My Journal

Bank Mandiri Menjadi Bank Plat Merah Yang Melek Teknologi

Kalau bicara Bank yang sangat melek teknologi dan menghadirkan layanan digital terbaik ke pelanggannya, saya pribadi berpendapat Bank CIMB Niaga adalah yang paling terdepan. Mereka memang menyasar anak muda yang memiliki mobilitas tinggi, terhubung internet, dan membawa smartphone kemana-mana. Tapi kalau kita bicara Bank Plat merah, kok rasanya agak sangsi yang mereka bisa deliver teknologi yang terkini. Gak usah kekinian, yang UX-nya bagus aja rasanya sulit.

Tapi rasa skeptis saya terpentalkan oleh Bank Mandiri. Sebagai bank yang besar, saya bayangkan birokrasinya pasti super ribet. Implementasi teknologi baru juga pasti akan panjang prosesnya. Nyatanya yang saya alami berbeda. Dari berbaga fitur yang berkaitan dengan mobilitas, aplikasi, dan teknologi, saya merasa Bank Mandiri paling oke. Saya menggunakan juga beberapa layanan bank plat merah dan bank swasta. Total saya punya 6 rekening bank yang saya gunakan dan saya sangat mengutilisasi fitur yang berkaitan dengan mobilitas.

baca juga : [Impresi] Mampukah Telkomsel Menjadi Pelopor NFC Payment Menggunakan T-Cash?

Pertama dari sisi internet banking. Menurut saya masih bisa lebih baik lagi UX-nya. Tapi di antara bank plat merah, masih ada yang lebih jelek dan Bank Mandiri cenderung yang cukup nyaman digunakan. Jadi okelah. Tapi yang kedua dari sisi mobile banking, menurut saya aplikasi Bank Mandiri juara. Fitur-fiturnya menurut saya sangat mendukung berbagai aktivitas mobilitas saya. Malah menurut saya bank swasta terbesar di Indonesia kalah UX aplikasi mobile bankingnya. Apalagi kalo dibandingkan sama yang plat merah :p Tapi klo sama CIMB saya masih akui Mandiri masih kalah lah. Tapi tetep nyaman kok. Saya senang menggunakannya.

Dan menurut saya yang paling waw adalah pergerakan di sisi cahsless movement. Mandiri sangat gencar memasarkan e-money miliknya. Menurut saya ini adalah kartu yang sangat ampuh terutama di jalan tol. Bisa dipakai untuk bayar Trans Jakarta dan Commuter Line juga. Dan yang paling oke, saya bisa isi ulang e-money mandiri menggunakan smartphone saya memanfaatkan NFC. Ini yang saya super takjub, wow, bank plat merah mengutilisasi NFC!!! Prestasi yang perlu diapresiasi amat sangat besar nih buat Bank Mandiri. Rasanya yang akan paling cepat memanfaatkan NFC Payment nanti bakal Bank Mandiri deh 😀 Oh ya, isi ulang ini pun bisa pakai berbagai kartu Debit. Jadi kita gak harus punya rekening mandiri. Kalau caranya nanti saya buat postingan terpisah deh 🙂

baca juga : Mari Mengenal Teknologi NFC

Saya jadi tidak sabar menunggu terobosan-terobosan layanan Bank Mandiri lainnya. Semoga sih UX di internet banking bisa diperbaiki, fitur di m-banking juga diperbanyak, juga pemanfaatan NFC untuk pembayaran bisa segera diimplementasi 😀

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: