Iklan
My Journal

Facebook akan diharamkan

Faceb0ok di beberapa universitas dan perusahaan telah di banned. Kemudian gereja-gereja khatolik di dunia pun meminta agar facebook dihentikan. Dan yang terbaru MUI dikabarkan akan mengeluarkan fatwa haram bagi facebook dan situs jejaring sosial lainnya. Dari sumber yang saya dapat, hal tersebut dikarenakan dampak buruk yang diberikan oleh facebook. Seperti misalkan menghambat kinerja mahasiswa atau karyawannya dalam berkegiatan di dunia maya. Facebook juga menurut pendapat lain dinyatakan bukanlah situs jejaring sosial, malah merupakan situs jejaring individu. Karena mengarahkan pengguna menjadi berperilaku narsisme dan cenderung membuat intensitas pergaulan di dunia nyata seseorang berkurang.

Namun keberadaan facebook merupakan efek dari kemajuan teknologi. Teknologi baru pastilah akan menimbulkan efek baru. Entah itu efek positif atau negatif. Nampaknya tidak tepat jika kita harus menutup mata dari teknologi karena berdampak negatif. Kalau begitu sekalian diharamkan saja mobil karena dengan kecepatan yang tinggi beresiko kecelakaan. Bahkan mobil mempermudah seseorang pergi ke tempat maksiat. Sama saja seperti pisau. Di satu sisi ia bisa digunakan untuk membunuh dan melukai. Namun pisau juga bisa digunakan untuk memotong makanan kita. Yang terpenting adalah bagaimana kita menempatkan dan menggunakan teknologi agar tepat guna. Sehingga mengharamkan facebook menurut saya bukanlah solusi yang tepat dalam menangani efek negatif dari facebook.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Facebook akan diharamkan

  1. hmm.. begitu pula di perpus ic… (pada beberapa komputer) facebook sudah di-banned, dengan cara di-blok langsung atau dengan cara ga nyalain internet… hehehehehe 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: