My Journal

Project Management Tools Untuk Startup

Kalau kita punya banyak sekali rangkaian pekerjaan yang harus dikerjakan, penting untuk bisa memanagenya dengan baik. Cara paling konvensional tentu dengan membuat todolist. Tapi jika pekerjaannya semakin detil, fasenya banyak, jumlah pekerjaannya sangat banyak, apalagi pekerjaannya bersifat kolaboratif, tidak bisa lagi hanya mengandalkan todolist. Belum jika sudah kolaborasi dengan tim, remote pula, maka penting bagi kita untuk menggunakan project management tools.

Ada cukup banyak project management tools yang tersedia untuk kita gunakan, baik yang berbayar maupun yang gratis. Dalam postingan ini, saya ingin share beberapa project management tools yang pernah saya gunakan. Jadi memang scopenya untuk small team dan small project yang sesuai dengan kebutuhan Arsanesia yah.

Trello

ec57cbf88925ff8798970c001e7287ab

Trello adalah project management tools yang digunakan di Arsanesia. Kita pakai ini karena fiturnya yang simpel dan sangat visual. Bisa dibilang Trello adalah perwujudan digital dari penggunaan post it di tembok. Kita bisa membuat card-card yang isinya adalah task di dalam sebuah list. Lebih detilnya saya sudah pernah bahas secara terpisah sih tentang fitur-fitur Trello.

baca juga : Trello, Project Managament Tools yang Simple dan Menarik

Yang pasti, opini saya tentang Trello ini adalah sebuah project managament tools yang sangat simpel tapi juga memiliki fitur yang lengkap dan dalam. Cocok digunakan untuk pengembangan produk, tracking tools, atau sekedar todolist.

Asana

asana-official-screen-shot1

Saya juga pernah mencoba Asana. Dia juga gratis sama kayak Trello. Secara fitur, mungkin 11-12 lah sama Trello. Malah menurut saya Asana ini lebih lengkap fiturnya daripada Trello. Untuk orang teknikal, Asana ini lebih straight forward karena banyak berisi teks, tab, dan halaman-halaman tugas yang detil.

baca juga : [IFAssocMeetup April] Mendalami Bootstrapping

Opini saya tentang Asana ini cenderung terlalu “penuh” dan kurang berwarna. Informasinya memang detil dan mudah ditemukan, tapi karena sebagian besar isinya teks dan task, mungkin jadi terasa terlalu kaku. Untuk industri kreatif, kayaknya masih lebih enak pakai Trello yang lebih visual. Atau karena memang saya orangnya visual jadi kalau pakai Asana agak bosan. Padahal fitur2 di dalamnya menurut saya sangat lengkap.

Basecamp

0*djmvfcifP5jZ9oLl

Kalau Basecamp menurut saya ini adalah salah satu project management tools yang super oke. Navigasinya mudah, fiturnya lengkap, dan secara UX juga sangat menyenangkan untuk digunakan. Tidak kaku seperti Asana tapi juga memiliki berbagai fitur yang Trello tidak miliki.

baca juga : [Review] [App] Todoist, Membuat To Do List Dengan Mudah

Opini saya, rasanya Basecamp akan sangat membantu berbagai project yang sedang dikerjakan oleh sebuah startup. Mau itu membuat produk dan terkhusus lagi klo client based. Sepertinya flow di dalam Basecamp ini memang dirancang untuk project2 B2B mengingat ada fitur yang diberikan untuk client juga. Berbeda dengan Asana dan Trello, Basecamp ini berbayar. Eh tunggu dulu, bayarnya gak mahal kok. Saya yakin budget startup pasti masuk.


Itu beberapa project management tools yang pernah saya gunakan. Selain itu masih ada juga sih yang skala besar seperti Jira, Ms Project, atau bisa juga pakai tools simpel kayak Todoist. Tapi tiga list tersebut yang menurut saya sih bakalan cocok untuk dipakai bagi startup. Terutama kalo dilihat dari sisi pricing dan fiturnya.

Kalau kesimpulan saya, project management tools yang paling lengkap dan enak digunakan adalah Basecamp. Harganya not bad tapi fiturnya super lengkap. Namun di Arsanesia tetep pakai Trello (at least untuk saat ini) karena memang masih tim kecil dengan project yang jumlahnya tidak terlalu banyak dalam satu waktu. Kalau menurut kamu gimana? Project management tools apa yang kamu pakai dan apa alasannya? Walaupun at the end of the day, yang penting dari project management tools adalah kedisplinan dalam menggunakannya. Tapi itu di lain topik lah nanti dibahas 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on Project Management Tools Untuk Startup

  1. pindah basecamp yu. 😀

    Suka

  2. pindah basecamp yu.😀 (2)

    Suka

  3. Nanti klo karyawannya udah sebanyak Mico dan Tito boleh lah pake basecamp :p

    Suka

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Gerakan Besar Dimulai Dari Tumbukan Ide-Ide Kecil – Ardisaz
  2. Mengoptimalkan Teknologi Untuk Working Remote – Ardisaz
  3. Trust Your Gut – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: