My Journal

Memulai Acara Komunitas Game Developer Bandung Ngariung

Saya pernah post di tulisan sebelumnya bahwa komunitas adalah salah satu faktor penting untuk kesuksesan kita. Di Bandung, komunitas Game Developer nya sangat solid dan punya semangat yang positif. Tapi memang karena tertelan kesibukan, komunitas ini sudah lama tidak saling kumpul.

Akhirnya bulan Juli ini kami mulai lagi untuk melakukan kumpul rutin. Konsep kumpulnya pun kami contek dari komunitas di Jogja. Kalau dulu konsep acaranya sebulan sekali, mencari sponsor perusahaan besar agar bisa mengundang banyak peserta dan menyediakan konsumsi, dan membahas konten yang terlalu general, kali ini kami ingin mengikuti model di Jogja yang konsepnya lebih sederhana, intim, dengan topik bahasan variatif dari yang paling luas hingga detil teknikal.

baca juga : Peran Komunitas Untuk Kemajuan Bersama

Acara game dev bandung meetup ini kita beri nama GDB Ngariung. Ini rencanya akan diadakan seminggu sekali juga, dengan konsep tidak peduli berapa pesertanya, kita sharing. Malah kalau dikit lebih enak, bisa lebih intim. Makanya yang meetup kemaren ini kita agak shock. Harapannya yg daftar 20-30 orang, eh ini baru dua hari dibuka pendaftaran udah hampir 50 orang -_- langsung buru2 kita tutup pendaftarannya hahaha. Untung hari H ujan deres, jadi yang datang ya 20-30an orang juga :p Sebenernya gakpapa juga sih yang datang banyak, asal tempatnya muat aja.

Nah, ke depan konsepnya akan seperti apa untuk ngariung, mau topik yang dibahas apa, siapa yang sharing, acara dimana, atau mau bikin acara yang skalanya lebih besar lagi, sok aja. Ini komunitas punya bersama, jadi harus bergerak bersama-sama. Harus bisa memfasilitasi kebutuhan anggotanya biar bisa sama-sama mendapatkan manfaat. Saya yakin sebuah gerakan besar akan muncul ketika ide-ide kecil bertumbukan di acara seperti ini. Kemarin saja baru acara pertama, sudah banyak ide-ide menarik yang mungkin nanti bisa dieksekusi.

baca juga : Gerakan Besar Dimulai Dari Tumbukan Ide-Ide Kecil

Yang jelas, yang dibutuhkan saat ini adalah disiplin menjaga konsistensi. Ini yang berat. Kita harus membangun momentum dan proses start di awal ini yang perlu dukungan setiap anggota komunitas. Semoga bisa konsisten, terus memberi manfaat, dan ujung-ujungnya bisa memberikan impact yang besar untuk industri game di Indonesia.

Materi tentang GDB Ngariung 1 ini saya rekam, nanti saya upload di youtube GDB. Sekarang saya kasih teasernya dulu yah. Enjoy!

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Membangun Ekosistem Game Dengan Gerakan Akar Rumput – Ardisaz
  2. Menyambung Benang Merah Komunitas Game Developer di Indonesia – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: