Iklan
My Journal

Harga Sebuah Perangkat Lunak

gambar diambil dari http://www.mediabistro.com

Suatu kali saya ditanya oleh temen, “Dam, kalau mau bikin web site kayak gini harganya berapa sih?” Pertanyaan tersebut juga sepertinya berlaku untuk perangkat lunak lain seperti harga sebuah software sistem informasi, sebuah software game, dan lain sebagainya. Agak sulit juga sih nentuin harganya, tapi mungkin analogi masakan bisa kita pakai dalam menentukan standar.

Kalau kita ingin makan escargot, pasti kita hanya bisa menemukan masakan tersebut di restauran ternama dan dengan harga mahal. Sedangkan kalau kita ingin makan nasi goreng, kita bisa menemukannya di pinggiran jalan dengan harga yang murah. Tapi, kalau kita berada di hotel, harga nasi goreng bisa jauh lebih mahal dari yang ada di pinggiran jalan. Bedanya mungkin di kualitas pemilihan beras, bahan-bahan yang dipakai, tingkat keseimbangan gizinya, dan lain-lain.

Untuk perangkat lunak pun berlaku hal yang sama. Ketika kita memesan sebuah perangkat lunak ke perusahaan yang masih kecil, mungkin kita bisa mendapatkan perangkat lunak tersebut dengan harga yang lumayan murah. Namun dari segi kualitas, mungkin belum terjamin apakah memiliki codingan yang baik, struktur algoritma yang efektif, penanganan keamanan yang baik, dan lain sebagainya. Tapi bukan berarti harga murah tidak berkualitas loh, ada juga perusahaan yang memberikan harga murah tapi kualitasnya cukup baik. Bedanya jika kita memesan perangkat lunak di perusahaan yang sudah besar, biasanya ada after service yang baik, jaminan terhadap produk yang kita terima, kemudahaan dalam penggunaannya, dan lain sebagainya. Namun kalau kita memesan aplikasi yang memang rumit, diperusahaan kecil pun pasti harganya akan mahal, bahkan bisa jadi mereka tidak bersedia menangani permintaan tersebut.

Jadi jangan heran kalau teman-teman memesan sebuah perangkat lunak dengan fitur yang sama harganya bisa berbeda antara satu tempat dengan tempat lain. Ada baiknya sebelum kita menetapkan deal harga, konsultasikan dulu dengan teman yang mengerti dunia IT dan perangkat lunak sehingga kita bisa mendapatkan harga yang pantas untuk fitur yang kita inginkan dan dikerjakan oleh perusahaan yang memang mumpuni di bidangnya.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Harga Sebuah Perangkat Lunak

  1. Kalo dari pengalaman ngeproyek, harga gak ada hubungannya ama kualitas XD

    Gw tau ada proyek yang diterima sama studio kecil gitu harganya kalo gak salah 30 juta, padahal kalo dikasih ke mahasiswa, kayaknya 6 jutaan juga mau

    Suka

  2. Hehehe… itu tandanya clientnya gak ngerti, yang ngerjain juga bandel :p

    Betul banget, tapi klo mahasiswa, klo kenapa2 gak bisa diminta tanggung jawab. Klo perusahaan kan bisa dituntut :p

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: