapi Nokia, android, dan BB sudah mulai meluncurkan device yang mensupport NFC. Tinggal kita sebagai developer yang harus bisa menyambut momentum ini untuk menciptakan karya yang bisa memecahkan permasalahan di Indonesia dan menjadi solusi terhadap isu-isu yang ada. Jika ada yang ingin diskusi tentang NFC (terkait SDK, coding, dll), mari-mari kita belajar sama-sama.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

5 Comments on Mari Mengenal Teknologi NFC

  1. Entah napa menurut gw, sampe ada NFC di iPhone, ini teknologi gak bakal terlalu in deh @.@ Tapi Apple bakal berani gak sich, tiba2 eksperimen kayak gitu? Kalo google mah emank demen nyoba2

    Suka

  2. Haha.. Apple emang selalu jadi trend setter. Mulai dari touch screen, video chat, ampe tablet. Tapi buat yg NFC ini, apple katanya gak ikutan. Mau bikin standar sendiri nampaknya. fufufufu… tapi kita liat aja, google+nokia+bb vs apple nih. bakal rame

    Suka

  3. keren banget bro, thanks, bisa buat referensi untuk TA 🙂 ,

    Suka

  4. ismah afifah // 02/12/2011 pukul 7:53 pm // Balas

    sbenernya kendala penerapan nfc di indonesia itu apa sih..?

    Suka

  5. Kendalanya, klo menurut saya sih tingkat adaptasi masyarakat secara luas terhadap teknologi baru. Sebagai contoh, RFID yang diterapkan oleh BCA (Flazz) dan Mandiri (e-Toll Card) nampaknya belum menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia. Lalu kendala lainnya adalah masih sedikitnya jumlah device (HP) berNFC. Namun nampaknya Nokia, BB, dan Android sudah siap dengan lini produk berNFC mereka. 🙂

    Suka

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. [Apple Event] Apple Pay, Penggunaan NFC untuk Pembayaran | Ardisaz
  2. [Impresi] Mampukah Telkomsel Menjadi Pelopor NFC Payment Menggunakan T-Cash? | Ardisaz
  3. Bank Mandiri Menjadi Bank Plat Merah Yang Melek Teknologi | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: