Iklan
My Journal

Mengoptimalkan Teknologi Untuk Working Remote

Saya dan istri mengurus anak berdua tanpa menggunakan asisten rumah tangga atau baby sitter. Sebuah tantangan tersendiri karena kantor saya di Bandung dan istri juga bekerja full time di Jakarta. Sembari mencari solusi terbaik untuk kondisi kami saat ini, untungnya saya bisa bekerja secara remote dari Jakarta dan ke Bandung seminggu sekali, kadang PP kadang nginep semalam.

Kalau saya lagi ke Bandung atau saya ada meeting di Jakarta dan istri lagi tidak bisa kerja remote, biasa saya minta bantuan mertua saya untuk menjaga Jenna. Nah berhubung mertua saya lagi pergi haji, maka tidak ada yang bisa dititipkan nih kalau misalkan saya harus ke Bandung. Namun untung ada teknologi yang membuat pekerjaan di kantor masih bisa dilakukan dengan bantuan teknologi.

baca juga : Project Management Tools Untuk Startup

Yang pertama adalah bantuan software management tools. Kita pakai Trello untuk trace progress pekerjaan masing-masing orang. Lalu kita pakai cloud storage (google drive) untuk menyimpan deliverable sehingga bisa dengan mudah diakses dan direview. Lalu untuk chatting platform, kita pakainya Line sih, lebih seru aja ada stikernya :p Dengan memanfaatkan software-software ini, secara pekerjaan masih bisa diatasi. Namun pemanfaatan software management tools saja tidak cukup, perlu ada koordinasi yang intens.

Untuk itu teknologi kedua yang kami manfaatkan adalah Conference Call. Concall ini jauh lebih efektif sebagai penopang software management tools karena gimanapun perlu ada koordinasi yang sifatnya real time respond. Walaupun memang tidak bisa menggantikan perjumpaan fisik, dengan adanya audio dan visual membuat kondisi meeting bisa mendekati real. Tidak hanya konten, kita juga bisa mendapatkan chemistry dan emosi di dalam concall. Oh ya, untuk concall kami pakai Skype karena setelah testing2, ini yang paling reliable dan kuat infrastrukturnya.

baca juga : [Book] Improve Your Time Management: Belajar Untuk Mahir Mengelola Waktu

Jadi memang kuncinya kalau mau working remote itu adalah harus bisa deliver sesuai dengan waktunya dan ketika dibutuhkan untuk koordinasi harus siap. Pemanfaatan tools dan juga concall menurut saya sangat vital untuk bisa menghadirkan kondisi working remote yang optimal. Walaupun ya itu tadi, teknologi ini tetap tidak bisa menggantikan kehadiran fisik yang menurut saya juga sangat penting untuk dilakukan.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: