Iklan
My Journal

Talkshow “are you indonesian” UNPAD

Saya sebenarnya cukup terkejut ketika pertama kali dihubungi panitia dari Fisip UNPAD. Saya memang sudah beberakali menerima undangan menjadi narasumber, namun biasanya berkisar dunia IT atau dunia Startup. Baru kali ini saya diminta untuk berbicara mengenai kebudayaan. Walaupun Arsanesia memang fokus di bidang kebudayaan Indonesia, tapi saya sendiri merasa latar belakang saya adalah IT. Namun, tanpa berpikir panjang, saya iyakan permintaan panitia. Mungkin knowledge saya tentang kebudayaan tidak sehebat pembicara yang lain pada talkshow kali ini, tapi tidak masalah, yang penting saya berusaha sebaik mungkin menyampaikan pesan Arsanesia.

Ketika saya datang, sedang ada sesi pertama yang diisi oleh Ratna Sarumpaet dan Dede Mulyanto. Pembicaraan mereka kelas tinggi sekali. Kebudayaan dalam ranah berbangsa dan berkehidupan. Apalagi Ibu Ratnya yang bisa menyampaikan pesan dengan gaya yang menggebu-gebu dan sangat bersemangat. Jujur saja, saya bersyukur tidak satu panggung dengan mereka. Bisa mati kutu saya nanti :p hehehe… Tapi tampaknya saya juga tidak begitu beruntung karena harus sepanggung dengan Remy Sylado. Beliau merupakan budayawan murni yang benar-benar paham asal muasal dan sejarah kebudayaan kita, dari mana datangnya, terpengaruh dari budaya mana, dan sebagainya. Namun, saya mensyukuri kesempatan langka untuk bisa berada di panggung yang sama dengan beliau, mendiskusikan topik yang sama dengan beliau, dan saya merasa lebih banyak belajar dari beliau pada sesi tersebut. Yang bisa saya coba berikan kepada teman-teman yang hadir pada acara talkshow tersebut adalah semangat anak muda untuk bisa memberikan kontribusinya, dalam bentuk apapun, untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Pesan saya, anak muda yang berkarya saat ini ada banyak sekali, namun yang kurang adalah apresiasinya. Jadi, hal termudah yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi terhadap pelestarian budaya adalah apresiasi. Bentuk apresiasi bisa dengan membeli produknya, menceritakan karyanya kepada teman atau sodara, menghadiri pameran atau pegalarannya, hingga “ngelike” fanpage facebook suatu karya anak bangsa pun menurut saya adalah bagian dari apresiasi. Mari apresiasi karya anak bangsa! ๐Ÿ™‚

Oh ya, ini saya dikasih sedikit screenshot liputan acara tersebut

Kompas Rabu 30 Mei 2012

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

4 Comments on Talkshow “are you indonesian” UNPAD

  1. Arif Irshadi // 05/06/2012 pukul 10:30 pm // Balas

    salut dam ๐Ÿ˜‰

    Suka

  2. bangga gw dam…

    Suka

  3. salut to the max!! gileee gw punya temen sekeren looo *heboh sendiri

    Suka

  4. Makasih Arif, Eto, dan Wyna ๐Ÿ™‚

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. [1BookPerMonth Januari] Merry Riana – Mimpi Sejuta Dolar « Rumah Pikiran Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: