Iklan
My Journal

Mempersiapkan Game Baru

Terakhir kali Arsanesia merilis produk yang berskala besar sepertinya sdah hampir 2-3 tahun yang lalu (Dengan Game Roly Poly Penguin). Setelah itu, banyaknya produk yang kecil-kecil (kayak Pippo Peri Cinta) dan di tahun lalu fokus di Arsa Kids dengan game Edukasi. Baru sekitar pertengahan tahun lalu ada judul game baru yang kami persiapkan dengan serius dan memiliki scope game yang cukup besar, mungkin bisa dibilang terbesar yang pernah kami buat.

baca juga : [Gamelog] Post Mortem Roly Poly Penguin

Ketika menyebut kata besar, jangan bayangkan game AAA ya. Skalanya masih tetap casual kok. Kami sadar masih banyak skill dan experience yang perlu didapatkan untuk nanti pada akhirnya bisa memiliki sumber daya untuk bisa menghadirkan game dengan kelas AAA. Dalam membuat game, kami selalu memperhitungkan resource yang kami miliki, tren market yang saat ini sedang terjadi, juga visi dari perusahaan. Ketiganya harus balance agar bisa menghadirkan produk berkualitas yang memiliki impact.

Saat ini game yang sedang kami siapkan sedang memasuki tahap closed beta. Namanya sih closed, tapi klo di Indonesia udah open beta kok jadi semua orang bisa nyobain dan kasih feedback. Silahkan di search SUMMER TOWN di Google Play untuk membantu kami mencari sebanyak mungkin bug sebelum akhirnya game ini dirilis. Rencananya sih bulan ini atau awal bulan depan sudah mulai roll out versi gold di tiga negara tujuan awal yakni Canada, New Zealand, dan Australia. Indonesia sih kayaknya akan tetap diopen biar kalian juga masih bisa coba-coba yah 🙂

SCENE 1

Yang jelas, saya merasakan banyak sekali peningkatan dari sisi flow kerja ketika mengerjakan Summer Town jika dibandingkan dengan ketika mengembangkan Roly Poly Penguin. Proses research dilakukan lebih mendalam, proses project management menjadi lebih rapih, proses quality assurance dan juga polishing dilakukan berkala, dan banyak sekali flow kerja lainnya yang kami rasakan improvementnya. Meski begitupun, sejujurnya saya masih merasa ada banyak sekali yang bisa terus di-improve yah. Cuma seperti kata pepatah, “Done is better than perfect.” Kami gak terjebak untuk mengejar kesempurnaan yang akan menghadirkan ilusi dan menjadi fatamorgana. Kami percaya dengan segera menyelesaikan dengan hasil terbaik, akan lebih banyak pembelajaran yang akan kami dapatkan dibandingkan mengejar sempurna tapi pada akhirnya tidak rilis-rilis. Saya sangat yakin tidak akan ada improvement sebesar ini apabila Roly Poly Penguin dulu tidak sempat rilis.

baca juga : Kilas Balik Satu Tahun Arsa Kids

Ada banyak sekali sih yang ingin saya share terkait pengerjaan Summer Town ini mulai dari sisi produksi, project management, teknikal, dan lain sebagainya. Jadi klo ada pertanyaan terkait sisi apapun dari proses game development dan running game studio, boleh langsung ditinggalkan pertanyaan saja yah. Mohon doanya agar game ini bisa segera rilis dengan hasil terbaik, bisa menjadi game yang sukses, dan memberikan impact serta pembelaran yang besar.

More Info

FB Summer Town || Google Play Summer Town

Iklan
About Adam Ardisasmita (1120 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on Mempersiapkan Game Baru

  1. Wah mantab! Selamat kak akhirnya rilis juga. Semoga sukses ya kak, mungkin nanti bisa di share proses dev nya seperti apa kak, mulai dari research sampai projrect managementnya, kayaknya seru buat dibaca 😀

    Suka

  2. Sama seperti Faiz nih, kalo bisa di-share juga improvement-improvement yang dimaksud, khususnya terkait proses quality assurance-nya. Kebetulan ini salah satu aspek yang benar-benar harus ditingkatkan bangetlah di tempat saya. 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: