Iklan
My Journal

[Apple Event] Apple Pay, Penggunaan NFC untuk Pembayaran

sumber: apple.com

Rumor iPhone 6 akan mengimplementasikan teknologi NFC sudah terdengar kencang sebelum event pagi tadi diadakan. Fitur ini pun merupakan fitur yang paling saya tunggu-tunggu dari iPhone. Apple bukanlah yang pertama kali mengimplementasikan teknologi NFC. Nokia sudah sedari dulu mengusung teknologi ini, bahkan dari jaman masih Nokia Symbian. Lalu Android juga sudah memiliki teknologi NFC di berbagai devicenya. Namun, teknologi NFC ini sulit sekali untuk bisa mainstream dan masuk ke kehidupan kita sehari-hari. Mungkin di beberapa negara maju, NFC sudah bisa diterapkan, tapi masih banyak juga yang awam sama sekali tentang keberadaan fitur ini.

Saya sendiri termasuk enthusiast untuk teknologi NFC ini. Dulu ketika saya mahasiswa, saya mengerjakan tugas akhir membahas teknologi NFC. Dari penelitian itu serta dari tren yang berkembang, saya melihat bahwa NFC baru bisa mainstream di masyarakat momen ketika Apple menerapkan NFC. Tahun 2011, reader NFC ini masih memberikan respon yang sangat jelek dimana proses komunikasi memiliki delay yang cukup mengganggu costumer experience. Awalnya saya berpikir bahwa Apple akan membuat standar sendiri yang lebih reliable, tapi nampaknya NFC yang ada di tahun 2014 ini sudah cukup baik sehingga Apple tinggal mengimplementasikannya saja.

Model implementasi yang paling efisien untuk dilakukan dengan NFC tentu adalah untuk melakukan pembayaran. Banyak sekali pertanyaan masalah autentivikasi pengguna untuk menunjukan ia memang pemilik dari kartu kredit atau nominal uang yang ada di dalam iPhone itu. Tapi dengan integrasi sistem Touch ID, proses tersebut jadi jauh lebih save dibandingkan pin ataupun tanda tangan. Jadi menurut saya kombinasi passbook, Touch ID, dan Apple Pay ini membuat iPhone 6 adalah device yang paling siap untuk dijadikan moda pembayaran.

Bayangkan betapa praktisnya kita kemana-mana tidak perlu membawa dompet, atau tidak perlu pusing mau nuker uang kalau pergi ke luar negeri karena untuk bayar tinggal tap pake Apple Pay 🙂 Dengan kemampuan “sihir” Apple, saya rasa 1-2 tahun ke depan, moda pembayaran menggunakan NFC ini bisa jauh lebih mainstream dan diterapkan di masyarakat luas. Walaupun kendalanya masih di faktor energi. Jika kita bergantung kepada device elektronik, maka ketika batrenya habis, maka kita tidak akan bisa melakukan pembayaran lagi. Untuk itu, inovasi di bidang energi (batre) dan juga sekuriti harus terus dikembangkan seiring proses adaptasi masyarakat terhadap teknologi NFC.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. 3 Fitur Baru di iTunes Store | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: